SHOPPING CART

close

Cara Memberikan Informasi Terhadap Tamu di Hotel – Front Office Hotel Knowledge

Cara Memberikan Informasi Terhadap Tamu di Hotel – Front Office Hotel Knowledge

Front Office menjadi pusat informasi bagi tamu. Seorang reseptionist yang berpengalaman tidak akan mengalami kesulitan menjelaskan sesuatu yang terkait dengan acara, keadaaan lingkungan hotel, informasi kota, nama jalan dan lain-lain. Yang menjadi masalah adalah menjadi reseptionist baru.

Menjadikan alasan bahwa anda pegawai baru atau mahasiswa yang sedang on job training merupakan alasan klise. Ada tamu yang tidak peduli akan hal itu, yang justru akan meningkatkan kemarahannya.

Siapapun yang berada di counter front office hendaknya siap untuk berperan sesuai tugasnya. Adapun trik untuk menangani kemungkinan seperti itu, antara lain dengan didampingi staff yang lebih berpengalaman atau seniornya dalam pemberian informasi. Update data/file yang diperbarui di counter juga akan sangat membantu.

Seorang reseptionist tidak pantas untuk mengatakan “saya tidak tahu”, semua cara harus di usahakan agar predikat reseptionis sebagai “serba tahu” dapat terpenuhi dalam pemberian informasi kepada tamu. sempurnakan catatan terus-menerus, tidak peduli anda bekerja pada shift pagi, sore dan malam hari.

Baca : Pohon Tua Kayu Putih – Pohon Raksasa yang instagramable di Tabanan Bali

Cara pemberian informasi mengenai arah jalan

Selalu memberikan informasi dengan mengatakan belok kiri atau kanan dan tidak mengatakan ke selatan atau utara, tamu yang datang pertama kali ke suatu tempat sering tidak mengetahui arah mata angin, dan pastinya bingung untuk menentukan mana arah selatan atau utara.

Dalam pemberian informasi arah, terdapat beberapa hal yang perlu di lakukan antara lain adalah :

  1. Sebutkan posisi tamu berada di saat dia bertanya
  2. Utarakan rute yang dikehendaki secara sederhana, yang penting tamu dapat mengerti
  3. Beri kejelasan dengan menyebut nama jalan, kalau perlu ditulis dan di eja. Bagaimana menyedut nama jalan dengan jelas sangat diperlukan oleh orang asing yang tidak mengerti bahasa indonesia.
  4. Sebutkan bangunan yang menonjol/besar di jalan itu untuk memudahkan pencarian
  5. Gunakan istilah “kanan/kiri” bukan “selatan/utara”
  6. Beritahukan hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus seperti banyak copet, banyak kendaraan lalu lalang, penyebrangan jalan dll
  7. Beri alamat dan nomor telephon hotel anda. Ini diperlukan bilamana tamu memerlukan penjelasan lagi sewaktu dalam perjalanan atau ingin kembali ke hotel.

Kebiasaan mencatat pesan tamu merupakan perilaku yang di anjurkan. Dengan mencatat di depan tamu atas apa yang dipesan akan menimbulkan kesan bahwa anda memperhatikan apa yang dimintanya.

“penyakit lupa” sudah merupakan hal yang sering terjadi, atasi dengan mencatatnya. Apabila pesan itu panjang dan harus disampaikan dengan jeda waktu yang agak lama, pemberian informasi terhadap tamu oleh reseptionis hotel harus memperhatikan hal seperti ini.

Berikut juga adalah contoh yang berkaitan dengan informasi yang dapat berakibat kurang baik, adalah sebagai berikut :

a) TIDAK LENGKAP

Suata saat telephon berdering dan menanyakan tamu yang kebetulan sedang tidak berada dalam kamar, telephon di tutup.
Beberapa saat kemudian tamu anda datang dan anda melihatnya di lobby, anda memanggil tamu tersebut dan memeritahu bahwa tadi ada yang menelpon dia.

Tamu mendengar dengan serius dan bertanya kembali ” siapa yang menelpon?”

Anda bingung karena lupa menanyakannya

Mungkin karean terlalu bersemangat saat menerima telepon tadi karena ingin memberikan pelayanan yang prima namun justru lupa akan hal-hal prinsip dalam bertelepon. Makanya kita harus mempelajari mekanisme bertelepon yang baik dan benar

b) MEMBERITAHU KEBERADAAN TAMU

Anda memiliki tamu bernama Mr.Smith yang sedang datang ke Bar hotel.

Tak lama kemudian ada seseorang yang terburu-buru menanyakan keberadaan Mr. SMith kepada anda. Karena anda mengetahui keberadaan Mr. Smith kemudian anda menjawab bahwa sang tamu berada di Bar sekarang

Tebak apa yang terjadi kemudian? Pertengkaran!!! belakangan anda tahu bahwa Mr.Smith dikenal umum sebagai orang yang amat tidak menyukai bar dan tak pernah pergi ke Bar.
Dengan pemberitahuan anda tadi maka kedok Mr. Smith secara tidak sengaja terbongkar oleh anda.

Meski anda menyampaikan informasi secara baik, namun ternyata menimbulkan akibat di luar perkiraan anda.

2 contoh diatas menunjukan bahwa anda harus selalu menjaga privasi tamu anda. Meminta ijin kepada tamu anda telebih dahulu akan lebih baik dan aman bagi anda. Semoga bermanfaat ya

Baca artikel lainnya : Tugas dan Bagian dari Housekeeping Departemen dalam Hotel

Demikian ulasan mengenai Cara Memberikan Informasi Terhadap Tamu di Hotel, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Cara Memberikan Informasi Terhadap Tamu di Hotel – Front Office Hotel Knowledge

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: