SHOPPING CART

close

Istilah Cardver Deposit dalam Hotel Saat Menginap

Istilah Cardver Deposit dalam Hotel Saat Menginap

Dalam dunia perhotelan kita mengenal istilah yagn satu ini walau barangkali ini merupakan bagian dari istilah perbankan namun kata card ver ini sering dipakai oleh hotelier dalam melakukan transakasi berupa deposit yang di lakukan oleh tamu dengan menggunakan kartu kreditnya. Informasi ini sangat berguna bagi anda yang bekerja dalam hotel bagian akunting dan front office bahkan bagi tamu yang menginap di hotel juga walaupun terkadang para tamu akan mudah untuk tidak mengerti dengan hal ini, ini lah yang menjadi tugas seorang hotelier (front office) untuk menjelaskannya berikut adalah istilah cardver deposit dalam hotel saat menginap

Sebagaimana di ketahui bahwa istilah deposit dalam menginap di hotel sudah banyak di terapkan oleh banyak hotel di indonesia bahkan luar negri. Nah, istilah deposit dengan menggunakan kartu kredit pun di perkenankan dan inilah dalam dunia perhotelan dan bank aslinya bernama Card Ver.

Apa itu Cardver ?

Cardver merupakan kepanjangan dari Credit Card Verification atau juga di sebut pre authorization adalah sebuah proses klarifikasi sejumlah dana dan pemblokiran dana pada kartu kredit dimana fungsinya ini adalah sebagai deposit tamu saat menginap di hotel tersebut.

Biasanya cara nya adalah

Proses pencadangan dana ini di lakukan oleh pihak saat tamu akan melakukan proses check-in di hotel, caranya dengan menggunakan kartu kradit tamu di menchant hotel yakni mesin EDC dengan cara menekan fungtion cardver, pertama kartunya akan di swipe atau di DIP blok untuk sementara dan akan re-lease otomatis dengan jangkan waktu 2 minggu (hari kerja)

Proses Cardver hampir mirip dengan transaksi sale hanya saja transaksi ini tidak akan tertagih pada tanggal penagihan seperti transaksi sale pada kartu kredit anda meskipun terkadang yang menggunakan sms banking akan mendapatkan notifikasi bahwa telah terjadi transaksi pembayaran pada saat itu namun sebenarnya itu hanyalah merupakan transaksi pending saja dan anda tidak akan tertagih oleh transaksi Cardver ini.

Istilah cardver ini di lakukan oleh pihak hotel sebagai deposit yang berguna untuk jaminan pembayaran buat tamu yang memiliki alasan tidak bisa membayar tagihan mereka.

Dan untuk proses cardver ini tidak sepenuhnya uang anda diambil oleh pihak hotel melainkan mereka masih memerlukan kartu kredit anda kembali untuk melakukan step transaksi berikutnya yakni OFF LINE untuk mengambil uang anda sepenuhnya.

Jadi sekali lagi bahwa Card Ver hanya mengurangi limit dari kartu kredit saja, dan pihak bank penerbit akan benar -benar menagihkan ke anda jika sudah melalui proses yang bernama off line dan ini biasanya harus persetujuan anda juga pada saat proses check-out dari hotel dimana anda memiliki tagihan tambahan yang harus di bayarkan dan pihak hotel bertanya apakah card ver anda ingin di pakai sebagai pembayaran tagihan ini atau tidak.

Baca : 10 Foto Terbaru wisata Hits Pura Taman Ayun Bali – Info Lokasi dan harga tiket masuk

Proses Cardver di hotel terkadang membuat para tamu yang menginap menjadi bingung dan tak jarang juga kerap melakukan complain karena uang mereka yang tak kunjung kembali namun sebenarnya proses ini hanyalah pemblokiran sementara pada limit dari kartu kredit nya dan bukan merupakan transaksi sale yang menyebabkan pihak bank penerbit akan menagihkan ke anda.

Jadi teman traveler yang pernah dan mengalami hal serupa dimana kartu kreditnya akan di lakukan proses card ver tidak usah bingung dan ragu ya, hanya saja kita tetap harus bertanya berupa jumlah nya jika itu melebihi limit dari kartu kredit anda sebaiknya tidak melakukannya karena akan menyebabkan anda tidak bisa memakai kartu kreditnya selama 2 minggu kedepan.

Jika terjadi kasus dana yang tertahan ternyata tidak kunjung release juga maka sebaiknya anda menghubungi hotel tersebut, dalam kasus ini pihak hotel aakan segera mengambil tindakan dengan menghubungi pihak bank mereka untuk melacak transaksinya dan melakukan proses released.

Proses release hanya bisa di lakukan oleh pihak bank dan bukanlah hotel dan untuk jangka waktu norman release adalah 14 hari kerja. So teman – teman sekarang tidak perlu kawatir lagi ya jika kartu kreditnya di gunakan untuk card ver sebagai deposit tapi jika anda tidak mau juga bisa memilih alternatif lain untuk menggunakan uang tunai sebagai jaminan deposit di hotel saja

Baca artikel lainnya : de JAVA Hotel Bandung, Hotel bintang 4 dekat Mall di Sukajadi Bandung

Demikian ulasan mengenai istilah Card Ver Deposit dalam Hotel saat menginap, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Lokasi dan harga hotel terbaik bandung (klik Gambar)

Info Terbaru Pilihan Hotel di bandung tahun 2020 – Harga dan Lokasi Terbaik
Tags:

0 thoughts on “Istilah Cardver Deposit dalam Hotel Saat Menginap

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: