SHOPPING CART

close

Eksotisme Jeram Objek Wisata Sri Gethuk Gunungkidul Yogayakarta

Booking.com
 Terletak di antara ngarai sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau Eksotisme Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

 

Eksotisme Jeram Objek Wisata Sri Gethuk Gunungkidul Yogayakarta , Objek wisata ini terletak di antara ngarai sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau, menciptakan Pesona Alam Air Terjun Sri Gethuk semakin menarik untuk dinikmati. Air Terjun yang terletak  di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta  ini merupakan teladas yang bukan berasal  dari anutan sungai utama. Justru Air Terjun Srigethuk membelah tebing sungai Oya dan menyatu dalam anutan yang sama, jadi tidak mengherankan bila ada suasana kontras. Air terjun demikian jernih, sementara air sungai Oya keruh. Perpaduan yang menarik untuk dinikmati. Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang populer kering.

 Terletak di antara ngarai sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau Eksotisme Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Srigethuk tidaklah sulit. Ada banyak papan penunjuk yang akan menghantar Anda hingga di lokasi. Selepas lapangan terbang Gading, Anda tinggal berbelok ke kanan. Setelah pasar Playen, ada pertigaan dengan papan penunjuk ke arah kanan. Ikuti terus jalan itu dan perhatikan papan petunjuknya. Jalanan desa yang mulus seolah melepas image wacana Gunungkidul yang serba berkekurangan.

Suasana ini sungguh berbeda dengan situasi dua tahun yang lalu. Jalanan berbatu itu telah berganti dengan jalanan beraspal. Jalan menuju lokasi pun telah dibentuk melingkar melewati gua Rancangkencono. Jalan lingkar yang berbatu ini melewati pemandangan alam yang indah dengan hamparan tegalan. Jalan lingkar ini dibentuk untuk memudahkan pengunjung sehingga tidak terjebal kemacetan dikala arus pengunjung membludak.

 

Warung-warung yang menjajakan aneka masakan khas Gunungkidul pun berjajar rapi hingga ke bibir sungai. Fasilitas kamar mandi dan ruang ganti pun telah tersedia di areal parkiran.

Dahulu, hanya ada satu gethek yang melayani. Kini, aku melihat ada tiga gethek yang siap mengantar para wisatawan yang akan menikmati keindahan Srigethuk. Para wisatawan yang memakai jasa gethek ini harus merogoh kocek sebesar sepuluh ribu untuk pulang pergi. Jika ingin sedikit tantangan, Anda dapat menuju ke lokasi dengan berjalan kaki melalui pematang sawah dan tegalan.

 

Memasuki areal Wisata Air Terjun Sri Gethuk, aura mistis begitu, Kuatnya aura itu semakin diperkuat dengan beredarnya mitos yang ada dan berkembang di tengah masyarakat. Sri Gethuk yakni nama yang disematkan untuk teladas ini. Nama ini berasal dari sebuah alat musik gamelan, yaitu kethuk. Konon, di lokasi inilah jin Angguro Menduro menyimpan kethuk. Lama kelamaan dan untuk lebih gampang mengucapkan, lafal kethuk berkembang menjadi gethuk. Jadilah nama Sri Gethuk. Jadi, nama gethuk tidak berkaitan dengan nama salah satu kuliner khas Gunungkidul.

 

Demikian ulasan singkat mengenai Eksotisme Jeram Objek Wisata Sri Gethuk Gunungkidul Yogayakarta , happy traveling ya

Tags:
Share