Diapit Tebing Terjal, Bentang Alam Jalan Sigura-Gura

Foto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Asahan – Melintasi Jalan Sigura-gura di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yaitu pilihan redaksi untuk traveler menghabiskan pergantian tahun. Karena, Anda kami ajak mencicipi suasana menyerupai di luar negeri

Jalan Sigura-gura mengubungkan ke Kabupaten Asahan dan Toba Samosir (Tobasa). Di sepanjang jalan itu, Anda akan disuguhi pemandangan alam Bukit Barisan nan indah.

Bila melintasi jalan lintas Sumatera bab timur, untuk mengarah ke Sigura-gura, maka persimpangannya ada di Kecamatan Pulau Rakyat atau warga setempat menyebutnya Simpang Pabrik. Di situ ada pabrik kelapa sawit dan dari Kecamatan Pulau Raja akan menyusuri jalan yang diapit perkebunan sawit sepanjang 21 kilometer.

Nantinya, Anda akan hingga di Desa Marjanji Aceh di Kecamatan Aek Songsongan. Dari sini, Jalan Sigura-gura akan melintasi tebing yang curam dengan di sebelahnya mengalir Sungai Asahan.

Di sepanjang jalan ini, panorama alam membentang dengan hijaunya. Perbukitan yang menjulang tinggi dengan rimbunnya hutan alam menjadi pemandangan yang memanjakan mata.

 

 Diapit Tebing Terjal, Bentang Alam Jalan Sigura-guraFoto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Objek wisata alam pertama akan dijumpai yaitu Bedeng. Kawasan ini ramai dikunjungi masyarakat untuk menikmati jembatan gantung yang ada di atas Sungai Asahan. Bila ingin mandi, boleh turun juga ke sungainya yang jernis dan berarus cukup deras. Warga setempat menciptakan batasan dengan bongkahan kerikil biar dapat dijadikan tempat mandi.

Puas di Bedeng, perjalanan masih panjang. Dengan terus mendaki di celah himpitan Bukit Barisan nan anggun dan hijau, jalan yang berkelok-kelok menjadi keindahan sendiri di tepi Sungai Asahan nan deras dan berbatu cadas. Derunya air yang menghempas bebatuan menjadi nyanyian tersendiri di tengah perjalanannya.

Sembari berjalan, pemandangan alam menjadi sobat untuk menghibur hati. Apalagi bila berjalan pagi hari, awan masih bermanja-manja di pucuk hutan nan rimbun menjelang matahari mengusirnya dari pepohonan.

 

 Diapit Tebing Terjal, Bentang Alam Jalan Sigura-guraFoto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Terus menyusuri jalan yang terjal, nantinya akan hingga di puncak Bukit Barisan di Kabupaten Asahan. Di celah perbukitan nan indah inilah, berdiri sebuah bangunan yang kokoh yakni PLTA Asahan yang dikelola PT Alumunium Indonesia (Inalum).

Bila hingga di pucak, istirahat sejenak di tepi jalan yang terjal. Ada warung di tepi jalan. Sembari menyeruput teh atau kopi, manjakan mata untuk menikmati pemandangan yang jauh lebih indah lagi di daerah Bukit Barisan.

Dari atas puncak, kita dapat melihat kendaraan yang melintas di bawah. Kendaraan yang melintas terlihat kecil. Di bab atas, kita akan melihat perbukitan yang hijau mencakar langit. Anugerah Yang Mahakuasa di bumi Asahan, Sumut ini terasa kita melayang di atas awan.

 

Baca artikel lainnya : 

Tempat Wisata Atlantis Land Surabaya, Wahana Permainan Baru dan Seru Yang Wajib di kunjungi Di Surabaya

 

Dari kejauhan, pohon-pohon raksasa bertengger di lereng-lereng Bukit Barisan. Di celah perbukitan itu, terlihat Sungai Asahan menjadi kecil kolam ular. Sungai Asahan di bab hulu ini populer sebagai lokasi arung penderasan dengan medan yang sangat rawan dan nomor satu di Indonesia tingkat kesulitannya.

 

 Diapit Tebing Terjal, Bentang Alam Jalan Sigura-guraFoto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Dari puncak perbukitan dari Kabupaten Asahan, perjalanan dapat dilanjutkan ke Kabupaten Tobasa. Dari perbukitan wilayah Tobasa, akan ada pemandangan yang menakjubkan lagi. Berhentilah sejenak di daerah perbukitan itu. Mata kita akan disajikan pemandangan Danau Toba. Danau Toba terlihat kolam kubangan air di tengah-tengah formasi Bukit Barisan. Sungguh pemandangan yang luar biasa.

Yang harus diingat, Anda harus berhati-hari di Jalan lintas Sigura-gura di Kabupaten Asahan. Menjelang PLTA Asahan, tubuh jalan ada yang mungil sehingga bila berpapasan satu di antaranya harus mengalah. Jika tidak, kendaraan roda empat yang berpapasan dijamin tidak dapat melintas.

Jangan pernah lalai para sopir di jalan ini. Bila meleng sedikit, kendaraan Anda dapat saja terjun bebas ke jurang nan terjal. Ayo, ajak keluarga Anda liburan ke Danau Toba dengan melintasi Jalan Sigura-gura.