SHOPPING CART

close

Istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur

Istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur

Begitu mudahnya bagi kita sekarang dalam pemesanan kamar hotel karena ada begitu banyak website yang menyediakan jasa pemesanan hotel yang lengkap dengan fitur-fiturnya seperti Agoda dan bookingcom. Namun dalam hal pemesanan kamar terdapat beberapa istilah yang tidak semua mengerti akan hal yang di maksud seperti tipe kamar double atau twin atau mengenai deposit atau waktu check-in atau check out, Nah kali ini kita akan mengenal lebih tentang istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur.

Pemesanan kamar hotel secara online sudah selesai namun pada saat check in terjadi masalah karena pemesanan kamar tidak sesuai dengan yang kita inginkan setelah dijelaskan oleh piha reseption ternyata kita salah memesan tipe kamar yang seharus double bed ternyata kita pesan yang twin bed. Ini adalah salah satu contoh dimana dalam pemesanan kamar hotel di perlukan pengetahuan sedikit atau setidaknya anda paham akan istilah dalam hotel terutama pemesanan kamarnya.

Sebelumnya bagi teman traveler yang mencari hotel secara online bisa langsung memesannya lewat booking.com saja karena disamping hargnya yang murah pemesanan jauh lebih mudah dan cepat.

Berikut adalah Istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur

1. Istilah tipe kamar hotel

Hal ini menjadi dasar dalam pemesanan kamar hotel dimana tipe kamar yang ingin dipesana secara online, untuk umumnya di setiap hotel memiliki 3 tipe mendasar yakni tipe superior, Deluxe dan family

– Superior room

Untuk superior biasa di ketegorikan sebagai tipe standar kamar di suatu hotel dan memiliki harga yang lebih murah di antara tipe kamar lainnya. Cocok buat yang datang berdua atau berpasangan

– Deluxe room

Adalah tipe kamar menengah dimana memiliki luas yang lebih besar dari tipe superior dan cocok banget untuk teman traveler yang datang secara bertiga dan ingin menambahkan tempat tidur tambahan atau istilahnya extrabed

– Family room

Tipe yang satu ini begitu luas sehingga dinamakan family atau keluarga jadi cocok banget untuk stay yang berlibur bersama keluarga biasanya juga kamarnya memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu serta 2 kamar mandi pribadinya.

Untuk hotel kelas bintang 4 keatas biasanya memiliki tipe kamar di atas family seperti executive atau jenis villa dengan 1 kamar tidur itu artinya kamarnya sangat luas dan muat untuk keluarga atau yang datang secara bergroup.

2, Tipe bed

Pada saat pemesanan kamar secara online pastikan juga anda memilih tipe bed yang tepat ya jangan salah memilih karena jika pada saat anda check-in dan salah dalam memilih tipe bed biasanya anda harus membayar tambahan ekstra jika harus mengganti tipe bed kamarnya.

Dalam istilah pemesanan kamar hotel umumnya ada 3 tipe bed yang di jual yakni tipe double, twin dan triple bed

  • Double Bed artinya kamarnya di isi dengan satu tempat tidur king besar yang muat untuk 2 orang, cocok buat yang berpasangan atau yang sudah menikah.
  • Twin Bed artinya kamarnya di isi dengan 2 tempat tidur single yang terpisah jadi yang datang berdua tapi tidak berpasangan bisa memilih tipe twin bed
  • Triple bed artinya kamar di isi dengan 3 tempat tidur singel terpisah yang muat untuk 3 orang sekaligus.

3. Konfirmasi Booking / Itinerary / reservasi letter

Jika proses pemesanan kamar anda sudah berhasil biasanya anda akan mendapatkan konfirmasi booking yang terkirim langsung ke email pribadi anda, beberapa agent seperti mengeluarkan voucher juga, nah pada saat check-in nanti pihak reseptionis akan menanyakan mengenai Konfirmasi Booking / Itinerary / reservasi letter ini dan anda wajib menunjukkannya.

4. Check in time

Check in time artinya anda boleh masuk kehotel pada saat waktu yang telah di tetapkan misalkan waktu check-in adalah jam 3 sore jadi anda akan masuk ke kamar pada jam 3 sore

Baca : The Great Asia Africa, Wisata hits terbaru di Lembang Bandung – Info lengkap lokasi, atraksi dan harga tiket masuk

5. Check-out time

Check-out time artinya anda diwajibkan untuk meninggalkan kamar pada waktu yang telah di tetapkan, biasanya check-out time hotel adalah jam 12 siang, jika waktu tersebut anda belum check out juga maka pihak hotel akan bertanya lagi apakah anda ingin memperpanjang waktu tinggal anda dan harus membayar lagi.

7. Late Check-out

Istilah ini adalah anda ingin meninggalkan hotel lebih lama tidak sesuai dengan waktu check-out hotel, untuk hal ini anda harus membayar ekstra uang dan harus melaporkannya ke pihak reseptionis terlebih dahulu.

8. Deposit pada saat check in

Hal ini tidak banyak orang yang tahu karena tidak di sebutkan saat memesan kamar hotel secara online namun pada saat check in di hotel biasanya mereka menerapkan kepada pihak tamu untuk menaruh deposit sebagai garantied saja kemudian uang deposit ini akan di kembalikan pada saat check out nanti.

Untuk deposit bisa menggunakan uang tunai atau menggunakan kartu kredit, nah untuk kartu kredit biasanya pihak hotel akan memblock saja sejumlah uang pada limit kartu tersebut dan akan tereleased secara otomatis jika tidak terpakai selama tinggal di hotel tersebut.

Istilah memblock kartu kredit tersebut adalah CardVer ( card verifikasi). Proses ini bukanlah transaksi melainkan hanya proses pemblockan sejumlah uang dalam limit kartu anda yang bertahan paling lama 2 minggu saja.

9. Concierge atau Bellman

Untuk penanganan barang dan koper, anda bisa langsung meminta bantuan concierge atau bellman karena pihak hotel selalu menyediakan pelayanan barang ke kamar begitu pula sebaliknya pada saat check-out nanti bisa langsung meminta pelayanan ini untuk membawa barang – barang anda keluar dari kamar.

10. Istilah pilihan bersantap di Hotel

Breakfast artinya sarapan yang di laksanakan di resturant pada hotel

Buffet breakfast artinya pilihan sarapan hotel berupa prasmanan jadi semua makanan akan di pajang di counter dan anda tinggal memilih jenis makanan yang disukai

Continental breakfast artinya pilihan sarapan pagi dimana terdapat menu pilihan dan harus memesan terlebih dahulu pada pihak pelayan hotel

Room service artinya layanan pilihan makanan yang diantar ke kamar langsung biasanya layanan kamar suatu hotel buka selama 24 jam

Room charge artinya bill makanan dan minuman akan di masukan langsung ke rekening kamar anda dan bisa membayarnya pada saat check-out nanti.

Baca artikel lainnya : Pemesanan Hotel Secara Online di Indonesia dan Kota Tujuan Liburan Anda

Demikian ulasan mengenai istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Istilah dalam Hotel yang mesti anda ketahui saat menginap di tempat tujuan berlibur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: