SHOPPING CART

close

Info Lengkap Wisata menarik di House of Sampoerna Surabaya

Info Lengkap Wisata menarik di House of Sampoerna Surabaya

Surabaya adalah salah kota megapolitan yang ada di Indonesia terdapat banyak konglomerat di sini guys, layaknya seperti Jakarta, kota ini memiliki perekonomian yang maju sangat pesat, ini bisa anda lihat dari peninggalan sejarah yang sekaligus menjadi tempat wisata yang instagenic yakni House of Sampoerna. Tempat ini dulunya adalah sejarah sekaligus rumah dari salah satu orang terkaya di indonesia dengan pabrik rokok kretek yang populer di Indonesia bahkan asia, simak Info Lengkap Wisata menarik di House of Sampoerna Surabaya

House of Sampoerna merupakan bangunan tua dengan yang dibangun dari jaman pejajajahan dahulu dengan desain eropa dengan 4 pilar besar di bagian depan, tempat ini merupakan sebuah pabrik rokok, museum serta cafe yang sangat menarik untuk di kunjungi saat di Surabay nantinya.

 

Mengenai House of Sampoerna

House Of Sampoerna awal mulanya di beli oleh pendiri rokok sampurna bernama Liem Seeng Tee di tahun 1932 sebagai tempat pembuatan rokok untuk pertama kalinya. Seiring berjalan waktu tempat ini berubah fungsi menjadi sebuah museum yang memiliki banyak koleksi foto klasik, artikel dan lukisan peninggalan dari perusahaan roko Sampoerna.

Pertama kali di buka untuk umum pada tahun 2003 secara gratis, di sini anda bisa melihat berbagai jenis rokok yang pernah di gunakan oleh HM Sampoerna. Museum House of Sampoerna itu terdiri dari beberapa bagian pada halamannya terdapat taman yang indah, terdapat juga lahan parkir yang cukup luas.

 

Warung Rokok jama dahulu di House of Sampoerna

Saat memasuki gedung Museum maka terdapat 4 pilar utama sebagai lambang dari batang rokok, gedung terdiri dari 2 lantai yang terbagi menjadi lantai pertama terdapat berbagai macama koleksi dan lantai 2 terdapat tempat penjualan oleh – oleh seperti kaosdan souvenir.

Anda akan di sambut dengan hangat oleh para pegawai di sana saat baru memasuki areal dalam gedung dengan aroma cengkeh yang sangat khas dapat tercium langsung ke hidung anda.

Koleksi pertama adalah foto -foto dari pendiri Sampoerna sendiri bersama sang istri, dan yang menarik perhatian adalah replika warung sederhana dengan bahan kayu dan bambu beratapkan daun kering, ada banyak toples yang berisikan banyak makanan, keranjang yang berisi buah , tembakau dan cengkeh.

Dulunya Mr Liem (pendiri HM Sampoerna) memulai usahanya dari bawah dengan berjualan makanan, beliau mampu melihat peluang usaha dimana banyak masyarakat yang mengkonsumsi tembakau, kemudian dia meracik tembakau sendiri menjadi sebuah rokok yang sudah jadi dan di jual ternyata usaha ini mampu berkembang dengan pesat guys hingga membawa kesuksesan samapai sekarang.

Baca : Hotel Pusat Kota di Surabaya – Tunjungan Hotel

 

Hal Menarik yang bisa di dapat saat berkunjung ke House of Sampoerna

1. Mempelajari sejarah kretek Indonesia

Ya walaupun merokok itu bisa merugikan kesehatan anda namun house of sampoerna merupakan bagian dari sejarak bangsa indonesia, perusahan ini mampu meningkatkan ekonomi dari Surabaya, banyak sekali orang yang bekerja di sini, berkunjung ke house of sampoerna anda bisa melihat dan mempelajari bagian dari sejarah dunia kretek indonesia dari pembuatan rokok, korek api, replika warung rokok, foto – foto klasik, sepeda yang di gunakan saat berjualan rokok saat itu, pada lantai gedung anda bisa meliihat langsung dari balik kaca tentang pembuatan langsung mengenai rokok sampoerna.

 

Berkeliling Surabaya Gratis

2. Berkeliling Surabaya Gratis

House Of Sampoerna menyediakan sebuah bus merah yang terparkir di halaman, anda akan di ajak berkeliling secara gratis ditemani pemandu wisata yang akan memberikan penjelasan tentang wisata yang di lewati oleh bus. Menggunakan bus merah ini telah memiliki jadwal tetap jadi anda bisa melihatnya di website resmi di house of sampoerna surabaya.

3. Menikmati kuliner di kafe

Museum house of sampoerna juga terdapat sebuah cafe untuk makan, jadi ketika sudah lelah berkeliling anda pun bisa duduk santai sambil memesan makanan dan minuman di cafe yang letaknya dekat Art Galery, menu di sini adalah aneka macam kopi, hamburger, sadwich, pasta dll selain itu terdapat juga live musik di hari – hari tertentu guys, kisaran makanan dan minumannya Rp. 35.000 – Rp.70.000

4. Beli suvenir

Selain koleksi foto dan sejarah tentang perusahaan penghasil rokok no 1 di Indonesia, house of sampoerna juga menjual oleh – oleh guys seperti miniatur kayu, kain batik, tas, gelang, baju dll.

5. Tempat berselfie

karena bangunan gedung dan dalamnya yang sangat artistik, klasik dan nyaman, house od sampoerna surabaya tentunya memiliki spot foto yang bagus – bagus, anda tidak akan melewatkan tempat wisata sejarah tanpa berselfie bukan ?

Ada banyak spot foto instgramble di sini seperti di kolam ikan atau di replika warung sederhana jualan rokok jaman dahulu dan masih banyak tempat lainnya yang tak kalah kerennya.

Koleksi foto di House of Sampoerna

Lokasi House of Sampoerna
Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163
Jam buka : 09.00 am – 18.00
Telepon: 031. 3539000
Tiket masuk : gratis (harus membawa KTP)

 

Baca artikel lainnya : 

Yang Hobi Trekking ! Inilah 7 Tips Naik Gunung saat Musim Hujan

Demikian ulasan mengenai Info Lengkap Wisata menarik di House of Sampoerna Surabaya, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Info Lengkap Wisata menarik di House of Sampoerna Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share