Keunikan Dan Keindahan Daerah Wisata Taman Sari Jogja – Yuk Kesana

Booking.com

Sebelum menjadi daerah wisata Jogja, Taman Sari merupakan sebuah keraton yang dibangun oleh pangeran Mangkubumi sebagai sentra pemerintahan Kesultanan Ngayogyakarta Hidiningrat. Keraton ini dibangun dengan membentang di antara Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis. Keunikan Dan Keindahan Daerah Wisata Taman Sari Jogja – Yuk Kesana

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta
Sebagai sumbu tengah imajer, Taman Sari merupakan sebuah titik pola pembangunan keraton merupakan umbul atau mata air, yang dipakai untuk menghormati jasa para istri sultan yang telah membantu selama peperangan.
Sultan memerintah Demak Tegis seorang arsitek berkebangsaan Portugis sebagai mandor untuk membangun sebuah mata air yang terletak di 500 meter dari selatan keraton.

 

Istana sultan ini dikelilingi dengan danau buatan serta dengan embel-embel harum dari bunga yang ditanam di sekeliling pulau buatan yang kini dikenal dengan nama taman sari.

 

Taman Sari Yogyakarta
Di Taman Sari Jogja ini ada sebuah gapura panggung yang dijadikan singgasana oleh sultan untuk melihat tari-tarian. Kolam pemandian ini, dulunya hanya diperbolehkan untuk raja dan keluarganya, dimana terdapat tiga bak pemandian yaitu, umbul kaitan untuk bak pemandian putra-putri raja, umbul pamancaur yang dipakai untuk para selir raja, dan umbul pangurasyang dipakai untuk bak pemandian raja.

Keunikan dan Keindahan Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta
Di Taman Sari Jogja, terdapat sebuah periuk cermin yang dipakai oleh istri-istri Sultan untuk berdandan. Benda yang telah berusia sekitar 200 tahun ini masih utuh ibarat ketika dibuat. Di kamar Sultan juga terdapat tiga tangga yang dibentuk dengan kayu jati sehingga masih terlihat ibarat gres sampai sekang.
Menuju gapura agung, anda akan melihat sebuah kereta kencana yang dipakai oleh Sultan dan keluarganya, serta gapura dengan ornamen bunga dan sayap burung yang sangat indah dan asli.

Tak ketinggalan di Taman Sari Jogja anda juga akan melihat daerah raja bersemedi, dimana suasana di daerah ini sangat sunyi dan hening, sehingga ditempat ini Sultan sanggup memikirkan rakyatnya supaya tetap sejahtera.

Di areal Taman Sari Jogja, anda juga akan melihat senjata perang, baju perang dan daerah pensucian keris pada jaman dahulu yang dipakai oleh prajurit dalam berperang.
Taman Sari Yogyakarta

Di dalam Taman Sari Jogja anda juga akan sanggup melihat sumur Gumuling dan Gedong Kenongo. Untuk menemukan daerah ini anda harus melewati sebuah lorong sebagai penghubung antara Keraton dan Pulo Kenongo.

Lorong bawah tanah ini dibentuk lebar, alasannya dulunya dipakai untuk berjaga-jaga kalau keraton dalam kedaan genting. Keluar dari lorong penghubung, anda akan melihat Pulo Kenongo yang ditumbuhi oleh bunga sehingga mengharumkan suasana yang ada.

Taman Sari Yogyakarta

Tak ketinggalan, di Taman Sari ini Jogja terdapat sebuah masjid yang dipakai oleh raja dan keluarganya untuk melaksanakan sholat. Dimana pada bangunan masjid mempunyai dua tingkat dengan desain sisi akuatik.

Taman Sari Yogyakarta
Dan untuk menuju sentra masjid, anda harus melewati lorong yang gelap. Di sentra masjid ini anda akan melihat 5 anak tangga yang berdiri dengan kokoh dan agung, sehingga apabila anda berdoa di sini akan mencicipi khusyuk.

 

Taman Sari Yogyakarta

Gedung Kenongo merupakan sebuah gedung tertinggi yang ada di Taman Sari Jogja ini, dimana gedung ini dipakai untuk daerah makan Sultan dan keluarganya. Tak hanya sekedar daerah makan sultan raja, di gedung Kenongo anda juga sanggup melihat sunset yang sangat indah dan mempesona secara jelas. Serta di gedung Kenongo ini anda juga sanggup melihat seluruh daerah yang ada di Taman Sari Jogja.

Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari mempunyai luas sekitar 10 hektar yang terdiri dari 57 bangunan ibarat pemandian, pulau buatan, jembatan gantung, danau buatan, taman indah, lorong bawah tanah, kanal air, dan beberapa gedung yang unik dan menarik serta memilki arsitektur yang khas orang jawa, Eropa, Cina, Islam, Hindu, dan Budha.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Dengan harga tiket sebesar 3 ribu saja anda sudah sanggup menikmati keindahan dan keunikan dari Taman Sari Jogja ini. Jika anda menggunakan jasa pemandu wisata maka anda akan dikenakan biaya sebesar 25 ribu, tentunya ini harga yang murah, alasannya anda akan diajak bekeliling sambil dijelaskan wacana seluk beluk dari setiap ruangan yang ada di Taman Sari ini.

Taman Sari Yogyakarta
Tempat wisata Jogja yang dibuka dari jam 08.00 sampai 14.00 akan sangat memuaskan bagi anda, alasannya keindahan dan keunikannya akan menambah pengetahuan anda. Jika anda ingin berfoto di Taman Sari Jogja, tentunya ada banyak spot foto yang unik dan menarik, sehingga akan menghasilkan gambar yang keren.

Akses dan Lokasi Taman sari Yogyakarta

Taman Sari Terletak di Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah spesial Yogyakarta 55133, Indonesia. Masih di Tengah Pusat Kota Jogja.
Untuk jalan masuk Taman Sari sangat mudah, kalian sanggup berjalan kaki 15 menit dari keraton/alun-alun jogja. atau sanggup menggunakan Becak dengan biaya Rp 10,000. kalau kalian menggunakan kendaraan langsung jangan khawatir soal Parkiran. pihak pengelolah menyediakan lahan parkir yang sangat luas. sanggup menampung banyak kendaraan termasuk bus Pariwisata.
Mengenai Fasilitas Taman Sari, banyak warung atau Rumah Makan tersedia di depan gerbang. sanggup kalian manfaatkan untuk beristirahat ketika sudah akibat mengelilingi Taman Sari. demi menjaga keasrian Taman Sari kalian jangan membuang sampah sembarangan ia. buang sampah ditempat yang di sediakan.
Bagaimana infomasi seputar taman sari, tertarik kalain mengujungi Wisata Taman Sari yang ada di Jogja, wisata yg cocok buat keluarga alasannya kalian akan mengetahui sejarah yang terjadi di taman sari dari gosip pemandu wisata yang ada di taman sari. rugi banget kalau kalian tidak memanfaatkan pemadu di taman sari. semoga infomasi ini jadi acuan buat kalian yang ingin berlibur ke taman sari.



Booking.com