SHOPPING CART

close

Wisata Bunut Bolong – Pohon Besar Di Tengah Jalan Yang Fenomenal

Booking.com

 

Keadaan alam Bali mengatakan banyak keunikan yang bisa menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Sudahkah anda mengetahui tempat wisata Bunut Bolong ? Sebutan Bunut Bolong Merupakan dua kata yang di gabungkan, yakni Bunut dan Bolong. Bunut merupakan sebuah pohon yang mempunyai fisik ibarat halnya pohon beringin, namun akarnya yang bergelantungan eksklusif menyentuh permukaan tanah. Wisata Bunut Bolong – Pohon Besar Di Tengah Jalan Yang Fenomenal simak terus artikel ini ya
Pohon Bunut yang berada di Kecamatan Pekutatan ini mempunyai ciri khas menarik yang banyak menarik para wisatawan yang berlibur di Bali untuk mengunjunginya. Batang dan cabang-cabang gres membentuk lekukan-lekukan indah, dan uniknya lagi pada tengah-tengah pohon ini ada lubang yang persis sebuah lorong.
Keberadaan Bunut Bolong sempurna berada di tengah-tengah jalan, namun diameter dari lubang bisa dilewati motor bahkan kendaraan beroda empat dan truk hlo Guys. Alam disekitarnyapun masih sangat asri yang mana mempunyai nuansa desa juga disertai dengan hutan tropis yang lebat. Tepat di sebelah barat yang membentang dari utara ke selatan dan di sisi timurnya terdapat hamparan kebun cengkeh nan luas.
Umur Pohon Bunut Bolong ini diperkirakan sudah berumur ratusan tahun dan dikeramatkan oleh warga sekitarnya. Sebelah Selatannya ada bangunan peribadatan umat Hindu yang berjulukan Pura Pujangga Sakti, yang mempunyai aura magis begitu kuat. Pura ini merupakan sebuah Pura Dang Kahyangan yang difungsikan untuk memenghormati Dang Hyang Sidhi Mantra.
Beliau yaitu seorang yang mempunyai tugas penting dalam sejarah keberadaan Desa Mangissari, yang dulunya berada di sebelah utaranya Pohon Bunut Bolong. Masyarakat di desa tersebut lalu banyak yang terserang sakit, lalu dipindahkan ke sebelah selatannya menurut petunjuk dari prasasti yang berada didalam Pura Pujangga Sakti.
Sejarah perihal asal muasal adanya Pohon Bunut Bolong mempunyai kisah tersendiri di kalangan warga sekitar. Diceritakan bahwa suatu masa ketika Desa Manggisari mulai bangkit yang tepatnya sekitar tahun 1928, mendadak muncul kejadian-kejadian gila yang tak lazim. Pada awalnya lokasi dari desa ini berada di sebelah selatan sebuah kuburan keramat dan sebelah utara Bunut Bolong.
Dari kejadian itulah, lalu mendapat sebuah petunjuk yang berasal dari Pura Pujangga Sakti yang tak lain yaitu lokasi pemukiman penduduk harus dipindahkan ke sebelah selatan Bunut Bolong. Setelah itu semua penduduk yang mengikuti perintah tersebut selamat dan hingga ketika ini hidupnya kembali tentram dan damai.
Lokasi Pohon Bunut Bolong berada di tempat pegunungan yang terpatnya di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Provinsi bali, Indonesia. Jika anda dari sentra Kota Denpasar jarak yang akan ditempuh sekitar 86 km tau setara dengan 2 hingga 3 jam perjalanan.
Baca artikel lainnya :
Demikian ulasan mengenai Wisata Bunut Bolong – Pohon Besar Di Tengah Jalan Yang Fenomenal , langsung ke sini ya -terimakasih
Tags:
Share