SHOPPING CART

close

Info Lengkap Tempat Wisata Hits Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah – Lokasi dan Tiket Masuk 2019

Info Lengkap Tempat Wisata Hits Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah – Lokasi dan Tiket Masuk 2019

Saat di kabupaten Klaten jawa tengah, siapa yang tidak mengenal dengan tempat wisata yang satu ini bahkan wisata ini sudah terkenal seantero indonesia, sebuah wisata unik dan instagramable yakni Umbul Ponggok. Sebuah tujuan wisata yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tidak hanya memiliki pemandangan indah tetapi juga kisah yang menginspirasi sampai terbentuknya tempat wisata yang ngehits di Klaten, dihuni oleh 2300 penduduk berasal dari pendapatan badan usaha milik desa (BUMD) dengan memperoleh hingga 14,2 miliar rupiah pada tahun 2017. Simak Info Lengkap Tempat Wisata Hits Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah – Lokasi dan Tiket Masuk 2019

Sejarah Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Kolam permandian alami ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Belanda guys, sebelumnya tempat wisata hits klaten ini hanya digunakan warga setempat sebagai tempat mandi, mencuci pakaian, tempat pembuangan sampah, namun atas ide kreatif dari warga setempat dengan badan usaha milik desa (BUMD) atau dikenal sebagai BUMDES ‘TIRTA MANDIRI’ tempat diubah menjadi tempat tujuan wisata yang terkenal di jawa tengah

Ada banyak perubahan signifikan di masa sekarang dengan memanfaatkan dana desa atau ADD (Anggaran Dana Desa) Umbul Ponggok semakin berkembang mulai dari pembangunan jalan infrastruktur hingga drainase sebagai pelengkap tujuan wisata ini. BUMDES TIRTA MANDIRI didirikan pada tahun 2009 sebagai dewan untuk mengelola Umbul Ponggok. Pada awalnya, hanya ada 3 pekerja dengan gaji 350.000 rupiah / bulan Pada 2017 dan sekarang BUMDES TIRTA MANDIRI memiliki 82 pekerja dengan gaji di atas upah minimum regional (UMR). Para pekerja juga diberikan asuransi negara atau BPJS. Ekonomi lokal terangkat karena pekerja pengangguran dikurangi oleh lowongan pekerjaan di sektor pariwisata ini. Dengan adanya Umbul Ponggok.

Sekarang perekonomian di Umbul Ponggok terangkat. Media sosial digunakan sebagai strategi promosi ini adalah strategi yang tepat dari manajemen Umbul Ponggok. Dalam waktu singkat, Umbul Ponggok menjadi viral di media sosial karena keunikannya. Di musim liburan para pengunjung dapat mencapai hingga 3000 wisatawan guys!. (Sumber youtube.com)

Baca : 10 Hotel Murah Di Klaten Jawa Tengah – Harga di Bawah 500 Ribuan

Mengenai Umbul Ponggok Klaten

Kami mengkategorikan sebagai destinasi wisata yang unik di Pulau Jawa, sebuah pengalaman baru berwisata dengan berjalan di dalam air, berinteraksi dengan ikan dan bersenang-senang dengan mencoba Ninja Warrior Game Show! Ya itu adalah tempat yang bisa Anda miliki dalam satu waktu lokasi yakni di Umbul Ponggok di Klaten.

Saat kedatangan di Umbul Ponggok di Klaten terlihat hanya seperti kolam biasa saja namun anda salah guys! menjadi kolam musim semi dan banyak pengunjung yang tercengang karena sesuatu yang ada didalamnya. Umbul Ponggok memiliki sumber daya air yang melimpah dan digunakan warga sebagai tempat pariwisata yang luar biasa di media sosial.

Kolam air di Umbul Ponggok

Kolam air di Umbul Ponggok memiliki luas mencapai 70×40 meter persegi ini. selalu dikunjungi banyak wisatawan di dalam dan bahkan di permukaan air nya. aktivitas seru di sini kita bisa bermain di permukaan dengann arena wahana dan menyelam sambil berfoto di sot foto yang telah disediakan.

Bagi teman traveler yang belm pernah snorkeling atau menyelam bisa mencoba aktivitas “walker” yakni berjalan di kedalaman air dengan menggunakan helm, sebenarnya kedalaman di Umbul Ponggok di Klaten ini hanya mencapai 1-3 meer saja jadi tidak terlalu dalam.

Umbul Ponggok Klaten cepat dikenal banyak orang dari postingan netizen di media sosial dan banyak sekali wisatawan luar yang penasaran dan ingin melihat langsung wisata unik ini. Semakin bertambahnya pemasukan dari wisata semakin lengkap permainan yang bisa di temui disini dari permainan ala ninja warior di permukaan air sampai tempat berfoto didalam air dengan spot – spot foto yang telah tersedia didalamnya, kita pun bisa memberikan makan ikan langsung dan berinteraksi didalam air, tentunya pemandangan dalam air juga sangat jernih seperti dalam sebuah aquarium besar

Kesimpulannya memang sangat seru banget sekali bermain air seru di Umbul Ponggok Klaten jawa tengah ini, karena disini main topiknya berfoto dalam air juga , bagi teman traveler yang belum pernah kesini kami juga memberikan beberapa tips mengambil foto di Umbul Ponggok Klaten ini.

Tips berfoto dalam air di umbul ponggok klaten jawa tengah

Tips berfoto dalam air di umbul ponggok klaten jawa tengah

Salah satu tujuan banyak wisatawan selain bermain air dengan seru adalah mengambil foto terbaik ala instagram disini ada beberapa hal yang harus di perhaatikan saat berfoto disini antara lain adalah

1.Waktu berkunjung

Jam buka dari wisata hits klaten jawa tengah ini dari pukul 08.00 sampai dengan jam 4 sore jadi bagi teman traveler yang ingin mendapatkan foto terbaiknya sebaiknta datang pada saat pagi hari dan sore hari karena faktor pencahayaan yang masih bagus.

Saat musim libur sebaiknya datang saat pagi hari di waktu baru buka karena masih sepi pengunjung dan bisa lebih puas mengambil foto terbaiknya.

2. Tidak memakai pelampung saat mengambil foto

Biasanya saat berenang pengunjung akan memakai pelampung serta kacamata renangnya, namun jika anda ingin mendapatkan foto terbaik sebaiknya biarlah senatural mungkin dengan tidak memakai pelampung serta kacamata untuk snorkelingnya.

Hal ini harus dilakukan oleh keduanya dari sang fotografer dan orang yang di foto karena tukang foto juga harus mencari angle terbaik untuk mengambil fotonya

3. Cari Spot yang Bagus

Ada banyak spot foro menarik yang ada di umbul ponggok, nah kita bisa memilih tempat yang mana yang bisa dijadikan insgram feed kita nantinya, dari foto dengan benda kuno sampai foto dengan banyak ikan yang lalu lalang

4. Bergaya senatural mungkin

Tentunya akan terasa berbeda saat berpose didalam air dalam pengmabilan foto guys, namun anda harus bergaya senatural mungki seperti berfoto di daratan dari berdiri sampai senyum dengan menahan nafas beberapa detik.

Cara lainnya adalah berpegangan dengan benda di dasar air bisa menjadi trik yang jitu atau duduk santai sambil menngendarai motor yang tersedia disini juga sangat bagus.

5. Gunakan mode kamera Burst

Karena mengambil foto dalam air itu harus cepat makanya kamera yang digunakan harus mengambil mode burst atau sekali jepret bisa mengambil banyak gambar guys.

Tantangan dalam pengambilan foto dalam air tanpa menggunakan alat adalah menahan nafas, norma manusia hanya bisa menahan nafas tak lebih dari 40 detik jadi sebaik nya menggunakan mode burst pada kamera adalah tindakan yang pintar nantinya anda bisa memilih sendiri foto mana yang akan di ambil dan di post dalam media sosial anda.

Baca : 3 Kuliner Sarapan Special yang wajib di coba saat di Yogyakarta

Spot foto bersama ikan di Umbul Ponggok Klaten

Lokasi dan harga tiket terbaru ke Umbul Ponggok Klaten

Untuk lokasi umbul ponggok beradai di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Jam buka : 08.00 am – 16.00

Lihat google Maps

Berapa harga tiket masuk ke Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah 2019 ?

Untuk Htm ke Umbul Ponggok Klaten sekarang adalah Rp. 15.000/orang

Adapun alat sewa lainnya yang bisa digunakan disini dengan detail harga sebagai berikut :

  • Alat snorkeling Rp.13.000
  • Pelampung Rp.7.000
  • Fin Rp.7.000
  • Sewa kamera underwater Rp.60.000

Baca artikel lainnya : Wisata Air Terjun Kedung Kayang, wisata alam Tersembunyi yang mulai populer di Magelang – Tips berkunjung kesana

Demikian ulasan mengenai Info Lengkap Tempat Wisata Hits Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah – Lokasi dan Tiket Masuk 2019, semoga selalu bermanfaat dan terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Info Lengkap Tempat Wisata Hits Umbul Ponggok di Klaten Jawa Tengah – Lokasi dan Tiket Masuk 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: