Wisata Desa Pakraman Pengotan, Bali Woso – Desa Tradisional Di Bangli Bali

Bali merupakan sebuah pulau di Indonesia yang mempunyai aneka macam tempat wisata yang menyengkan dan seru untuk ditelusuri. Seperti halnya tempat wisata yang berada dikawasan kabupaten Bangli ini, yang mana populer dengan kesegaran udara serta alamnya yang masih asri dan mempesona. berikut adalah Wisata Desa Pakraman Pengotan, Bali Woso – Desa Tradisional Di Bangli Bali
Karakter inilah yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata ketika di Bali, khusunya bagi anda yang mengidam-idamkan tempat wisata yang bernuansa pedesaan alangkah sempurna dengan pembahasan kali ini yakni Desa Pakraman Pengotan. Desa ini ialah sebuah desa aga yang masih mempunyai budaya tradisional khas Bali.
Desa Pakraman Pengotan ialah objek wisata yang keberadaannya paling ujung Kecamatan Bangli yang berbatasan pribadi dengan Kecamatan Kintamani. Karena itulah udara di daerah ini bersuhu rata-rata 240 Celcius. Tata ruang pemukiman di Desa Pakraman Pengotan berjejer sangat rapi dari arah utara hingga selatan dan hampir sama dengan desa wisata lainnya menyerupai Desa Panglipuran maupun Desa Bayung Gede.
Di daerah Desa Pakraman Pengotan ini mempunyai sebanyak 8 banjar watak , Kedelapan banjar watak tersebut ialah Banjar Adat Dajan Umah, Delod Umah, Adat Sunting, Padpadan, Penyebeh, Besenge, Yoh, dan juga Banjar Adat Tiying Desa.
Nah, bagi anda yang berwisata bersama keluarga alangkah bainya ke Bali Woso, tempat ini merupakan bumi perkemahan di Desa Pakraman Pengotan. Bali Woso memperlihatkan pemandangan alam yang hijau nan asri. Untuk hingga dilokasinya, diawali dari jalan raya lalu menyusuri daerah persawahan dengan kondisi jalan setapak yang masih berupa jalan tanah.
Meskiun kondisi jalan masih sangat original, pada ketika hingga di Bali Woso anda akan mendapat suasana desa yang sebenarnya. Di Bali Woso sudah disediakan sekitar 10 tenda yang kapasitasnya bisa menampung 10 orang untuk satu tendanya. Untuk hiburannya di Bali Woso juga sangat menarik menyerupai halnya game keakraban, futsal, berjalan-jalan mengelilingi area Bali Woso dll.
Selain itu juga bisa ke Desa Tradisional, yang mana sebuah komplek rumah orisinil masyarakat Bali Aga yang berarsitektur kuno. Rumah-rumah ini merupakan banguanan yang berusia bau tanah dengan arsitektur khas Bali Aga. Untuk menikmati suasananya, nada bisa berkeliling dengan berjalan kaki dan jangan lupa untuk berfoto mengabadikan keunikannya ya Guys.
Dari kedua acara kedua tempat tersebut, ini ialah aktivutas yang menjadi favoritnya wisatawan yakni  bersepeda mengelilingi desa. Perlu diingat bahwa acara ini merupakan cocok bagi anda yang hobi bersepeda melewati medan berat. Hal ini tak mengherankan, Karena Desa Pakraman Pengotan tergolong desa yang berada di daerah perbukitan.
Hal ini yang menjadikan kondisi jalan khas pegunungan dengan ciri khasnya tanjakan dan turunan bila lebih masuk ke pedalaman Desa Pakraman Pengotan. Walaupun lelah niscaya dirasakan, namun kelelahanmu akan terobati dengan pemandangan alam beserta keunikan-keunikan yang berada di daerah Desa Pakraman Pengotan, ingin tau ? Aktivitas ini wajib di ciba ketika berada di temppat wisata ini.
Di Desa Pakraman Pengotan juga ada sebuah tradisi ang menarik untuk diketahui hlo Guys, tardisi ini tak lain ialah Nikah Massal yang merupakan sebuah tradisi turun temurun dari nenk monyang mereka. Oh iya, tradisi Nikah Masal ini dilaksanakan dua kali dalam setahun sesuai penanggalan Bali. Penggelaran upacaranya biasanya dilaksanakan pada sasih kapat ( bulan keempat ) dan sasih kadasa ( bulan kesepuluh ).
Tak tanggung-tanggung, ketika diselenggarakannya program nikah masal ini suasana di Desa Pakraman Pengotan akan sangat ramai oleh wisatawan maupun warga setempat. Dalam watak di Desa Pakraman Pengotan, ketika diadakannya program nikah massal diwajibkan untuk memotong 1 ekor sapi.
Nah, itulah warta yang bisa anda ketahui sebelum berlibur menikamti sajian pariwisata di Desa Pakraman Pengotan dengan segala keunikan dan keindahan alamnya yang begitu ekspetakuler. Desa Pakraman Pengotan atau sebagian orang mengenal dengan sebutan Bali Woso ini beralamatkan di  Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.
Demikian ulasan mengenai Wisata Desa Pakraman Pengotan, Bali Woso – Desa Tradisional Di Bangli Bali , semoga bermanfaat ya!