SHOPPING CART

close

Inilah Penampakan Terbaru Kalimas Surabaya yang menjadi wisata air yang Menyenangkan

Inilah Penampakan Kalimas Surabaya yang menjadi wisata air yang Menyenangkan / Foto by IG @deff_fitto

Sungai yang yang dulunya kumuh telah di sulap menjadi wisata air yang menjadi kebanggaan bagi warga Surabaya, tentunya ini semua berkat kerja serius dari pemerintah kota dan kerjasam dari masyarakatnya. Surabaya kini memiliki wisata naik perahu dengan mengelilingi kalimas dengan melihat pemandangan kota, wisata air ini juga semakin seru di lakukan saat malam hari, bagi yang penasaran mari simak penampakan terbaru Kalimas Surabaya yang menjadi wisata air yang menyenangkan

Kalimas atau juga di sebut sebagai sungai mas adalah merupakan bagian dari sungai Brantas yang mengalir dari kota Mojokerto sampai dengan arah timur laut hingga akhirnya bermuara di Surabaya menuju ke selat madura, sungai mas atau Kalimas menjadi sungai tertua dan terbesar mengalir di tengah kota Surabaya, sungai ini sudah sejak jaman kerajaan sampai ke panjajahan hingga sekarang. aliran Kalimas juga menjadi batas alam antara kabupaten sidoarjo dan gresik.

Sejarah Kalimas, Surabaya

Jika kita flashback ke jaman dahulu bahwa di muara Kalimas menjadi pelabuhan traditional Surabaya, disini adalah gerbang utama jika ingin pergi ke kota kerajaan Majapahit yang ada di Trowulan Mojokerto.

Sungai Mas ini juga menjadi saksi bisu peperangan pendiri Majapahit (Raden Wijaya) melawan pasukan Tartar ( dinasti Monggol) di abad ke -13. Surabaya memang terkenal akan kota yang memiliki banyak sejarah budayanya dan umurnya yang sudah tua pula.

Kalimas surabaya dulunya dinamakan Kali Surabaya yang kemudian berganti nama menjadi Kalimas, dimana dulunya alur sungai berbelok – belok hingga pada tahun 1743 dirubah alurnya menjadi lurus langsung menuju laut, hebat juga ya Belanda.

Dalam masa kolonial Belanda, kalimas menjadi sarana transportasi yang sangat penting dan ramai, banyaknya perahu kecil dan sampan yang lalu lalang setiap harinya dengan membawa berbagai macam barang dan makanan seperti barang komoditas, ikan – ikan dll.

Lambat laun seiring waktu Kalimas menjadi kali atau sungai biasa yang melintasi kota Surabaya dan tidak terurus dan tampak kumuh. Kemudian pada saat pemerintahan kota yang pimpin oleh Ibu Risma memberikan gagasan untuk menjadikan Kalimas menjadi sebuah wisata air dimana terdapat perahu -perahu yang siap mengangkut wisatawan untuk berkeliling dengan biaya tiket yang murah pula.

Baca : 10 tempat wisata hits di di Tengah Kota Surabaya terupdate 2019

Atraksi di wisata Kalimas Surabaya

Kalimas Surabaya / Foto by IG @bundane_echa

Kalimas Surabaya terkini adalah menjadi wisata air yang cocok banget untuk semua kalangan, air sungai yang disulap menjadi bersih bebas sampah dan fasilitas perahu yang siap mengantarkan anda dengan rute dari taman prestasi hingga menuju ke Taman ekspresi dengan durasi waktu kurang lebih 15 menit – 20 menit.

Wisata air kalimas Surabaya di buka sampai malam hari, sehingga saran kami adalah mengunjungi tempat wisata surabaya ini menjelang sore hingga malam hari karena suasana udara yang tidak terlalu panas dan banyak cahaya lampion yang menambah keindahan malam di kota Surabaya.

Setiap perahu yang kita tumpangi sudah disediakan pelampung dan wajib di pakai saat naik ke perahu demi keselamatan dan keamanan walaupun di sungai tentunya bisa saja terjadi sesuatu.

Kawasan Kalimas berada di kota Surabaya dan ada banyak penjual makanan dan minuman, mall bahkan penginapan juga.

Detail rute tour perahu saat mengarungi Kalimas surabaya adalah

Menuju arah barat ke monumen Kapal selam (Monkasel) di jalan pemuda kemudian berbalik arah lewat Taman prestasi terus ke siola di jalan tunjungan, dari siola tadi perahu akan bersandar kembali ke taman prestasi.

Wisatawan akan di suguhkan pemandangan bunga -bunga di taman, lampu warna warni lampion, gedung – gedung kuno dll.

Lihat video terbaru mengenai Kalimas Surabaya dibawah

Hotel terbaik di Surabaya – Novotel Samator Surabaya Timur klik gambar di bawah

Novotel Samator Surabaya Timur, Hotel Modern Bintang 4 dengan Harga Mulai dari Rp. 600.000 / malam

Lokasi Kalimas Surabaya

Tempat wisata air ini berada di muara selat Madura.

Untuk jam buka nya sebaiknya juga melihat detail jam buka dari wisata air kalimas Surabaya di bawah ya, paling asyik kesini saat sore menjelang malam karena bisa melihat cahaya lampion yang indah

Jam buka Wisata Naik Perahu Kalimas Surabaya
NamaJam buka
1. Senin – Jumat08.00 am – 15.00
2. Sabtu08.00 am – 13.00 | 18.00 – 21.00
3. Minggu07.00 am – 12.00 | 18.00 – 21.00

Tiket masuk Wisata Kalimas Surabaya

HTM masuk kesini masih begitu terjangkau yakni hanya 4 ribuan saja

HTM Kalimas Surabaya
NamaHarga
Setiap hariRp.4.000

Wisata air Surabaya yang menampilkan pemandangan taman bunga, lampu lampion di alam terbuka Surabaya, jangan lupa untuk datang dan mencobanya sendiri di Kalimas Surabaya ya

Baca artikel lainnya : 6 Hotel di Surabaya Yang Bisa Di Pesan Tanpa Kartu Kredit dan Pembatalan Gratis

Demikian ulasan mengenai Inilah Penampakan Terbaru Kalimas Surabaya yang menjadi wisata air yang Menyenangkan, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Inilah Penampakan Terbaru Kalimas Surabaya yang menjadi wisata air yang Menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: