Objek Wisata Candi Bumi Ayu Satu-Satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan

Berlibur Ke Palembang jangan lupa untuk berkunjung ke satu tempat wisata sejarah berikut yakni Objek Wisata Candi Bumi Ayu Satu-Satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan

Candi Bumi Ayu terletak di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Candi Bumi Ayu mempunyai luas kurang lebih 76 hektar. mekipun tidak sebesar Candi Borobudur, Candi Perambanan dan candi lainnya. Candi Ayu yaitu salah satu candi yang di miliki oleh sumatera selatan. didalam komplek Candi Bumi Ayu terdapat 11 jenis candi lainnya. Candi ini di beri nama Candi Bumi Ayu di karenakan Candi ini terletak di Desa Bumi Ayu kecamatan Tanah abang. Candi ini di temukan pertama kali oleh seseorang yang berjulukan EP. Tombrink. Candi ini di temukan ketika masih terkubur tanah dan rusak pada tahun 1864. Candi ini diperkirakan dibangun pada 819 Saka atau 897 Masehi dan merupakan candi Hindu terbesar di luar Pulau Jawa. Masyarakat sekitar yakin jikalau lokasi Candi Bumi Ayu yaitu bekas istana sebuah kerajaan Gedebong Undang. candi Bumi Ayu tersebut mempunyai sebuah pemikiran siwa dan merupakan peninggalan agama Hindu. pemerintah juga melaksanakan pembangunan jalan, pembebasan tanah serta pembangunan Gedung Museum Lapangan.

 

 

 

 Candi Bumi Ayu mempunyai luas kurang lebih Candi Bumi Ayu Satu-satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan

 

Saat berkeliling candi, Anda sanggup melihat arca Siwa Mahaguru, Narawahana, Agastya dan Nandi yang merupakan simbol agama Hindu. masyarakat disana bilang itu semua yaitu sebuah kuil agama hindu. didalam komplek Bumi Ayu tersebut juga banyak terdapat hal lain. disana Anda akan melihat hiasan berupa kereta yang ditarik oleh seekor singa di kedua sisi tangga. Di depan tangga terdapat sisa-sisa bangunan yang disebut sebagai regol (paviliun). Ciri khas simbol agama Hindu juga terlihat pada komponen bangunan atapnya yang dinamai ‘ratna’. Disini juga candi terdapat sejumlah fragmen ibarat kepala arca yang berwajah raksasa (ugra), arca wanita sedang memegang ular dan arca wanita yang mengenakan kalung dari untaian tengkorak serta arca-arca binatang. di daerah ini masih belum banyak terdapat informasi.

 

 Candi Bumi Ayu mempunyai luas kurang lebih Candi Bumi Ayu Satu-satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan

 

Sejarah Singkat Candi Bumi Ayu

Candi-candi di Bumi ayu merupakan death monument, artinya monumen yang telah ditinggalkan masyarakat pendukungnya. Candi tersebut ditinggalkan mungkin seiring dengan terdesaknya kekuatan politik Hindu oleh Islam pada sekitar masa ke-16. Kemudian candi-candi itu rusak dan terkubur tanah hingga ditemukan kembali oleh E.P. Tombrink tahun 1864. Tinggalan monumental itu beserta sistem budayanya benar-benar hilang pula dari ingatan kolektif pewarisnya. Hal itu tampak bahwa penduduk Bumi ayu tidak mengenal fungsinya semula. Cerita penduduk yang dicatat oleh A.J. Knaap tahun 1902 menyatakan bahwa apa yang kini disebut candi di Bumi ayu itu yaitu bekas istana sebuah kerajaan yang disebut Gedebong Undang. Diceritakan pula bahwa wilayah kerajaan tersebut hingga di Modong dan Babat. F.M. Schnitger melaporkan bahwa di kedua desa tersebut terdapat pula tinggalan agama Hindu (1934:4), namun kini telah hilang terkena pengikisan Sungai Lematang. Penduduk Bumiayu tidak mengenal pula kata “candi” sebelum ada acara penelitian, perlindungan, dan pemeliharaan di situs tersebut. Kata “candi” diambil dari bahasa Jawa untuk menggantikan kata “kuil” dari agama Hindu atau Budha. Namun, orang Jawa yang mewarisi puluhan candi-candi itu pun tidak mengenal lagi pengertian dan fungsi candi yang sebenarnya. Mereka menganggap candi sebagai bangunan pemakaman atau penanaman debu jenazah, bukan kuil yang kuasa Hindu atau Budha. R. Soekmono (1974). Candi ini mempunyai luas area kurang lebih sekitar 110 ha.
 Candi Bumi Ayu mempunyai luas kurang lebih Candi Bumi Ayu Satu-satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan

 

Akses Lokasi Bumi Ayu

untuk hingga ke Lokasi Candi Bumi Ayu di Palembang ini anda tinggal tiba ke kabupaten Muara Enim. dari kabupaten Muara enim, anda membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam perjalanan memakai kendaraan beroda empat langsung anda atau memakai kendaraan umum. jikalau anda dari Kota Palembang, untuk hingga ke lokasi anda harus menempuh jarak 300 km. jikalau anda ingin beristirahat menginaplah di hotel Horison Palembang, Best Skip Hotel, Grand Zuri Hotel.

 

 

 

Demikianlah gosip Objek Wisata Candi Bumi Ayu Satu-Satunya Yang Dimiliki Sumatera Selatan candi ini yaitu salah satu candi yang di miliki oleh provinsi sumatera selatan. jadi kunjungilah Candi Bumi Ayu yang terletak di Sumatera selatan ini untuk mendapat gosip dan sejarah candi.