SHOPPING CART

close

Keindahan Dan Sejarah Tempat Wisata Terkenal Pura Tanah Lot di Bali 2019

Keindahan Dan Sejarah Tempat Wisata Terkenal Pura Tanah Lot di Bali 2019

Pura Tanah Lot adalah salah satu ikon wisata Bali yang wajib anda kunjungi ketika liburan di Bali, tak lengkap rasanya meninggalkan bali jika tidak berkunjung ke Pura Tanah Lot Bali. Pura Tanah Lot merupakan fenomena alam dimana sebuah pura yang berdiri cantik di atas batu karang besar yang terpisah dari daratan bali, tempat wisata ini sangat indah untuk di lewatkan. Namun di balik keindahan dari tempat suci tersimpan cerita magis awal mula berdirinya Tanah Lot di tabanan Bali, simak Keindahan Dan Sejarah Tempat Wisata Terkenal Pura Tanah Lot di Bali

Sejarah Pura Tanah Lot Tabanan Bali

Banyak cerita mitos mengenai asal usul dari Pura Tanah Lot yang perlu di ketahui mengenai terbentuknya Pura Tanah Lot Bali ini salah satu kisah yang terkenal adalah pada jaman dahulu mengisahkan perjalanan suci dari Blambangan (pulau Jawa) ke Pulau Bali dari seorang pendeta suci yang bernama DangHyang Nirartha dalam tugasnya menyebarkan agama Hindu di pulau dewata, masyarakat Bali juga menyebut nama Beliau dengan sebutan DangHyang Dwijendra atau Pedanda Sakti Wawu Rauh. dimana pemimpin atau raja di Bali pada saat itu adalah Raja Dalem Waturenggong pada abad ke-16 Masehi.

Sejarah Pura Tanah Lot Bali di dalam buku Dwijendra Tatwa di jelaskan suatu ketika Dang Hyang Nirartha kembali ke Pura Rambut Siwi dalam perjalanannya ke pulau Bali dan untuk pertama kali tiba di pulau Dewata dari Blambangan di tahun saka 1411 atau 1489 masehi, awal mula perjalanan beliau saat berhenti di Pura Rambut Siwi di daerah Singaraja dan melakukan upacara Surya Cenawa dengan masyarakat lokal di sana kemudian Beliau mulai melanjutkan perjalanan kembali mengelilingi Bali.

Dang Hyang Nirartha sangat menikmati perjalanan selama di Bali, beliau sangat mengagumi keindahan bali pada masa itu terutama pada pesisir pantai selatan Bali, Dang Hyang Nirartha mempercayai kebesaran dan kekuatan Ida Sanghyang Widi Wasa yang telah menciptakan dunia dan isinya untuk kehidupan makhluk hidup didalamnya dan sudah kewajiban kita sebagai manusia untuk hidup dan selalu menjaga, berterimakasih atas pemberian yang sangat istimewa ini.

Dalam perjalanannya yang panjang di Bali, tibalah perhentiannya dari Dang Hyang Nirartha di sebuah pantai dengan batu karang dengan terdapat mata air. Waktu itu batu karangnya bernama Gili Beo yang memiliki arti Gili sebagai pulau kecil dan Beo berarti burung, jadi Gili Beo memiliki arti pulau kecil yang memiliki bentuk seperti burung.

Gili Beo berada dalam kawasan Desa Beraban yang memiliki pemimpin yang sakti disini kita panggil saja ketua beraban sakti. Disinilah Dang Hyang Nirartha melakukan perhentian dan beristirahat. Warga lokal sekitar mendengar akan kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dan banyak dari mereka yang ingin bertemu dengan membawa beberapa persembahan untuk beliau.

Dang Hyang Nirartha di tawarkan untuk menginap di rumah – rumah mereka namun Dang Hyang Nirartha lebih memilih untuk menginap di Gili Beo karena beliau lebih senang menikmati udara segar dengan pemandangan yang indah yang datang dari seluruh penjuru mata angin.

Beliau tetap mengajarkna agama dan moral kepada warga lokal di sana yang datang saat malam hari, kehadiran dan informasi kedatangan Dang Hyang Nirartha terdengar sampai ke telinga ketua Beraban Sakti yang tidak senang akan ajaran -ajaran Dang Hyang Nirartha, sanga ketua beraban Sakti sangat marah dan berusaha mengusir Dang Hyang Nirartha dari Gili Beo

Dang Hyang Nirartha pun menggunakan kekuatannya untuk melindungi diri sendiri dan pengikutnya, Gili Beo di pindahkan agak ketengah laut dan menciptakan ular yang berasal dari selandang untuk menjaga Gili Beo agar tetap aman dari serangan – serangan jahat terutama dari Ketua Beraban Sakti.

Melihat keajaiban itu, sanga ketua beraban sakti pun mengakui dan menyerah, akhirnya menjadi pengikut setia dari Dang Hyang Nirartha untuk menyebarkan agama Hindu kepada masyarakat, Gili Beo pun berubah nama menjadi Tanah Lot yang berarti terdapat tanah di Laut.

Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris sakti kepada Ketua Beraban Sakti, keris bernama Jaramenara (keris Ki Baru Gajah) keris pusaka ini di simpan di Puri Kediri. Dang Hyang Nirartha menghimbau agar di bangunkan sebuah Pura diatas karang Tanah Lot juga yang kita lihat sampai hari ini. Beliau juga mengatakan bahwa Kawasan Pura Tanah Lot adalah tempat yang sangat baik untuk memuja Tuhan dengan manifestasinya sebagai Dewa laut untuk memberikan keselamatan dan kesejahteraan dunia.

Baca : 10 Tempat Kuliner Babi Guling Gurih dan Enak di Bali

Keindahan Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot menjadi salah satu tempat wisata hits yang ada di Tabanan Bali, tempat wisata memiliki fasilitas yang lengkap dari tempat parkir yang sangat luas, tempat belanja oleh – oleh seperti baju, souvenir, lukisan, gantungan kunci dll, ada juga restoran, Bank, toilet umum dan masih banyak lagi.

Jika anda masuk lebih dalam lagi anda akan di manjakan dengan pemandangan laut lepas yang sangat indah dengan tebing yang menjulang, hal ini menjadi spot foto terbaik yang bisa anda ambil saat berada di Pura Tanah Lot.

Untuk pusat Pura Tanah Lot sendiri kita bisa mengambil foto lebih dekat di tengah jika air tidak pasang maka diperbolehkan untuk mendekati pura untuk berfoto tapi tidak sampai masuk dalam areal pura suci ini.

Disini juga terdapat goa kecil dimana kita bisa melihat ular suci yang di percaya menjaga kesakralan dan kesucian dari pura tanah lot, ular – ular laut ini sangat beracun jadi harus berhati – hati dan pastikan seijin dari pawang yang ada di sana jika ingin mengambil fotonya ya.

Untuk Lokasi Pura Tanah Lot berada di Desa Beraban tabanan dekat dengan tempat wisata Pantai Kedungu, dari arah Bandara Ngurah Rai dan Kuta memerlukan waktu sekitar 40 menitan saja. Disekitar Lokasi Wisata juga terdapat banyak Hotel yang berdiri yang bisa anda pesan jika ingin berlibur di dekat Pura Tanah Lot, untuk rekomendasi hotel dekat tanah lot adalah Luxury Boutique Hotel Bali, Villa Mewah Dengan Kolam Renang di Tanah Lot Tabanan Bali

Galery dari Kawasan Tanah Lot Bali cek di bawah ya

Demikian info singkat saya mengenai salah satu tujuan wajib tempat wisata yang sangat terkenal bukan saja di Indonesia melainkan di dunia yakni
Keindahan Dan Sejarah Tempat Wisata Terkenal Pura Tanah Lot di Bali

Tags:

0 thoughts on “Keindahan Dan Sejarah Tempat Wisata Terkenal Pura Tanah Lot di Bali 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: