SHOPPING CART

close

Info Lengkap Wisata Spiritual Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali

Info Lengkap Wisata Spiritual Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali

Wisata bali yang begitu beragam jumlah menjadi salah satu daya tariknya, kawasan ubud gianyar yang menjadi pusat destinasi dunia termasuk didalamnya, kali ini kita akan mengajak anda untuk berkunjung kesalah satu wisata spritual yang sudah ada lama di tegalalang ubud gianyar bernama Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali

Wisata ini merupakan wisata melukat (orang bali bilang) atau meruwat diri dimana dipercaya mandi disini akan bisa mensucikan diri serta menghilangkan segala macam penyakit medis maupun nonmedis.

Lokasi wisata ini berada di Desa sebatu Kec. Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali jika arah dari denpasar bisa memakan waktu tempuh sekitar 40 menitan saja dan jika kesini jangan kaget juga tiba-tiba melihat pengunjung yanglainnya mengalami fenomenal kesurupan sambil menari-nari dengan mengeluarkan suara yang aneh, hal ini sudah biasa terjadi.

Asal mula Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali

Asal mula Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Mulai dikenal sejak 2017 silam oleh tamu asing dimana mulanya dia hanya ingin menikamti keindahan alam disini dan mandi dalam sungai dan pancuran namun alangkah kagetnya ketika melihat air yang mualnya jernih berubah menjadi keruh, di pun ketakutan dan segera pergi dan mengatakan hal ini kepada guidenya.

Cerita ini kemukan oleh Jro Mangku Adi Armika, pemangku yang ngayah di lokasi, setelah kejadian ini masyarakat lokal disana mulai mengadakan rapat untuk meminta petunjuk langsung kehadapan Tuhan mencari tahu siapa yang berada di lokasi wisata tersebut.

Tepatnya 24 Nov. 2007 bertepatan dengan hari raya suci umat hindu tumpek landep, dibuatkan sebuah upacara bahwa yang melinggih di pasiraman adalah Dewi Uma dan Dewi Gangga, dan sesudah itu masyarakat membangun palinggih (tempat suci) di seputar areal Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali.

Seiring berjalan waktu hingga sekarang, Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali mulai dikenal banyak orang tak terkecuali turis mancanegara, jika kalian kesini pastinya akan melihat tidak saja orang lokal yang datang melainkan banyak orang asing yang datang juga untuk mandi dan bersembahayang layaknya umat hindu.

Baca : Syarat Berwisata ke Bali mulai 1 April 2021 – Update 17sekians

Mitos dari Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali

Mitos dari Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali

Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali adalah tempat wisata spritual yang dipercaya memiliki nilai magis yang tinggi dan sangat disucikan, bagi yang datang kesini biasanya membawa sesajen (canang maupun banten pejati) untuk ijin terlebih dahulu kemudian baru bisa melukat di air pasiraman.

Buat wanita yang sedang berhalangan sangat di larang keras untuk datang memasuki areal tempat suci disini dan anak kecil yang giginya belum tanggal pun dilarang untuk melukat disini jika dilanggara maka akan mendapatkan musibah atau sang anak akan terus menagis tanpa henti nantinya.

Air Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali ini juga dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit, jika mandi disini dan sini berubah menjadi keruh dipercaya bahwa orang itu mengalami penyakit. Jika air menjadi kuning atau kemerahan maka orang itu terkena ilmu hitam dan airnya tetap bening maka orang bersih dari penyakit, Namun yang bisa melihat perubahan warna air ini hanya orang tertentu saja jika orang awam maka tidak akan bisa melihat warna perubahan air ini.

Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali juga banyak yang percaya sebagai tempat untuk meminta keturunan, bagi sepasang yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai anak mungkin bisa datang kesini, banyak sekali pasanga menikah yang berkunjung kesini melkajukan hal itu, namun yang paling manjur tentunya harus tetap berusaha dan memohon kepada Tuhan ya.

Bagi pengunjung yang datang ke Pasiraman Dalem Pingit Sebatu Bali sebaiknya juga telah menyiapkan peralatan pendukung untuk melakukan persembahyangan ya berikut adalah sarana peralatan untuk

Sarana yang diperlukan untuk melakukan proses melukat/membersihkan diri di Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Pura Suci di Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Jika anda belum pernah kesini sebaiknya membaca tentang sarana yang diperlukan untuk melakukan proses melukat/membersihkan diri di Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

  1. Daksina pejati, terutama bagi mereka yang pertama kali melukat. ini bisa dibeli di pasar dengan harga Rp 40.000 atau bervariasi. Jika tidak ingin repot, anda juga bisa membeli di warung-warung dekat lokasi pasiraman seharga Rp 50.000
  2. Pejati yang dibawa hendaknya berisikan pisang kayu dan bunga tunjung (teratai) warna bebas.
  3. Sarana persembahyangan menggunakan kewangen dengan menggunakan bunga jempiring, bunga tunjung biru dan 11 uang kepeng. Anda juga bisa membelinya di dekat sana seharga Rp 3.000 per buah sudah termauk uang kepng).
  4. Siapkan juga canang sari barang 10 buah (lengkap beserta rarapan / permen / jajan / rokok kretek), dupa, dan korek api.
  5. Pakaian yang dikenakan untuk melukat yaitu pakaian adat bali atau adat madya (baju kaos, kain, dan selendang). Bagi para pria memakai kain ketika melukat dan disarankan untuk tidak memakai perhiasan bagi pria dan wanita.

Baca : Pilihan Hotel Terbaik di 5 Tempat Tujuan wisata di Bali 2020 – Review dan Harga update

Loker untuk pengunjung di Pasiraman Dalem Pingit Sebatu
Banyak warung sekitar jalan menuju Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Aturan Melukat di Pasiraman Pasiraman Dalem Pingit Sebatu, Bali

Saat pra sarana (banten, canang, dupa dll) sudah lengkap ada baiknya kita juga perlu mengikuti aturan melukat di sini yang bertujuan agar tidak keliru dan berjalan secara lancar secara nyata dan tidak nyata ( sekala & niskala)

Sangat gampang dan kalian pun bisa bertanya kepada orang setempat jika masih merasa bingung untuk melakukankannya, ada pun cara atau aturan melukat di Pasiraman Pasiraman Dalem Pingit Sebatu adalah

  • Menghaturkan canang di palinggih yang pertama posisinya agak jauh dari pasiraman. Di sana terdapat 3 buah pancoran yang bisa teman-teman gunakan untuk membasuh wajah sebelum melanjutkan ke tempat penglukatan.
  • Kemudian mennghaturkan kembali canang pada palinggih berupa patung-patung yang akan menyambut kedatangan kalian di setiap penghujung tangga. Akan ada sekitar 230 anak tangga yang akan kalian lewati di sepanjang perjalanan menuju pasiraman lakukan dengan baik tanpa mengeluh ya
  • Melakukan persembahyangan di palinggih Pura Dalem Pingit dan Pura Kusti yang letaknya agak diatas dari tempat pasiraman dengan menghaturkan pejati dan menggunakan sarana kewangen. Persembahyangan dilakukan secara mandiri kecuali pada saat hari suci, maka akan dipandu oleh pemangku setempat
  • Ketika selesai sembahyang, kewangen yang terdapat uang kepengnya jangan dibuang melainkan dibawa kelokasi melukat.
  • Masuk dalam areal pasiraman dan jangan lupa haturkan canang di sanggah yang terletak di samping air terjun. Lalu bisa dilanjutkan dengan penglukatan dengan aturan kewangen di letakan pada depan dahi atau ubun-ubun seperti saat kita sembahyang pada umunya. Badan tegap menghadap ke air dan basuhkan diri mulai dari kepala merata sampai ke ubun-ubun.
  • Setelah kepala basah, lepaskan kewangen agar hanyut bersama dengan air. Kemudian badan boleh berbalik dan kalian bebas memfokuskan pada daerah mana yang ingin diguyur.
  • Setelah selesai melaksana proses melukat, teman-teman melakukan persembahyangan sekali lagi di palinggih yang berada di dekat pasiraman dan diakhiri dengan nunas (meminta) tirta dan bija (beras suci).

Sangat mudah bukan, disini kita pun bisa mengambil foto dan video untuk dokumentasi guys.

Alamat dan harga tiket masuk ke Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Alamat berada di Desa sebatu Kec. Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuknya

  • Parkir kendaraan motor Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000
  • Tidak ada tiket masuk melainkan sumbangan berupa dana punia sebagai dana untuk perawatan tempat wisata yang ada

Tempat parkir yang tersedia cukup luas untuk parkir mobil dan motor, lokasinya sangat mudah dicapai, teman -teman bisa menonton video di bawah ini mengenai rute menuju Pasiraman Dalem Pingit Sebatu

Dari lokasi parkir kita masih harus berjalan selama 30 menitan dan sampai di lokasi pasiraman, jalan menurun melewati anak tangga sebanyak 230 an sampai kebawah, disini juga terdapat banyak warung penjual makanan, prasrana banten untuk sembahyang, loker untuk menyimpan pakaian, serta ruang ganti baju

Sumber Artikel : https://www.nusabali.com

Baca artikel lainnya : Info Lengkap Desa Unik Wisata Di Bali dengan Kuburan Tengkoraknya – Desa Trunyan Bali

Demikian ulasan mengenai Info Lengkap Wisata Spiritual Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Info Lengkap Wisata Spiritual Pasiraman Dalem Pingit Sebatu di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: