SHOPPING CART

close

Keindahan dari Tempat Wisata Alam Danau Batur Kintamani Bangli

Keindahan dari Tempat Wisata Alam Danau Batur Kintamani Bangli

Keindahan Bali bukan saja dari budaya nya saja namun bersinergi dengan keindahan dari alamnya, saat berjalan ke bali timur anda akan melihat hal ini salah satu contoh nyatanya adalah keindahan dari tempat wisata alam Danau batur Kintamani Bangli

Apakah teman traveler yang sedang mencari tempat wisata hits di Bali timur ?

Menjadi salah satu danau terindah yang berada di lereng gunung yang masih aktif di Bali yakni gunung Batur. Danau batur memiliki keindahn tersendiri dan telah di akui oleh dunia, jadi pastikan anda datang untuk menyaksikan sendiri keindahan dan cantiknya danau yang merupakan danau kawah yang terletak di Kintamani kabupaten Bangli Bali.

Tepatnya 20 september 2012, keindahan danau batur di kintamani masuk dalam network geopark Unesco dalam konfrensi geopark ke 11 yang diadakan di Portugal. Danau batur menampilkan keindahan alam dan memiliki banyak hal menarik yang bisa anda lihat selepas menginjakan kaki di danau ini.

Tempat wisata Danau Batur Kintamani di Bali dikelola dengan baik dari tempat parkir, tempat belanja dan faktor penunjung lainnya , ada banyak penginapan yang berdiri di sekitar lokasi wisata danau Batur Kintamani bangli untuk rekomendasi hotel yang murah dan nyaman silahkan buka Mapa Lake View Bungalow , Black lava hostel atau Toya Devasya Wellness Resort

Tempat wisata hits di Bali ada begitu banyak jumlahnya dan tak heran Bali selalu menjadi best destinasi yang ada di Indonesia, salah satu tempat menarik yang bisa anda kunjungi adalah Danau batur Kintamani Bangli yang sangat indah dan asri. Danau ini berada di lereng Gunung batur, spot foto menarik bisa didapatkan disini, Gunung batur juga merupakan tempat wisata di bai yang menarik untuk melakukan trekking , banyak wisatawan yang mencoba trekking gunung batur setiap harinya untuk melihat sunrise sempurna di pagi hari.

Baca : 10 Hotel Di Ubud Bintang 4 Dengan Review terbaik Untuk Liburan Nanti

Tentang Keindahan Danau Batur Kintamani Bangli

Mitos legenda terbentuknya danau batur

Keindahan dari Danau batur yang sekarang sangat hits di Bali tak lepas dari cerita rakyat seperti terbentukanya danau tangkuban bahtera di bandung. begini ceritanya

Cerita Legenda terbentuknya Danau Batur Kintamani

Dahulu kala sebelum terbentuknya danau batur, di sebuah desa dengan penduduknya berencana untuk mendirikan sebuah tempat suci dimana dalam agama Hindu disebut Pura

Di desa tersebut hidup pula seorang raksasa yang bernama Kebo Iwo dengan memiliki kekuatan sakti mandraguna. Dalam pertemuan kebo Iwo dengan kepala Desa dalam pembicaraan sang kepala desa meminta bantuan kepada Kebo Iwo untuk membantu mereka membuat sebuah Pura.

Kebo Iwo pun setuju dengan syarat jika sanggup membantu dia meminta untuk di sediakan makanan yang enak dari penduduk desa. Penduduk Desa setuju dan sepakat dengan perjanjian tersebut, penduduk desa pun meminta lagi selain Pura juga di bangun rumah yang bagus untuk penduduk desa.

Akhirnya Pura dan rumah berhasil di bangun Kebo Iwo, penduduk pun memberikan upeti sesuai kesepakatan di awal perjanjian, waktu berjalan akhir kebo iwo dan penduduk desa memiliki hubungan pertemanan yang terbilang baik.

Sampai akhirnya waktu dimana terjadi musim kemarau yang panjang dan persediaan makanan susah untuk didapat oleh penduduk desa, menipis bahkan sampai tidak ada.

Karena musim hujan tidak kunjung datang, persediaan makanan penduduk desa pun habis, datang lah Kebo Iwo untuk meminta jatah makanan sesuai kesepakatan. Sang ketua desa pun meminta maaf kepada Kebo iwo dan berkata tidak bisa lagi menyediakan makanan untuk dia karena musim yang buruk untuk bertani dan menanam sayuran.

Sang raksasa kebo iwo pun naik pitam dan menghancurkan Pura dan rumah yang pernah dia bangun, penduduk desa merasa panik, ketakutan dan mengungsi kehutan

Dalam masa pengungsian di Hutan, sang ketua desa mulai berpikir untuk kembali berbaikan dengan Kebo Iwo, mereka akan menyediakan makanan langsung dari hutan

Akhir bertemulah kembali dengan Kebo Iwo dalam pembicaraan kedua ini, penduduk desa meminta bantuan untuk menyelamatkan hasili panen, ternak dari bahaya kelaparan dan kekeringan dengan membantu mereka membuatkan sebuah sumur yang bisa mengairi sawah dan kebun mereka, dan membanguna kemabli rumah dan pura yang telah di rusaknya.

Kebo iwo menyanggupi permintaan mereka dan tetap meminta untuk menyiapkan makanan atas hasil kerja payahnya. Sinkat cerita kebo Iwo berhasil membangun apa yang yang menjadi permintaan penduduk desa.

Dalam pengerjaan membuat sumur, kebo Iwo menjadi sangat bersemangat, sumur yang di bangun pun sangat dalam dan ketika merasa lelah Kebo iwo tertidu di dalam sumur yang digalinya sendiri.

Dam tidurnya ternyata sumur yang digalinya mengeluarkan air yang deras dan semakin tinggi namun kebo iwo tetap saja tertidur.

Sampai air yang keluar memenuhi sumur dan membuat Kebo Iwo terbangun dan tidak bisa bernapas dan keluar dari sumur yang digali dan Kebo Iwo pun mati karena kehabisan nafas.

Air yang keluar dari dalam gua semakin deras dan keluar kepermukaan sampai membentuk sebuah danau yang disebut danau batur sedangkan gundukan tanah yang digali Kebo iwo mengeras dan membantu membentuk sebuah gunung yang bernama Gunung Batur.

Itulah cerita singkat legenda mengenai terbentuknya Danau dan Gunung Batur Kintamani bangli.

Baca : 10 Tempat Wisata hits dan Kekinian di Bandung, Update 2019

5 Fakta Mengenai Danau batur Kintamani Bali

Booking.com
  • Danau Batur adalah sebuah keindahan alam yang sangat nyata dimana sebuah perpaduan danau yang luas di padu dengan latar gunung yang terbentang tinggi, air danau nya merupakan sumber kehidupan bagi manusia, flora dan founa yang hidup di sekitar lokasi wisata.
  • Dibali sendiri terdapat beberapa danau yang mirip seperti danau batur ini seperti danau beratan yang ada tabanan, danau tamblingan di buleleng. baca Info Lengkap, Lokasi dan Harga Tiket Terbaru di Tempat wisata Danau Beratan Bedugul Tabanan ya.
Pura Ulun Danu Batur Kintamani
  • Danau batur menjadi danau yang terbesar yang ada di Bali, danau ini berada di pegunungan dengan ketinggian 1.060 mdpl dengan luas danau mencapai 16 km2. dalam wikipedia kedalaman danau batur mencapai 60 meter.
  • Keindahan dari danau batur kintamani ini telah mendunia, tempat wisata ini menjadi wisata wajib bagi wisatawan mancanegara, bahkan Danau batur telah menjadi global geopark dari Unesco yang perlu dijaga dan di pelihara.
    jika diperhatikan warna air danau terkadang berubah -ubah ini di karenakan terdapat kandungan belerang yang terendap pada dasar danau.
  • Melihat keindahan sempurna dari atas tepat di desa penelokan, desa ini berada lebih tinggi dari lokasi danau batur dan merupakan spot sempurna untuk melihat keselurahan keindahan danau batur.

Baca : Inilah 12 Danau Terindah Yang ada di Indonesia, Apakah anda pernah ke sana?

Spot Wisata di Danau Batur Kintamani Bangli

Danau Batur telah menjadi tempat wisata yang sangat terkenal di Bali, banyak hal yang bisa anda lakukan dan spot wisata yang bisa di kunjungi

1 . Naik Boat berkeliling dan Memancing di Danau

Danau ini terdapat fasilitas naik perahu untuk melihat lebih dekat dan merasakan air danau yang bersih dan dingin, hal ini tidak gratis ada biaya yang harus di bayar untuk naik perahu disini.

Harga sewa perahu boat di Danau batur hampir sama dengan yang ada di danau beratan bedugul yakni kisaran Rp.500.000 / perahu yang menampung 10 orang langsung.

Selain berkeliling menggunakan perahu kegiatan lainnya anda bisa melakukan aktivitas memancing disini, ada banyak jenis ikan disini dari ikan Nilla, mujair, ikan gabus dll.

Lokasi yang tenang dan sejuk bahkan ada tempat penyewaan pancing di sini jadi ga perlu repot – repot membawa perlengkapan pancing.
Harga sewa pancing Rp. 10.000/ hari

Danau Batur Kintamani / IG @ria_wulandari

2. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu di Bali ada 2, satunya bernama Puran Ulun danu beratan di daerah tabanan dan Pura Ulun danu batur berada dekat danau batur Kintamani bangli.

Tempat wisata Pura Ulun Danu batur adalah pura terpenting setelah Pura Besakih bagi umat hindu di Bali, pura ini juga menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke danau batur nantinya.

Pura ini adalah wujud perlindungan dari Dewi danu, dewi sungai dan danau batur, pura luamyan besar terdiri dari 9 pura dengan 285 paviliun dan candi, baca detail mengenai Objek wisata Pura Ulun Danu Batur

3. Berendam di Permandian air panas alami Toya Bungkah

Permandian air panas ini merupakan wisata air alami yang sangat diminati oleh banyak wisatawan yang datang ke danau batur selain Toya devasya Kintamani.

Lokasi yang tidak jauh dari danau batur, sambil berendam dengan menikmati pemandangan danau dan gunung batur, mantul banget pokoknya

Untuk dapat berendam di Toya Bungkah, memerlukan biaya masuk dengan harga Rp.15.000 / orang

4. Desa Trunyan Bali

Tepat tak jauh dari danau batur anda bisa langsung mengunjungi desa (bali Aga) Trunyan yang bisa digapai dengan menggunakan perahu untuk mencapai lokasi desa.

Desa Terunyan bali memang sangat terkenal akan proses pemakaman mayat yang di letakan begitu saja namun tidak berbau sampai berbentuk tengkorak. Desa terunyan memang sangat terkenal di dunia. baca Desa Trunyan Bali

Itulah spot wisata dan hal menarik yang bisa dilakukan di Danau Batur dan yang tak kalah penting adalah danau batur memiliki banyak spot foto instagramnya juga.

Baca : 10 Hotel Populer dan Terbaik di Nusa Dua Bali, Update 2019

Lokasi Danau Batur Kintamani

Tempat wisata Danau Batur berada di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli-Bali

Untuk mencapai tempat ini jika anda berada di Kuta akan memakan waktu sekitar 2-3 jam berkendara. Lokasinya yang berada di pegunungan dan sering terjadi hujan membuat kita harus membawa pakaian yang tebal, baju ganti dan payung jika diperlukan.

Lokasi akuratnya langsung cek Google Maps

Harga Tiket Masuk tempat wisata Danau Batur Kintamani Bangli 2019

Harga Tiket Masuk tempat wisata Danau Batur Kintamani Bangli 2019

Berapa harga tiket masuk ke Danau Batur Sekarang ?
Untuk dapat menikmati keindahan danau batur tentunya kita akan dikenakan biaya tiket masuk dan parkir kendaraan.

Tiket masuk danau batur update 2019 ini adalah Rp.15.000 / orang dan Rp.5.000 / parkir mobil

Jika anda ingin mengetahui harga tiket masuk di tempat wisata lainnya yang tersebar di bali, cek langsung di Info Lengkap Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bali

Baca artikel lainnya : 10 Objek Wisata Air Terjun Indah dan Keren di Pulau Bali, Travelers harus Kesini

Demikian ulasan mengenai Keindahan dari Tempat Wisata Alam Danau Batur Kintamani Bangli, semoga selalu bermanfaat. Yuk di share artikelnya. Terimkasih.

Tags:

0 thoughts on “Keindahan dari Tempat Wisata Alam Danau Batur Kintamani Bangli

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: