Inilah 12 Danau Terindah Yang ada di Indonesia, Apakah anda pernah ke sana?

12 Danau Terindah Yang ada di Indonesia
12 Danau Terindah Yang ada di Indonesia

 

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terbesar di dunia, berada di garis katulistiwa sehingga memiliki keindahan akan alam yang tiada duanya, Walaupun negara kepulauan, indonesia juga memiliki keindahan akan alam pegunungan dan danau yang tersebar di semua wilayah, sebut saja danau toba, kelimutu yang fantastic dan terkenal di dunia, namun di Indonesia ada banyak sekali Danau indah yang belum banyak orang mengetahuinya, 17sekians mencoba untuk  mengulas tentang 12 danau terindah yang ada di Indonesia dan mungkin salah satunya adalah salah satu danau tujuan wisata anda selanjutnya.

Jika anda sudah sering traveling ke pantai dan menginginkan wisata yang berbeda, objek wisata danau mungkin salah satu alternatifnya di samping alamnya yang indah biasanya wisata ke danau memiliki iklim cuaca yang tidak panas alias sejuk, terus danau apa saja yang ada di Indonesia.

Berikut adalah 10 danau terindah yang ada di Indonesia, yang menarik untuk di kunjungi:

  1. Objek Wisata Danau Toba di Sumatera Utara
foto:www.initempatwisata.com

Danau Toba sangat terkenal di indonesia ya, dulu waktu di bangku SD kita sering di ajarkan tentang pelajaran geografis dan danau toba selalu melekat dalam pikiran kita. Objek wisata danau toba merupakan danau yang terbesar yang ada di indonesia, memiliki panjang 100 km dan lebarnya 30 km,  Danau ini terbentuk akibat dari letusan gunung berapi yang kemudian menghasilkan sebuah kaldera dan terisikan air dan membentuk sebuah danau, keunikan danau ini adalah di tengah-tengah danau ada sebuah pulau kecil yang bernama pulau Samosir.

Pulau Samosir di tempati pula oleh penduduk lokal sana yang kental akan budaya Batak kuno disana terdapat peninggalan sejarah yakni kuburan batu, tempat ini sangat rekomneded untuk di kunjungi bagi anda yang ingin merasakan indahnya alam, ketenangan dan melihat bagian dari budaya indonesia. Pulau samosir sendiri besarnya hampir seluas  negara Singapura. Baca artikel Danau Toba adalah Danau Legenda yang berasal dari provinsi Sumatera Utara

  1. Objek Wisata Danau Labuan Cermin, Kalimantan
Foto:http://berautourism.blogspot.co.id

Objek Wisata Danau Labuan Cermin di Kalimantan adalah salah satu danau yang unik di samping danau yang bening seperti kaca dan luasnya pun sebesar lapangan Bola, danau ini memiliki kandungan air yang merupakan percampuran dari air laut dan aird tawar, di bagian permukaan nya adalah air tawar dan kedalamannya adalah air asin laut. Sehingga membentuk sebuah danau yang bersih, jernih seperti kaca. Warna air danau pun bisa berubah-ubah bisa biru tua, hijau, biru muda. Jika berkunjung kesini kita bisa berenang , snorkelling sambil di temani anak-anak dari desa sana.

Objek wisata Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, kecamatan Biduk-biduk, menggunakan jalur darat, tempat ini bisa di tempuh dengan waktu 7 jam an dari tanjung redeb. Danau ini sangat jernih sehingga kita melihat karang yang ada di kedalaman danau. Sangat rekomended buat anda yang berjiwa petualang.

  1. Objek Wisata Danau Kelimutu, Flores
foto;http://masdonie.blogspot.co.id

Objek wisata Danau Kelimutu berlokasi dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu yang di lindungi oleh pemerintah, berjarak hanya sekitar 45 km dari kota Ende. Danau Kelimutu memiliki keunikan karena terdiri dari tiga danau yang letaknya berada di puncak Gunung Kelimutu sehingga di namakan danau kelimutu. Keunikan lainnya dimasing-masing objjek wisata danau ini memiliki warna air yang berbeda-beda. warna yang terlihat di setiap danau di yakni oleh masyarakat setempat sebagai sebuah kekuatan gaib dan memiliki arti yang berbeda- beda.

Waktu terbaik untuk datang adalah pada saat dini hari, karena kita bisa melihat pemandangan sunrise (matahari terbit) di balik kabut yang mengelilingi danau. Tempat ini juga sering di kunjungi oleh para pecinta alam yang hobi tracking.

Untuk menuju ke Danau kelimutu, perjalanan bisa di mulai dari kota Moni, tempat bascampnya para backpacker, dan selam perjalanan juga tidak akan mebosankan karena kita bisa menikmati pemandangan yang indah di sekeliling kita. 3 Danau di sana memiliki nama masing-masing yakni:

– Tiwu Nuwa Muri Koo Fai

– Tiwu Ata Mbupu

– Tiwu Ata Polo.

Danau Kelimutu juga pernah di ambil oleh pemerintah Indonesia dalam salah satu gambar di Mata Uang Indonesia. Keren Kan!

  1. Objek Wisata Danau Sentani, Papua
foto:https://wisatatempat.com/

Siapa yang tek kenal dengan papua yang terkenal akan raja ampatnya yang mendunia, disini juga terdapat sebuah danau yang sangat indah bernama danau Sentani, Danau ini berada di Lereng Cagar alam Cycloop dengan ketinggian 74mdpl dari permukaan laut. Luas Danau ini mencapai 9.360 Hektar. Disekililing Danau terdapat 21 pulau-pulai kecil dan memiliki penduduk yang tinggal disana, arti kata sentani sendiri mengandung makna bahwa “di sini kami tinggal dengan damai” sumber wikipedia

Jika ingin berkunjung sebaiknya saat pertengah tahun karena masyarakat di sana sedang merayakan festifal danau sentani sehingga kita bisa melihat keragaman budaya dari orang papua. Danau sentani sendiri memiliki beranka ragam biota laut contohnya ikan gabus, hiu gregaji wah jadi harus hati-hati kalau mau berenag ke sana.

 



Booking.com

 

 

 

  1. Objek Wisata Danau Paniai, Papua
foto:http://humas.paniai.go.id

Satu lagi danau indah di Papua adalah objek wisata danau Paniai, memiliki luas 14.500 hektar dan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini sangat sejuk dan pemandangannya juga tak kalah indahnya. Lokasi danau Paniai ada di kabupaten Paniai papua. Kegiatan yang bisa dilakuan di sana adalah memnacing di atas perahu, di sana juga terdapat penginapan yang di miliki penduduk setempat untuk di sewakan.

 

Baca artikel menarik lainnya:

Cari hotel di Yogyakarta dengan Harga Terjangkau di kantong Anda, jangan di tunda dan booking sekarang

 

  1. Objek Wisata Danau Maninjau, Sumatera Barat
foto:http://indonesiaexplorer.net

Objek wisata Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang ada pad ketinggian 460 meter di atas permukaan laut, konon danau ini terbentuk karena adanya sebuah letusan gunung berapi Sitinjau, danau ini juga sering di kaitkan dengan cerita legenda Bujang sembilan yang memiliki hubungan erat dengan tanah minang.

Lokasi objek wisata danau Maninjau:

140km di sebelah utara kota Padang, kec. Tanjung Raya, kabupaten Agam, sumatera barat

Perjalanan ke tempat ini anda an melewati yang namanya kelok 44, sebuah jalanan melewati pegunungan yang menurun dan belekok-lekok, stamina yang fit sangat di butuhkan untuk menempuh ke daerah danau ini , tapi semua usaha akan terbayarkan saat tiba di lokasi karena tujuan wisata ini sangatlah indah sekali terutama saat anda berkeliling danua.

  1. Objek Wisata danau Poso, Sulawesi
foto:http://travel.kompas.com

Objek Wisata danau Poso adalah sebuah danau yang sanagt unik, karena di danau ini  memiliki pinggiran atau tepian yang dikelilingi oleh pasir putih, sehingga tidak tampak seperti danau melainkan sebuah pantai dengan pasir putih yang sejuk. Kegiatan yang dapat di lakukan di sini adalah kita bisa berkeliling menggunakan perahu motor sambil melihat-lihat kegiatan masyarakat lokal sana  sedang memancing, menjala ikan, dan budidaya ikan. Di tempat ini juga terdapat sebuah konservasi anggrek terbesar di Indonesia yang ada di wisata alam Bancea .

Objek wisata Danau Poso berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km, danau poso adalah danau danau terbesar nomer tiga  seindonesia. Danau ini masuk sebagai danau terindah yagn ada di Indonesia

  1. Objek Wisata Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur
foto:https://ksmtour.com

Danau Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. danau ini merupakan sebuah surga yang tersembunyi (kata orang-orang yang pernah kesini) karena untuk dapat kesini, memerlukan sebuah perjuangan jalan tracking ke tempat ini cukup menantang dan memerlukan stamina yang fit, namun semua usaha terbayarkan karena selama perjalanan anda akan melihat pemandangan dari berjejeran ratusan pohon pinus dan pohon cemara di sepnajang jalan. Satu lagi disini juga merupakan tempat untuk melihat indahnya matahari terbit, dan kalau menginap di sini kita bisa melihat indahnya gemerlap galaksi bimasakti dengan mata telanjang, keren banget!

Lokasi Objek wisata danau ranu kumbolo berada di Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru, kab. Lumajang Malang.

  1. Objek Wisata Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat
foto:http://wisata.tokobunganusantara.com

Objek Wisata Danau Segara Anak sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki ke gunung rinjani di NTB, Di danau ini terdapat sebuah sumber air panas yang memiliki kasiat untuk dapat mengobati berbagai macam penyakit. Danau yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki sebah pohon yang di keramat kan olek penduduk lokal sana kononnya juga phon ini bisa mengabulkan segala permintaan anda.

Objek Wisata Danau Segara Anak berada di kawah gunung Rinjani , desa Sembalun Lawang Lombok NTB, nama dari Segara anak memiliki arti sebagai air yang berwarna biru seperti warna air laut.

 

  1. Objek Wisata Danau Singkarak, Sumatera Barat
foto:http://jelajahwisatabagus.blogspot.co.id

Objek Wisata Danau singkarak merupakan danau terluas no 2 setelah danau toba, menurut cerita kunonya bahwa danau ini adalah sebuah laut lepas yang berubah menjadi hulu sungai batang Ombilin, Jika anda traveling ketempat ini anda bisa melakukan kegitan seperti memancing ikan, naik perahu dan berkeliling-kelilingdan ikut nelayan sana menangkap ikan. Biota laut yang hdup disini adalah ikan Bilih

Lokasi Objek Wisata Danau SIngkarak berada di Kabupaten Solok, Sumatra Barat

  1. Objek Wista Danau Beratan Di Bali
foto:http://www.id.baliglory.com

Objek Wisata Danau Beratan merupakan sebuah destinasi wisata alam yang sangat rekonded untuk di kunjungi saat anda datang ke Bali, keunikan tempat ini adalah terdapatnya sebuah tempat suci yang ada di tengah-tengah danau, kegitan lain yang bisa dilakukan di sini adalah naik perahu sambil melihat pemandangan alam perbukitan yang ada di Bedugul

Lokasi Objek Wisata danau Beratan berada di Kawasan Bedugul desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, jarak dari kota denpasar adalah 55km, Luas danau mencapai 374.6 hektare.

 

  1. Objek Wisata Danau Batur di Bali
foto:http://www.wisataku.id

Objek wisata danau Batur adalah danau yang terluas yang ada di Bali, Namanya di ambil dari nama gunung Batur yang tepat berada di samping danau. Danau Batur terbentuk sangat alami yakni berasal dari hujan dan resapan dari hutan, Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut, membuat udara di sekitar danau menjadi sejuk dan sangat nyaman untuk di kunjungi. Kegiatan yang bisa di lakukan di sini adalah refreshing sambil naik sampan/perahu, memancing ikan atau berfoto-fot ria.

Lokasi Objek wisata danau batur berada di Gunung Batur, Kintamani, Bangli Bali.

Oke demikian ulasan mengenai 12 Danau Terindah Yang ada di Indonesia, negara kepulauan yang memiliki segudang tempat traveling. Semoga selalu menjadi bahan referensi anda saat mengadakan liburan nanti. Salam Traveling!

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *