SHOPPING CART

close

Info Lengkap Tempat Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta – Lokasi dan Tiket masuk

Info Lengkap Tempat Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta – Lokasi dan Tiket masuk / Foto by IG @noer_hasanah218

Yogyakarta memang indah karena memiliki tempat wisata yang sangat kompleks dari wisatas budaya, wisata alam sampai dengan wisata pantainya yang terkenal, saat liburan akan datang tak heran Yogyakarta akan di penuhi banyak pelancong yang datang dari luar daerah maupun warganya sendiri. Wisata rekomendasi yang terbaru kali ini adalah wisata pantai yang terkenal dan menjadi salah satu ikon wisata Jogja yakni Pantai Parangtritis berikut adalah info lengkapnya

Pantai Parangtritis begitu di kenal banyak orang karena keindahannya ada banyak aktivitas yang bisa di lakukan di sini dari melihat keindahan laut, sunset yang cantik, berenang sampai kegiatan di bibir pantai yang seru. Berada 27 km dari pusat kota Yogyakarta Pantai Parangtritis memiliki pemandangan sunset yang sangat indah di sore harinya. Pantai Yogyakarta ini juga menyimpan cerita mistis yang percaya tidak percaya membuat nama Pantai Parangtritis semakin di kenal banyak orang.

Baca : 10 hotel Populer dengan kolam renang di Kota Yogyakarta

Legenda Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang memiliki bibir pantai yang sangat luas dan banyak aktivitas yang bisa di lakukan, terdapat banyak penjual makanan dan minuman juga di sana. Pantai ini berada di bagian selatan dan legenda menceritakan bahwa pantai ini merupakan tempat penguasa pantai selatan tinggal yakni Nyai Roro Kidul.

Cerita rakyat mengatakan bahwa Tempat wisata Pantai Parangtritis ini menjadi pintu gerbang untuk masuk ke kerajaaan Ratu Nyi Roro Kidul.

Ratu Nyi Roro Kidul adalah penguasa laut selatan yang memiliki istana yang megah di pusat samudra hindia tak heran jika pantai ini memiliki ombak yang sangat besar bisa mencapai 7 meter.

Kisah Ratu Nyi Roro Kidul memiliki hubungan yang sangat special dengan raja – raja Yogyakarta dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX mengaku pernah bertemu dengan beliau.

Kisah lainnya yang boleh percaya atau tidak adalah Ratu Nyi Roro Kidul sangat menyukai benda yang berwarna hijau karena sang Ratu Nyi Roro Kidul sendiri di gambarkan menggunakan baju yang berwarna hijau. Jadi buat pengunjung yang datang ke Pantai Parangtritis ini memakai baju warna hijau akan terkena kesialan dan bisa kehilangan nyawanya.

kalau kesini jangan pakai baju hijau ya biar tidak tertimpa kesialan. Namun ini ini semua masih cerita mistis atau mitos yang boleh percaya atau tidak.

Pantai Parangtritis memiliki ombak yang cukup besar jadi sangat cocok buat yang suka surfing ya dan yang mau berenang di harapakan untuk berhati -hati karena Pantai Parangtritis juga pernah menelan korban jiwa karena tergulung ombak. Namun wisata Pantai Parangtritis tetap di minati banyak orang untuk datang karena di sini bukan hanya sekedar berenang melainkan anda bisa nongkrong bersama teman atau melakukan aktivitas seru lainnya di sini.

Wisata Terkenal Pantai Parangtritis di Yogyakarta / Foto by IG @anneysa.n

Aktivitas seru di Pantai Parangtritis, Yogyakarta

1. Melihat Sunset

Wisata pantai memang tak akan hilang dengan melihat matahari terbenam dan di Pantai Parangtritis ini kita bisa melihat sunset yang romantis bersama pasangan atau teman, tentunya teman traveler harus datang kesini pada sore hari ya, agar bisa melihat keindahan sunset di Pantai Parangtritis

2. Bermain Layang -layang

Karena memiliki bibir pantai yang luas dan angin pantai yang kencang tentunya yang hobi bermain layangan bisa menerbangkan layang – layang disini tanpa ada hambatan, pedagang disini juga banyak kok yang menjual layang -layang beserta benangnya jadi tinggal pakai saja.

Tempat wisata Pantai Parangtritis juga sering di pakai ajang untuk festival layang -layang dari ukuran besar sampai yang kecil.

3. Kereta Kuda / Bendi

Anda ingin mencoba naik kereta kuda atau Bendi, disini juga ada yang menyewakan, sore -sore naik delman istimewa di bibir pantai kayaknya pengalaman yang seru juga ya

Aktivitas naik kereta kuda dan bermain layangan di Pantai Parangtritis, Jogja

4. Naik ATV

Selain keretta Kuda, terdapat juga penyewaan ATV atau All-terrain Vehicle, penggunaannya sangat mudah tinggal masukan perseneling tarik kopling langsung gasss, anda siap melaju kenceng di atas pasir dan pecikan air pantaii yang segar, harga sewa ATV disini adalah Rp.50 ribu – Rp.100 Ribu selama setengah jam.

5. Bermain Air

Tempat wisata Pantai Parangtritis memiliki ombak yang besar dan sangat tidak di sarankan untuk berenang disini namun kita masih bisa bermain air di bibir pantai, untuk yang membawa anak kecil wajib untuk dalam pengawasan full ya.

Naik ATV dan Bermain Air di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Lokasi Info Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Alamat lengkap Pantai Parangtritis adalah di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta

Tepatnya berada di Kecamatan Kretek, bantul Jogja, yang mau kesini juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang tak kalah seru seperti Bukit Parang Endog yang berada di perbukitan dan Gumuk Pasir yang ada di utara pantai parangtritis. Dari pusat Kota yogyakarta hanya 27 km atau 30 – 40 menit berkendara saja.

Baca : 10 Tempat Liburan Yang Asyik, Seru dan kekinian Di Yogyakarta

Tiket Masuk di Pantai Parangtritis

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Pantai Parangtritis , setiap pengunjung di wajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 / orang, biaya parkir motor sebesar Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000

Jam Buka Pantai Parangtritis

Waktu operasional tempat wisata Pantai Parangtritis, yogyakarta adalah dari jam 07.00 am – 17.00.

Sore hari adalah waktu terbaik untuk datang ke Pantai Parangtritis karena selain tidak terlalu panas anda bisa melihat pemandangan sunset terbaik

Spot keren lainnya di sini adalah teman traveler bisa naik ke tebing gembirawati tepat di belakan pantai untuk bisa melihat pemandangan full dari Pantai Parangtritis yang super keren.

Java Villas Boutique Hotel & Resto, Hotel Unik bintang 3 di Yogyakarta – Harga mulai Rp.500.000/malam

Fasilitas Pendukung di Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Tempat wisata Pantai Parangtritis begitu terkenal di Pulau jawa dan tentunya pemeliharaan dan pengembangan tempat wisata nya juga semakin bangus sekarang untuk disini juga telah disediakan fasilitas pendukung yang membantu memberikan kenyamanan saat berkunjung seperti :

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gardu pandang SAR
  • Penginapan
  • Warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi bilas

Akomodasi penginapan juga sudah ada di sekitar lokasi wisata Pantai Parangtritis guys jadi yang mau bermalam disini bisa juga memesan hotel nya disini, untuk hotel rekomendasi bisa langsung memesan nya secara online lo.

Hotel dekat tempat wisata Pantai Parangtritis antara lain :

Untuk yang bersantap disini juga tersedia banyak jenis kuliner sedap atau sekedar ingin makan jagung bakar sambil smabil nongkrong melihat pemandangan pantai pun bisa. Pokok disini sudah lengkap dengan wisata pantainya rekomendasi makanan di Pantai Parangtritis antara lain :

  • Bakmi Djawa Dua jaman
  • Bebek Goreng Pak Koes
  • Viavia Resto & Bakery
  • Dll

Baca artikel lainnya : Review Hotel Bintang 5 di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa – Tonton Videonya

Tempat wisata Pantai Parangtritis, yogyakarta adalah wisata wajib yang harus di kunjungi saat di Jogja ya, apalagi anda menyukai wisata alam pantai jadi jangan sampai terlewatkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat datang kesini ya.

Demikian ulasan mengenai info lengkap Tempat Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta, semoga selalu bermanfaat ya, jangan lupa di share artikelnya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Info Lengkap Tempat Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta – Lokasi dan Tiket masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: