Tips Cara Membeli Tiket Dan Memakai Mrt Di Singapura

Booking.com

Tips Cara Membeli Tiket Dan Memakai Mrt Di Singapura – Mass Rapid Transit atau MRT yaitu sebuah sistem transportasi dengan memakai kereta api yang paling terkenal di Singapura. Warga Singapura jika pergi kemana2 niscaya memakai MRT, sebab selain cepat, harga tiketnya juga murah dibandingkan naik taxi ataupun bawa kendaraan beroda empat sendiri.

Kartu EZ-link merupakan jenis kartu yang dimiliki oleh warga Singapura untuk bepergian dengan MRT. Kartu ini tidak hanya diperuntukkan untuk MRT saja, melainkan juga sanggup dipakai untuk naik bus atau berbelanja di banyak supermarket atau restoran, ibarat 7-eleven. Kalau di Indonesia sama ibarat E-Money.

Kalau kita ingin traveling Singapura, maka mempunyai EZ-Link merupakan hal wajib, sebab kita hanya perlu beli sekali dan kita sudah sanggup keliling kota Singapura naik MRT dan bis. Itu kalo ga mau repot beli tiket ke mesin tiket setiap mau memakai MRT.

Bagaimana cara membeli tiket MRT sekali jalan?

Caranya mudah, hanya tinggal menuju stasiun MRT dan cari mesin tiket MRT. Mesinnya model touch screen. Makara tinggal pilih tujuan dan jumlah tiket, masukkan uang dollar Singapura (koin dan kertas) dan ambil tiketnya. Jangan salah pencet tujuan ya.

Bagaimana Cara Membeli tiket jalan masuk MRT atau Kartu EZ-Link?

Kartu EZ-Link sanggup dibeli dengan gampang di setiap stasiun MRT atau di mini market 7-eleven yang bertebaran di seluruh pelosok Singapura.

Kalau mau beli di bandara Changi, sanggup beli di 7-eleven (ga selalu ada stock) atau di stasiun MRT yang di bawah terminal kedatangan T2 atau T3. Makara jika mendarat di T1 mesti jalan dulu ke arah T2.

Berapa Harga Kartu EZ-Link?

Tergantung dimana belinya, jika belinya di stasiun MRT harganya SGD 12 (saldo pemakaian SGD 7 dan harga kartu SGD 5 (non refundable)). Kalau beli di 7-eleven SGD 10 saldo SGD 5 dan kartu SGD 5). Ini dollar Singapura ya, jadi jika per Desember 2017 ratenya 1 SGD 10 ribu rupiah.

Apakah kartu EZ-Link refundable?

Kartunya non refundable. Yg refundable saldonya.

Apakah ada Kartu EZ-LInk khusus Turis?

Ada. Namanya Singapore Tourist Pass. Wisatawan sanggup membeli tiket ini dengan durasi penggunaan 1 – 3 hari. Artinya, wisatawan bebas memakai MRT kemanapun tanpa batasan jarak atau frekuensi selama 24 – 72 jam. Wah murah dong… Murah kalo tujuannya cuman ngerasain naik kereta keliling Singapore :-D.

Berapa harga kartu Singapore Tourist Pass?

Untuk durasi 1 hari – SGD 10, 2 hari – SGD 16 dan 3 hari – SGD 20. Harga kartu di atas masih ditambah biaya rental kartu sebesar SGD 10 yang refundable asal kartu dikembalikan paling lambat dalam 5 hari sesudah pembelian kartu. Makara jika beli kartu yang 3 hari, ya sisa 2 hari untuk pengembalian dan dapetin refund sewa kartu.

 

Makara mending mana? Beli Singapore Tourist Pass, EZ-Link atau beli tiket 1x jalan?

Tergantung berapa usang sobat berada dan melaksanakan acara apa di Singapura. Kalau tujuan utama, contohnya ke Universal Studios, selama 2 hari, dan tidak banyak acara lain ya mendingan beli tiket 1x jalan aja. Atau jika sudah punya rencana mo kemana aja di Singapura, sanggup coba ngitung total tarif naik MRT per harinya. Bisa coba web resmi mrt kalo mo coba liat banyak sekali tarif dan tujuan di Singapura. Sebagai gambaran, tarif bandara Changi – Orchard sekitar SGD 1.7 sekali jalan. Sedangkan Tarif Orchard – Marina SGD 1 sekali jalan.

 


Baca artikel lainnya :

Mau Liburan Ke Singapura tapi Bingung tentang Kuliner Halalnya, Langsung cek aja di sini ya


Cara Naik MRT

Kalau kartunya sudah dibeli, maka selanjutnya yaitu bagaimana naik MRT. Gampang, ambil peta MRT Singapura dan segera masuk ke peron stasiun yang menuju arah yang akan dituju. Contoh cara membaca petunjuk MRT yaitu sebagai berikut :

Teman-teman berangkat dari Changi dengan tujuan hotel Supreme di area Orchard. Perhatikan peta berikut:

Stasiun Changi mempunyai isyarat CG2 paling kanan dengan jalur berwarna hijau. Di sini teman-teman mulai naik MRT dengan tujuan pertama ke stasiun Tanah Merah (CG/EW4) untuk berganti kereta menuju stasiun City Hall (EW13/NS25) untuk kemudian berganti lagi kereta di jalur merah untuk menuju stasiun Somerset (NS23) untuk kemudian turun dan berjalan kaki menuju hotel Supreme.

Di setiap stasiun, yang selalu diinformasikan yaitu tujuan akhir, dan biasanya daerah naik/turun nya berbeda peron. Makara perhatikan tujuan selesai dari setiap jalur biar tidak salah naik kereta. Contoh di atas aku coba lengkapkan sebagai berikut :

  • Changi -> Tanah Merah (tujuan selesai Tanah Merah).
  • Tanah Merah -> City Hall (tujuan selesai Tuas Link)
  • City Hall – Somerset ( tujuan selesai Jurong East)

Makara jangan lupa perhatikan tujuan selesai untuk melihat peron daerah naik kereta.

Demikian ulasan mengenai cara membeli tiket dan memakai MRT di Singapura. Mudah-mudahan cukup jelas. Selamat liburan ke Singapura.