SHOPPING CART

close

Info Lengkap Desa Unik Wisata Di Bali dengan Kuburan Tengkoraknya – Desa Trunyan Bali

Info Lengkap Desa Unik Wisata Di Bali dengan Kuburan Tengkoraknya – Desa Trunyan Bali

Bali memiliki beberapa desa wisata yang terkenal dan sangat menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan, begitu banyak desa wisata disini dengan kategorinya masing -masing ada desa yang terbersih, ada desa yang kental dengan budaya balinya dan kali ini adalah desa unik wisata di bali dengan kuburan tengkoraknya – desa Trunyan Bali

Dalam web 17sekians pernah membahas tentang desa trunyan sebagai desa yang unik dan angker di Bali, memang betul sih karena desa ini sangat terkenal banget tentang tata cara penguburan mayat dari kerabat di sana yang unik secara gamblang desa trunyan ini mereka tidak menguburkan atau mambakar orang yang sudah meninggal seperti adat bali pada umumnya melainkan mereka menaruh begitu saja di atas tanah hingga mayat membusuk menjadi tengkorak, wow ngeri banget ya.

Tata cara pemakaman inilah yang sangat terkenal dan Pohon besar yang menetralkan bau busuk dari mayat – mayat yang di taruh di sana, Desa trunyan semakin di buru oleh banyak wisatawan yang sangat penasaran untuk melihat langsung tentang banyaknya tengkorang yang di jejer di atas tanah pemakaman tersebut.

Baca : The Anvaya Beach Resort Bali, Hotel Terbaik Dengan Segalanya di Kuta Bali

Tentang dan Rute menuju Desa Trunyan, Bali

Desa Trunyan Bali

Untuk mencapai Desa Trunyan melalui darat menurut Yudist Ardhana dalam vlognya sangat lama dan sulit banget jadi lebih bagus kita bisa menggunakan perahu dengan guide lokal di sana.

Perjalanan air dari danau batur sendiri menggunakan perahu menuju kuburan yang sakral di desa Trunyan dengan waktu tempuh 15 menit saja. Disini kita akan langsung di hadapkan dengan gapura pintu masuk ke kuburannya yang bernama sema Wayah dan di sini juga terdapat pohon besar yang berusia ratusan tahun bernama Taru Menyan

Cerita sejarah mengenai Pohon Taru Menyan sangat berkaitan dengan desa ini, kata taru Menyan sendiri di gunakan menjadi nama desa di sini menjadi Trunyan atau terunyan. Pohon taru Menyan memiiki aroma yang sangat harum dan bisa menyedot bau busuk di sekitarnya.

Bau harum dari pohon Taru Menyan sendiri sangat menyengat dan membuat warga di sekitar sana menjadi flu dan sakit, atas dasar ide dari ketua bendesa desa di sana kemudian tercetus ide untuk meletakan mayat atau orang sudah meninggal di dekat pohon taru Menyan, alhasil ternyata bau dari jenasah yang sudah meniggal mampu menetralisir bau harum dari pohon Taru Menyan dan tradisi ini dilakukan turun temurun hingga sekarang

3 Tempat peletakan Mayat di Kuburan ” Sema Wayah ” desa Trunyan Bali

Gerbang masuk ke kuburan ” Sema Wayah ” Desa Trunyan Bali

Oleh warga lokal di sini kemudian menaruh orang yang sudah meninggal di sema wayah, dalam kuburan di sini terdapat peraturan dalam peletakan mayat sendiri yang memiliki 3 tata cara peletakan “nama tempat” mayat dalam kuburan sendiri yakni :

  • Sema Muda
    Untuk Tipe yang meninggal dengan umur masih bayi s/d belum menikah jika meninggal maka mayatnya akan di masukan di dalam goa, dan ini pengunjung tidakl boleh melihatnya, sangat di larang untuk melihat
  • Sema Bantas
    Jika meninggal karena bunuh diri, kecelakaan, tenggelam atau jatuh maka mayatnya akan di letakan di perbatasan desa abang dan trunyan.
  • Sema Wayah
    Jika meninggalnya wajar maka mayatnya akan di letakan di atas dekat pohon Taru Menyan, hanya untuk peletakan mayat di dekat pohon ini hanya memiliki tempat terbatas yakni 11 slot, jadi jika ada peletakan mayat baru maka yang sudah lama akan di geser. Peletakan mayatnya dibungkus memakai kain dan kayu bambu.

Meskipun begitu banyak mayat yang ditaru dalam areal kuburan dan terdapat banyak sekali tengkorak namun tidak menimbulkan bau busuk apapun. Hal ini di karenakan pohon taru menyan yang sudah ada sejak jaman Majapahit.

Berdasarkan pengakuan dari guide lokal sendiri bahwa pengunjung di perkenankan untuk mengambil gambar dan memegang tengkorak, koin apapun di sini hanya saja sangat tidak perkenankan untuk membawanya pulang.

Mengingat unik dan angkernya kuburan di Desa Trunyan ini jadi ada satu cerita pernah ada pengunjung yang membawa koin dari sini dan setelah sampai di rumah langsung sakit dan meninggal dunia, mungkin anda mau mencobanya? jangan sampai ya!

Desa Trunyan yang masuk dalam kawasan Bangli di Bali menjadi satu – satunya desa terunik di dunia dalam hal tata cara penguburan bagi orang yang telah meninggal. Desa ini berada di sekitar danau batur dan untuk mencapai desa wisata unik di Bali ini anda harus menggunakan perahu, jangan kawatir karena ada beberapa pemandu yang bisa membantu anda dan bercerita tentang desa wisata ini.

Merupakan perjalanan yang yang tidak akan terupakan jika anda bisa kesini dan menyaksikan sendiri tentang tradisi yang tidak ada di manapun, tradisi unik yang di miliki Bali dan sangat terkenal di dunia. Desa Trunyan menjadi wisata yang unik serta berbau angker karena anda akan melihat banyak sekali tengkorak dan tulang belulang yang berserakan di atas tanah. Ingatah untuk selalu sopan dalam bertingah laku dan berbicara saat datang kesini.

Tonton video mengenai Desa Trunyan dengan tengkoraknya dari Yudist Ardhana

Baca artikel lainnya : 10 Tempat Wisata Populer Yang Ada di Bali Timur 2019

Demikian ulasan mengenai Info Lengkap Desa Unik Wisata Di Bali dengan Kuburan tengkoraknya – Desa Trunyan Bali, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Info Lengkap Desa Unik Wisata Di Bali dengan Kuburan Tengkoraknya – Desa Trunyan Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com
Jasa transport di bali -17sekians
Share!
%d bloggers like this: