Kesenian Jegog Di Desa Sangkaragung Jembrana Bali

Booking.com

 

Seni dan budaya memnag tak sanggup dipisahkan dengan masyarakat Bali, hampir disudut darahnya niscaya ada suatu tradisi maupun seni budaya yang unik, seru dan menarik untuk di tonton yakni Kesenian Jegog Di Desa Sangkaragung Jembrana Bali. Seperti di Desa sangkaragung ini mempunyai kesenian Jegong yang merupakan salah satu seni budaya yang masih dilestarikan sampai dikala ini.
Kesenian Jegong atau sanggup disebut dengan kesenian karawitan Jegog merupakan ciri khas yang mengatakan banyaknya keaneka ragaman kekayaan kebudayaan Bali. Sudahkan anda mengetahui kesenian kali ini ? bagi yang belum tahu maupun yang sudah tahu tentunya tak ada salahnyauntuk mengulas kembali kesenian yang amat menarik ini.
Kesenian Jegog yaitu kesenian yang dipertunjukkan dengan alat musik yang berbahan dasar dari pohon bambu. Jangan bayangkan alat musik ini menyerupai halnya angklung, dilihat dari ukurannya saja alat musik ini cukup besar dan bunyi yang dihasilkan sungguh sangat merdu. Oh iya, 90 persen materi yang dipakai untuk membuat alat musik ini ialah batang bambu.
Lebih jelasnya ketebalan yang terbesar yaitu 2 cm, dengan panjang 300 cm serta berdiameter 18 cm. Pada umumnya, kesenian Jegong dimainkan oleh dua kelompok yang mana saling mengatakan kekuatan dan bersaing bermain musik terhadap kelompok yang lain.
Warga setempat menyebutnya dengan istilah “Mebarung”, dan tak jarang kesenian ini ditambah dengan kreatifitas tari-tarian dan juga lagu-lagu oleh para kelompok. Maka tidak mengherankan kalau membuat suatu karya seni yang  begitu fantastis, ramai, seru dan alami. Jangan heran ketika kesenian jegong ini dilaksakan berbagai turis maupun wisatawan domestik berbondong-bondong untuk menonton keseruannya.
Saat ini, tercatat setidaknya ada 56 kelompok seni Jegog yang berada di seluruh pelosok Pulau Bali, kelompok Suar Agung merupakan salah satu dari banyaknya kelompok seni Jegog yang berada di Desa Sangkaragung. Desa ini berjarak sekitar 5 km disebelah timur Kota Negara, dilihat dari para pesertanya ialah  pata petani Bali yang mengisi waktu senggangnya dengan bermain Jegog.
Kesenian Jegog ini sangat terkenal dimata para wisatawan mancanegara, yang khususnya wisatawan dari Jepang yang rutin menyaksikan kesenian Jegog dan dipraktekkan didaerah maupun negara asal mereka dengan suasana visualistik nan alami.
Jika pembaca ingin menyaksikan kesenian Jegog sanggup menuju ke Desa Sangkaragung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Indonesia.

 Baca artikel lainnya :

Objek Wisata Taman Air Desa Gumbrih – Wisata Alam Menarik di jembrana Bali

Demikian ulasan mengenai Kesenian Jegog Di Desa Sangkaragung Jembrana Bali , yuk di share artikelnya – terimakasih