SHOPPING CART

close

Inilah Tempat Menarik yang bisa di kunjungi saat di Wisata Kota Tua Jakarta

Inilah Tempat Menarik yang bisa di kunjungi saat di Wisata Kota Tua Jakarta ? IG @petra_nia

Mau kemana saat liburan di Jakarta, tentunya ada banyak sekali pilihan wisata menarik di Ibukota ini mau ke tempat wisata yang modern, buatan, kuliner atau melihat gedung -gedung tua dan jalanan yang unik pastinya anda wajib untuk datang ke wisata kota tua jakarta yang sangat hits banget, lokasi ini memiliki beberapa tempat keren juga yang bisa anda lihat dan kunjungi, nah inilah tempat menarik yang bisa di kunjungi saat di wisata Kota Tua Jakarta.

Dimana lokasi Wisata Kota Tua jakarta ? bagi teman traveler yang ingin kesini bisa menggunakan kereta api, transportasi umum, kendaraan pribadi dimana lokasinya berada di jalan pinangsia, Taman sari Jakarta Barat. Wisata Kota Tua Jakarta memiliki cerita sejarah yang sangat kental, di tengah modernisasi sebagai Ibu kota ternyata terdapat lokasi yang masih terlihat seperti jakarta tempo dulu. Minat pengujung untuk datang kesini pun sangat positif sehingga kota tua jakarta menjadi salah satu Tempat Wisata di Jakarta yang Bagus.

Wisata kota Tua selalu di kunjungi banyak wisatawan karena terdapat banyak tempat menarik dengan cerita sejarahnya masing -masing, dulu kala kota tua ini menjadi pusat perdagangan di asia oleh Belanda tempat ini bernama Batavia, nah sekarang pastinya anda akan ingat pelajaran sejarah jama sekolah dulu kan!

Bagi teman traveler yang baru pertama kali kesini, mungkin masih bingung mau kemana saja ni saat di wisata kota tua Jakarta, selain menjadi tempat berfoto yang klasik.

Baca : 10 Hotel Terbaik Dekat Plaza Indonesia Jakarta Pusat

Inilah beberapa tempat menarik yang bisa di kunjungi saat di wisata Kota Tua Jakarta

1.Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia / IG @katriadiningtyas

Lokasi berada di jalan Pintu Besar Utara No. 3, Pinangsia, Tamansari
Jakarta Barat 11110

Jam buka :

  • selasa – jumat : 08.00 am – 15.30
  • Sabtu – minggu : 08.00 am – 16.00

Harga tiket masuk : Rp. 5.000 / orang

Saat pertama kali datang ke wisata kota tua Jakarta, jangan lupa untuk berfoto selfie di banyak spot yang tersedia ya, nah tempat menarik wisata kota jakarta pertama yang bisa di kunjungi adalah museum Bank Indonesia.

Dahulu kala tempat ini adalah rumah sakit dengan nama Binnen Hospital dan berubah pada tahun 1828 menjadi sebuah bank dengan nama De Javashe Bank (DJB). Setelah indonesia merdeka tepatnya di tahun 1953, bank ini diresmikan menjadi Bank Indonesia. Tahun 1962 karena membangun gedung baru dan mengalami perpindahan gedung ini berubah fungsi menjadi museum bank indonesia. Museum Bank Indonesia resmi dan di buka pada tanggal 21 Juli 2009. Museum ini bertempat di sebuah bangunan bersejarah di Kota Tua.

Sekilas mengenai Museum Bank Indonesia adalah saat memasuki areal lobi terlihat beberapa kaca patri yang berjumlah 324 yang sangat indah karya dari Atelier Jan Schouten, Delft, Belanda, pada periode 1922 – 1935. Terdapat banyak pengetahuan sejarah mengenai sejarah terbentuknya bank sentral ini.

Terdapat juga beberapa lukisan seperti seorang wanita dengan lambang kota batavia dan surabaya, barang antik, ruanga teater dengan kapasitas tempat duduk sekitar 40 orang, anda bisa melihat video tentang sejarah perbankan bank indonesia. Ingat satu hal saja museum bank indonesia tutup saat hari senin dan libur nasional.

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Lokasi berada di jalan taman Fatahillah No. 1 Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta

Jam buka :

  • selasa – jumat : 09.00 am – 15.00

Harga tiket masuk : Rp. 5.000 / orang

Selain museum Bank Indonesia anda pun bisa mengunjungi tempat menarik di wisata kota jakarta yakni museum Fatahilah atau di kenal juga dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau museum batavia. Begitu terkenalnya di kalangan pelajar dan juga untuk tiket masuk lebih murah yakni Rp.3.000 untuk pelajar, banyak wisatawan yang datang kesini ketika berada di wisata kota tua jakarta.

Sejarah singkat mengenai Museum Fatahillah adalah dahulu merupakan balai kota oleh Belanda dengan nama staghius, tempat ini juga menjadi kantor catatan sipil, pengadilan, tempat untuk beribadat dan tempat dewan kotapraja.

Kemudian tahun 1968, tempat ini diambil alih oleh Pemda Jakarta dan di resmikan menjadi museum sejarah jakarta ( Museum Fatahillah) diresmikan oleh gubernur menjabat Ali Sadikin pada tgl 30/03/1974

Apa yang bisa anda lihat di Museum Fatahillah ? terdapat 23.500 koleksi barang sejarah baik itu asli dan replika sebagian berasal dari museum jakarta lama. peninggalan sejarah masa kerajaan tarumanegara dan pajajaran, arkeologi, barang antik, keramik, prasasti dll. Museum Fatahillah juga memiliki penjara bawah tanah tempat para pejuang kita di tawan dan di siksa oleh kolonial belanda.

Bangunan Museum Fatahillah ini dibangun pada 1710 sebagai Stadhuis (balai kota) Batavia. lokasinya berada di sisi selatan Alun-Alun Fatahillah (bekas alun-alun kota Batavia) dekat Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Bangunan itu diyakini meniru Istana Dam.

Tepat di dekat Museum Fatahillah terdapat taman serupa lapangan yang luas dan selalu ramai sebagai tempat untu bersantai dan berfoto, bersepeda bagi pengunjung dan warga jakarta sendiri.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Lokasi berada di jalan Pos Kota Jakarta Barat, Jakarta

Jam buka :

  • selasa – jumat : 08.00 am – 15.00

Harga tiket masuk : Rp. 5.000 / orang

Tak Jauh dari Museum Fatahilah, teman traveler bisa mengunjungi museum Seni Rupa dan Keramik, dari namanya saja kita sudah bisa berasumsi jika tempat menarik di kota tua jakarta menyimpan banyak sejarah dan koleksi mengenai kesenian dan keramik jaman dahulu yang tak ternilai harganya. Ya benar sekali!

Awal mula di bangun oleh arsitek belanda bernama Jhe. W.H.F.H. van Raders di tahun 1870, sebagai kantor pengadilan, tahun 1949 gedung pernah menjadi tempat militer Nederlansche Mission Militer (NMM) oleh KNIL yang kemudian diserahkan kepada TNI sebagai tempat gudang logistik.

Dan juga tahun 1970 s/d 1973 pernah menjadi kantor wali kota jakarta barat, baru tahun 1976 gedung resmi menjadi balai Seni Rupa di resmikan oleh presiden Soeharto. kemudian tahun 1977 sebagian dari gedung ini dijadikan museum keramik.

Pada tahun 1990 oleh gubernur Ali Sadikin, balai seni rupa dan museum keramik secara resmi berubah nama menjadi museum Seni Rupa dan Keramik dan di kelola langsung oleh PemDa Jakarta

Ada apa saja di museum Seni Rupa dan Keramik ?

Disini terdapat beberapa ruang dari ruang serbaguna, ruang melukis dan ruang keramik. Teman traveler akan banyak melihat hasil karya seni dari seniman asli indonesia dari tahun 1.800 hingga sekarang. Wow jadi penasaran pengen banget meliihat karya – karya seni anak bangsa. Untuk lokasi museum Seni Rupa dan Keramik berada di bagian timur alun alun museum fatahilah.

4. Museum Wayang

Museum Wayang di kota tua jakarta ? IG @tlglia

Lokasi berada di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Jakarta

Jam buka :

  • selasa – jumat : 09.00 am – 16.30 (senin tutup)

Harga tiket masuk : Rp. 5.000 / orang

Museum Wayang adalah museum yang didedikasikan untuk wayang Jawa. Museum ini berlokasi di Kota Tua, Jakarta, Indonesia. Ini adalah salah satu dari beberapa museum dan galeri yang lokasinya menghadap ke Lapangan Fatahillah, yang meliputi Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan galeri seni Kantor Pos Kota.

Sejarah singkat tentang museum Wayang

Awal mula bangunan museum adalah situs gereja yang dibangun pada tahun 1640, dengan nama Gereja Belanda Kuno (Belanda: De Oude Hollandsche Kerk). Pada tahun 1732, gereja direnovasi dan namanya diubah menjadi Gereja Belanda Baru (Dutch: De Nieuwe Hollandsche Kerk). Pada 1808, gempa bumi menghancurkan gereja. Kemudian pada tahun 1912, sebuah bangunan dibangun dengan gaya Neo-Renaissance di situs tersebut, yang awalnya berfungsi sebagai gudang milik Geo Wehry & Co. Pada tahun 1938, bangunan itu direnovasi, mengikuti arsitektur kolonial Belanda. Taman Museum Wayang, yang terletak di bekas halaman gereja Belanda, adalah situs pemakaman Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen.

Kemudian bangunan itu dibeli oleh Masyarakat Seni dan Sains Batavia (Bahasa Belanda: Bataviasche Genootschap van Kunsten en Wetenschappen), sebuah lembaga yang menangani budaya dan ilmu pengetahuan Indonesia. Lembaga kemudian memindahkan bangunan ini ke Yayasan Batavia Lama (Belanda: Stichting Oud Batavia) dan pada 22 Desember 1939, dibuat museum dengan nama Museum Batavia Lama (Belanda: Museum Oude Bataviasche). Pada tahun 1957, setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan dipindahkan ke Institut Kebudayaan Indonesia (Indonesia: Lembaga Kebudayaan Indonesia) dan pada 17 September 1962, ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada 23 Juni 1968, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan bangunan itu sebagai Museum Wayang; pelantikan berlangsung pada 13 Agustus 1975.

Di museum wayang di kota jakarta ini teman traveler bisa melihat sejarah tentang wayang kulit dari jama kolonial belanda, tempatnya juga nyaman, terdapat toko souvenir, mushola dan toilet dalam areal museum.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa / IG @mbunaldiki_9

Lokasi berada di Jalan Maritim No.8 Sunda Kelapa, Jakarta Utara

Jam buka : 24 jam

Harga tiket masuk : Rp. 2.500 / orang

Tempat wisata menarik lainnya dekat dengan wisata kota Jakarta adalah pelabuhan Sunda kelapa. Pelabuhan ini pernah menjadi sejarah penting bagi bangsa indonesia karena sebagai tempat persinggahan dari kapal -kapal yang berasal dari luar negeri, kemudian pernah juga menjadi pelabuhan sebagai kegiatan berdagang.

Pelabuhan Sunda Kelapa juga berjasa mengenalkan kota Jakarta kepada dunia, dalam kegiatan berdagang banyak pelaut dari berbagai negara seperti dari tiongkok yang membawa kerajinan tangan keramik, kain sutera yang di tukar dengan rempah rempah.

Para pedagang dari India dan arab juga membawa kain dan minyak angin yang ditukarkan dengan rempah -rempah, hubungan dagang antar laut berjalan dengan lancara selama abad ke 16.

Walaupun sekarang aktivitas di pelabuhan sunda kelapa tidaklah seramai dahulu namun tempat ini tetap menjadi menarik karena teman traveler tetap bisa melihat kapal – kapal pinisi yang unik – unik, melihat pemandangan laut serta berfoto -foto dengan pilihan latar yang beragam.

Selain itu jika ingin berkeliling bisa menggunakan perahu nelayan setempat dengan kisaran harga Rp.50 ribu langsung bisa berkeliling di seputara area pelabuhan

Itulah tempat – tempat menarik di wisata kota tua jakarta yang bisa anda kunjungi walaupun masih ada lagi tempat menarik lainnya seperti museum bahari, stasiun kereta api kota dan toko merah, jadi siapkan stamina untuk traveling di kota tua jakarta yang penuh dengan sejarah ya.

Cari hotel mewah di dekat tanah abang Jakarta Pusat, klik gambar dibawah

Hotel Mewah Di Tanah Abang Jakarta Pusat – Shangri-La Hotel Jakarta

Kami juga ingin membagi informasi tentang beberapa tips berkunjung ke Kota Tua Jakarta antara lain adalah

  • Datang pada saat jam kerja saja : menjadi salah satu tempat wisata hits itu berat guys! jika akhir pekan atau hari libur pastinya akan ramai banget pengunjung yang ada, jadi jika anda tidak suka keramaian mending datang kesini pada saat jam kerja saja.
  • Wisata kota Tua jakarta memang sangat ramai jadi kita juga wajib berhati -hati atas tindakan kriminal seperti copet atau orang jahil, selalu hati -hati dengan barang bawaan anda saat kesini ya.
  • Pakai baju t-shirt yang mudah menyerap keringat karena cuaca disini cukup panas dan menyengat saat siang hari, waktu terbaik kesini adalah pagi hari dimana cuaca belum begitu panas, tidak begitu banyak orang jadi lebih puas menikmati suasana sambil berfoto selfie.
  • Yang takut hitam, bisa juga membawa tabir surya (lotion) untuk melindungi kulit anda dari teriknya matahari.

Baca artikel lainnya : Info Terbaru Wisata Keluarga Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan

Demikian ulasan mengenai inilah tempat menarik yang bisa di kunjungi saat di Wisata Kota Tua Jakarta, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Inilah Tempat Menarik yang bisa di kunjungi saat di Wisata Kota Tua Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: