SHOPPING CART

close
Booking.com

Inilah 7 Wisata Pulau Terindah Di Morotai, Maluku Yang Wajib Anda Ketahui

Booking.com
Inilah 7 Wisata Pulau Terindah Di Morotai, Maluku Yang Wajib Anda Ketahui
Kepulauan Halmahera yakni di Pulau Morotai menyimpan banyak sekali wisata pantai pulau kecilnya yang sangat indah dan asri. Merupakan destinsai wisata paling indah di bagian Indonesia bagian timur, bagi anda yang belum pernah kesana, Inilah 7 Wisata Pulau Terindah Di Morotai, Maluku Yang Wajib Anda Ketahui. Pesona Indonesia timur yang telah mendunia guys.
Pulau Morotai, mungkin belum banyak wisatawan yang megetahui tempat-tempat wisata terindah dan mempunyai sejarah di pulau ini. Kumpulan tempat wisata Pulau Morotai ini berada di wilayah Kepulauan Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Indonesia.
Pulau Morotai merupakan sebuah pulau yang berada di Kep. Halmahera yang mempunyai luas sekitar 1.800 Km2. Di tempat ini terdapat berbagai destinasi wisata yang mencakup wisata bahari, wisata alam, wisata sejarah Perang Dunia II dan tentunya tempat wisata tersebut wajib dikunjungi kalau kalian ke Pulau Morotai.
Tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi di Pulau Morotai tersebar di seluruh pulau dan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Morotai. Peta tempat destinasi wisata di Pulau Morotai tersebut sanggup kalian jadikan pola untuk mencari tempat-tempat wisata terbaik yang berada disana.
Berbagai tempat wisata di Pulau Morotai sekarang semakin dikenal oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara semenjak Pemda setempat menggelar program Sail Morotai pada tahun 2012. Dari program Sail Morotai inilah, tempat-tempat wisata yang dulunya belum dikenal publik perlahan mulai menjadi tujuan destinasi wisata yang paling dicari di daerah Prov. Maluku Utara.  Sebelum membahas tempat-tempat wisata terindah yang wajib dikunjungi di Pulau Morotai, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarah dari tempat ini.

Sejarah Pulau Morotai, Maluku Utara

Pulau Morotai merupakan saksi bisu dari peristiwa Perang Dunia II. Tempat ini menjadi lokasi yang strategis bagi tentara Jepang sebagai tempat basis militer Jepang untuk menguasai Indonesia, Filipina dan sebagian Malaysia. Pada tanggal 15 September 1944 di lokasi ini terjadi peperangan besar antara sekutu yang terdiri Amerika, Australia, Belanda dan UK dengan sekutu Jepang.
Dari sejarah masa kemudian tersebut maka tidak heran kalau Pulau Morotai mempunyai banyak peningglan-peninggalan sejarah Perang Dunia II mulai dari Bunker, Meriam Artleri, Bangkai Kapal Perang, Kendaraan Amfibi dan Landasan Pacu bekas Perang Dunia ke II.
Salah satu peninggalan sejarah Perang Dunia ke 2 yang banyak tersebar di Pulau Morotai ialah Marston Mat bekas landasan pacu. Peninggalan sejarah Marston Mat sekarang banyak yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pagar rumah ibarat yang terdapat di salah satu perkampungan usang di Kota Daruba Ibukota Morotai.
Informasi sejarah ihwal Pulau Morotai ini merupakan bukti sejarah dari peninggalan sisa-sisa peristiwa Perang Dunia II. Setelah mengetahui sejarah tempat ini maka sekarang waktunya untuk membahas ihwal tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Morotai.

7 Wisata Pulau Terindah Di Morotai, Maluku Yang Wajib Anda Ketahui

1. Pulau Dodola, Morotai

Foto : kieraha.com

Tempat terbaik dan terindah pertama di Morotai yang mempunyai pesona alam yang begitu memukau ialah Pulau Dodola. Keindahan dari Pulau Dodola ini sudah tidak diragukan lagi dan sanggup dijadian rujukan tujuan wisata di Morotai. Pulau Dodola sendiri mempunyai dua pulau yaitu Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar yang berjarak sekitar 500. Pulau ini terpisah pada ketika air laut pasang sedangkan pada ketika air laut surut Pulau Dodola Kecil dan Dodola Besar menjadi satu dengan munculnya jalur hamparan pasir putih.

Kecantikan pesona dari Pulau Dodola dengan bentangan pasir putih yang sangat higienis dan kejernihn lautnya mengakibatkan pulau ini sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik”. Sebutan dari Pulau Dodola tersebut menjadi bukti kalau tempat wisata disini mempunyai keindahan alam dan laut yang terbaik.

Lokasi tempat wisata Pulau Dodola sekarang sudah berkembang dan banyak akomodasi yang disediakan du tempat ini ibarat Jetsky dan cottage yang sangat cocok untuk menikmati setiap keindahan yang ada di Pulau Dodola, Morotai. Di Pulau ini kalian sanggup melaksanakan acara lainnya ibarat berenang, diving, snorkling dan memancing sambil menikmati kuliner yang ada di sana.

 

2. Pulau Kokoya, Morotai

Foto : http://wonderful.pulaumorotaikab.go.id

Destinasi wisata berikutnya yang wajib dikunjungi di Morotai ialah Pulau Kokoya. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang mempunyai keindahan garis pantai dengan hamparan pasir putih yang higienis dan lembut dengan dipadukan gradadi warna biru dan hijau laut. Pulau Kokoya ialah pulau yang tidak berpenghuni dan sanggup ditempuh dengan menaiki speedboat selama kurang lebih 30 menit.

Keindahan Pulau Kokoya lainnya ialah dari pesoa trumbu karangnya yang sangat memanjakan mata. Tempat wisata di Mototai ini kalian sanggup juga berenang, memancing, diving ataupun snorkling untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di Pulau Kokoya.

 

3. Pulau Tabailenge, Morotai

Pulau kecil di sekitar Morotai ini berjulukan Tabailenge. Pulau Tabailenge merupakan sebuah pulau yang mempunyai hamparan pasir putih yang begitu indah dengan view landscape lautan yang sangat jernih. Tempat wisata di Pulau Tabailenge berjarak tidak jauh Pulau Morotai dan sanggup ditempuh dengan cara melewati Desa Bere Bere.

Dari Desa Bere Bere dilanjutkan dengan menyewa bahtera dari penduduk setempat dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

4. Pulau Ngele Ngele, Morotai

Tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Pulau Morotai ialah Pulau Ngele Ngele. Pulau Ngele Ngele merupakan pulau yang berpenghuni yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Jika berkunjung ke Pulau Ngele Ngele kalian juga sanggup menyaksikan kegiatan sehari-hari penduduk setempat yang melaksanakan budidaya ikan serta mutiara. Sehingga dengan begitu sambil berlibur atau berwisata juga nisa berguru ihwal budidaya ikan ataupun mutiara di tempat ini.

 

5. Pulau Zum Zum “Mac. Arthur Island”, Morotai

Foto:www.pedomanwisata.com

Pulau berikutnya yang di Kab. Morotai ialah Pulau Zum Zum. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Morotai. Pulau Zum Zum disebut juga Mac. Arthur Island. Pulau yang menjadi saksi Perang Dunia ke 2 yang menerima julukan Mac. Arthur Island ini ialah sebuah pulau yang dulunya menjadi markas sekaligus tempat peristirahatan Jendral Douglas Mac. Arthur.

Jendral Douglas Mac. Arthur merupakan seorang jendral yang pada waktu itu memimpin sekutu untuk daerah Asia Pasifik. Selain mempunyai history yang sangat kental, ternyata Pulau Zum Zum juga mempunyai keindahan alam berupa garis pantai dengan pasir putih berkerikil dan mempunyai air laut yang sangat jernih ibarat kaca.

Makara kalau kalian berwisata ke Pulau Zum Zum akan sekaligus menerima dua tempat wisata sekaligus yakni Wisata Alam berupa pantai yang sangat indah dan wisata sejarah ihwal tugas Pulau Zum Zum pada masa Perang Dunia ke 2.

6. Pulau Kolorai, Morotai

Tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi berikutnya ialah di Pulau Kolorai. Lokasi di tempat ini dikenal sebagai Pulau Desa Wisata. Dinamakan Desa Wisata alasannya di tempat ini kalian sanggup menyaksikan eksklusif kegiatan sehari-hari masyarakat setempat dengan segala keramah tamahan yang ada disana.

Sebagai Desa Wisata, Pulau Koloria ini juga mempunyai pantai-pantai yang sangat indah dengan haparan pasir putih yang luas. Selain itu kalau berada disini kita sanggup melihat eksklusif keindahan Pulau Dodola dari kejauhan.

 


Baca artikel lainnya : 

32 Tempat Wisata Populer dan Menarik di Indonesia Dengan Keunikan Masing-Masing


7. Pulau Galo Galo, Morotai

Satu lagi pulau kecil disekitar Pulau Morotai yang mempunyai keindahan pesisir pantai ialah Pulau Galo Galo. Pulau ini merupakan Pulau kecil yang dikelilingi pasir putih serta keramba-keramba ikan sebagau tempat budidaya ikan oleh masyarakat setempat.

Pulau ini ialah pulau berpenghuni dengan hanya mempunyai satu desa yang berjulukan Desa Galo-Galo dan masuk wilayah Kec. Morotai Selatan, Kab. Morotai.

Demikian ulasan mengenai Inilah 7 Wisata Pulau Terindah Di Morotai, Maluku Yang Wajib Anda Ketahui , semoga selalu bermanfaat ya. happy traveling!

Tags:

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com