Objek Wisata Goa Sentono di Blora Begawan solo

Objek Wisata Goa Sentono di Blora Begawan solo adalah  sebagai potensi wisata gres yang ada di blora, selayaknya dikembangkan lebih serius. Meskipun lokasinya jauh dari sentra kota blora, namun keberadaan goa sentono sudah tidak gila lagi bagi warga sekitar untuk dijadikan sebagai daerah wisata di final minggu.

Perbukitan kapur yang ada di Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Blora, ternyata mempunyai daerah wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi, yakni Goa Sentono.

Goa Sentono

Akses menuju ke lokasi goa ini sanggup ditempuh dengan motor dan mobil. Lokasinya jauh dari sentra kota Blora, berada di perbukitan kapur, di Dukuh Sentono, Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Blora. Rute perjalanan sanggup ditempuh dari Kecamatan Cepu atau Randublatung, dan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk hingga ke lokasi goa ini. Di sepanjang perjalanan akan banyak melihat landscape pemandangan sawah, hutan dan perbukitan.

“Lokasi Goa sentono, persis ada di tepi Sungai Bengawan Solo”.

Goa Sentono berada di pegunungan kapur, menyusuri jalan bebatuan yang licin dan cukup curam untuk hingga ke sana. Dari atas hanya tampak watu besar, namun sesudah hingga di bawah barulah kelihatan Goa Sentono. Terlihat pagar pembatas yang sudah lama dan rusak alasannya yaitu minimnya perawatan.

Kawasan goa sentono

Pintu goa tidak jauh dari tebing Sungai Bengawan Solo. Lebar goa sekitar 3 meter dengan ketinggian sekitar 2,5 meter dan kedalaman hingga sekitar 10 meter. Jika dilihat ke dalam bentuknya semakin mengerucut. Sehingga semakin ke dalam, harus membungkuk. Bagian dalam goa terlihat gelap alasannya yaitu minimnya penerangan.

“Goa Sentono sarat nilai sejarah”.

Banyak versi yang menjelaskan bahwa goa ini ada kaitannya dengan sejarah Desa Mendenrejo, namun dengan versi yang berbeda- beda dari kisah masyarakat setempat. Ada yang menyampaikan berkaitan dengan kisah Blacak Ngilo dan Sunan Bonang.

 

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Populer Di Jawa Barat Bandung

 

Blacak Ngilo yaitu seorang prajurit Majapahit yang melarikan diri ketika perang saudara memperebutkan kekuasaan Majapahit. Ada pula yang menyampaikan bahwa goa ini dulu pernah dijadikan daerah semedi Sunan Bonang untuk bertapa di tepi Sungai Bengawan Solo.

Perpaduan antara sejarah, perbukitan, goa dan sungai bengawan solo ini, gotong royong sangat menarik untuk dijadikan sebagai potensi wisata gres yang sanggup dikembangkan. Sayangnya hingga ketika ini masih minim perhatian dari pemerintah setempat untuk membuatkan goa yang ada di Desa Mendenrejo ini sebagai daerah wisata alam di blora.

Tertarik untuk mengunjungi Objek Wisata Goa Sentono di Blora Begawan solo ???