Inilah Tips aktivitas traveling pada saat bulan Puasa Ramadhan, sudah tahu belum?

Melakukan hoby traveling atau jalan-jalan seketika terhenti  karena bulan puasa Ramadhan akan tiba. Alasan cukup simple aja anda takut cepat capek, takut tidak kuat terhadap godaan variasi kuliner, cuaca yang panas di luar sana dan lain-lain.
Tapi ternyata ada juga loh para traveler tetap melakukan aktivitas jalan-jalan sambil berpuasa dengan lancar, pointnya adalah tergantung niat kita dan persiapan kita sebelum melakukan aktivitas traveling.
 
foto:http://bisniswisata.co.id
 
 
InilahTips aktivitas traveling pada saat bulan Puasa Ramadhan, sudah tahu belum? meskipun bulan puasa tapi hobi akan aktivitas traveling karena sering melakukan aktivitas memiliki manfaat tersendiri bagi kepribadian kita loh ” baca artikel manfaat sering melakukan traveling”
Ada beberapa Tips menarik traveling Saat bulan puasa ramadhan biar traveling anda menjadi nyaman dan puasa tetap lancar, adlah sebagai berikut :
 
 
1. Awali dengan niat yang kuat
Apapun cerita dan alasannya kalau niat kita sudah kuat untuk berpuasa dari awal , segala jenis godaan itu pasti bisa dilalui. Dengan niat yang kuat juga dapat membantu fisik tubuh untuk tetap selalu bersemangat saat traveling sambil  berpuasa. Jadi kuatkan niat mu dulu traveler!
2. Menetapkan tujuan traveling
 
Melakukan aktivitas traveling atau jalan-jalan tidaklah selalu harus ke tempat yang jauh-jauh. Ini bisa dilakukan di wilayah atau daerah disekitar kita terlebih dahulu, pasti di sekitar kota yang kita tinggal ada tempat yang menarik untuk di kunjungi  dan cari tempat yang sesuai untuk dikunjungi dikala Ramadhan. Misalnya anda bisa berwisata religi ke beberapa masjid-masjid bersejarah dekat lokasi tinggal anda. Namun jika pengen traveling yang jauh juga tidak menjadi masalah sih, hanya anda harus lebih mempersiapkan segala hal seperti menyusun rencana objek wisata apa saja yang dikunjungi dan tidak akan mengganggu puasa anda.
3. Menyiapkan bekal atau Logistik Anda
 
Bekal atau logistik anda yang dipersiapkan menjadi sangatlah penting, terutama buat anda yang akan jalan-jalan ke tempat yang pastinya jauh dari lokasi tempat tinggal. Selain baju-baju , logistik makanan dan snack juga harus mencukupi. Ini bertujuan untuk  memudahkan anda untuk Sahur atau berbuka puasa dimana pun berada. terkadang mungkin saja anda masih di berada dalam perjalanan disebuah  bus ataupun mobil lainnya yang tidak menyghidangkan menu sahur atau berbuka. Jika terjadi hal seperti itu kita sudah ada makanan sendiri untuk itu dan tinggal menyatapnya.
4. Cobalah Untuk hanya membawa barang seminim dan senyaman mungkin
Aktivitas traveling dalam bulan puasa Ramadhan tentunya akan membuat kekuatan fisik kita sedikit berkurang ya, maka  dari itu usahakan membawa seminim atau membawa barang seperlunya saja kedalam tas anda agar tak gampang mudah capek saat membawanya nanti. Buatlah nyaman diri anda dengan barang bawaan seadanya dan tidak akan memberatkan bagi anda. Sehingga nantinnya tidak mudah letih dan sehingga puasa anda pun bisa berjalan dengan lancar dan afdol.
5. Utamakan untuk makan sahur
 
Terpenting dalam menjalankan puasa adalah kemana pun dan dimanapun anda berada, jangan pernah meninggalkan untuk makan Sahur terlebih dahulu . karena ini akan menjadi bekal paling utama sebelum melakukan aktivitas traveling anda.
Dengan begitu energi dan fisik kamu tetap ada, kondisi fisik tetap terjaga dan siap untuk traveling tanpa rasa lemas dan letih seharian.
6. Mengurangi melakukan aktivitas ekstrim (menguras energi)
 
Untuk para traveler atau petualang sejati yang suka menghabiskan waktu di alam bebas, Aktivitas Ekstrim menjadi agenda wajib bagi anda. Tapi jika dalam suasana puasa, sebaiknya kurangi lah kegiatan ini , gunanya puasa tidak menjadi terkendala akibat kegiatan traveling tersebut.
Coba lah mencari kegiatan yang lebih santai saja , misalnya mengunjungi tempat-tempat yang menarik lainnya yang tidak menguras tenaga fisik anda. Tapi jika anda tetap kekeh dan yakin ingin tetap melakukan aktivitas ekstrim tersebut, ya silahkan saja!!, tapi tetap untuk memperhatikan kekuatan fisik
anda ya dan jangan sampai mengganggu ibadah puasa anda, atau bisa juga untuk melakukannya ketika akan berbuka puasa, 2-4 jam sebelum berbuka puasa, untuk menjaga agar tingkat ketahanan kondisi fisik badan anda
7. Jangan Lupa Untuk tetap Ibadah
 
Ingat lah bahwa seseru apapun aktivitas traveling anda jangan pernah untuk lupa akan ibadah. Terutama Solat lima waktunya jangan di tinggalkan. Hal positif lainnya jeda solat juga bisa anda gunakan untuk mengambil waktu istirahat. Sehingga setelah beribadah, kondisi badan anda akan kembali bugar dan siap untuk melanjutkan aktivitas traveling.
 

artikel menarik lainnya :

03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajib kesana

8. Gunakan kecanggihan gadget anda untuk Ibadah saat aktivitas traveling
 
Gadget terutama smatphone anda jangan hanya digunakan untuk berinternet saja, mengambil foto dan dengarin musik saja.
 
Karena masih banyak lagi lo aplikasi-aplikasi yang bisa kamu install di gadget untuk mendukung ibadah kamu selama bulan  puasa. Coba install aplikasi yang religi seperti Al-Quran dan murratal. Ketika disaat sedang berada di tengah aktivitas traveling kalian bisa mendengarkan Murratal Qur’an dalam format Mp3 ataupun setelah solat anda bisa 
membaca Al-Quran digital melalui handphone kan. Sehingga aktivitas traveling kamu tetap menjadi menyenangkan dan ibadah juga tetap jalan dan lancar
 

 

Terimakasih semoga bermanfaat…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *