Kolam Air Panas Yang Konon Mempunyai Kegunaan Sembuhkan Penyakit

Foto: Pemandian Alam Air Panas Lejja di Soppeng (Zulkipli Natsir/detikTravel)

Soppeng – Berendam di bak air panas tentu sanggup bikin rileks. Selain itu, ada pula bak yang konon airnya sanggup menyembuhkan penyakit kulit.

Kabupaten Soppeng berada di Sulawesi Selatan, berjarak 200 km di utara Kota Makassar. Soppeng menyimpan objek wisata yang tak kalah menarik dengan yang ada di sekitar Kota Makassar.

Pemandian Alam Air Panas Lejja misalnya, merupakan andalan pariwisata Soppeng yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. detikTravel baru-baru ini berkunjung ke sana. Pemandian ini berada di daerah hutan lindung berbukit dengan panorama yang indah dan alami di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, Soppeng.

Perjalanan ke pemandian sanggup ditempuh sekitar 1 jam dengan jarak kurang lebih 44 km ke utara dari sentra kota Watansoppeng yang merupakan ibu kota Kabupaten Soppeng.

 

(Zulkipli Natsir/detikTravel)(Zulkipli Natsir/detikTravel)

Di Pemandian Alam Air Panas Lejja, suhu air dari sumbernya sanggup mencapai 60 derajat Celsius. Pemandian yang mengandung sulfur ini pun dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit kulit sampai rematik.

Dengan kemudahan yang cukup memadai, khusus bagi para wisatawan yang mau menginap tak perlu khawatir, alasannya ialah di sekitar lokasi sudah berjejeran pondok penginapan.

Biayanya pun cukup terjangkau, cukup membayar Rp 300 ribu untuk pondokan yang di dalamnya disiapkan 2 kamar tidur dengan beserta kemudahan lainnya.

Selain itu, lapangan tenis sampai balai wisata yang kerap dijadikan lokasi pertemuan yang sanggup menampung sampai 300 orang pun tersedia di tempat ini.

 

(Zulkipli Natsir/detikTravel)(Zulkipli Natsir/detikTravel)

Berlanjut ke bak pemandian, sudah dipetak-petakkan sesuai kondisi dan harapan pengunjung tentunya. Ada bak privat berukuran 3×3 meter sebagai kemudahan di rumah panggung.

Kemudian untuk pemandian umum terdapat 5 petak bak dengan suhu atau kedalaman yang berbeda. Ada bak khusus cukup umur bahkan dengan papan loncatan, juga bak khusus buat balita.

Berjalan setapak dengan ratusan tangga kecil di sekitar lokasi bak umum menuju bukit, traveler sanggup melihat sumber air panasnya. Di sana kita sanggup menemukan bebatuan yang dialiri air panas yang mengeluarkan asap yang di hulunya terdapat lubang tempat keluarnya sumber air dengan diameter 60 cm.

 

(Zulkipli Natsir/detikTravel)(Zulkipli Natsir/detikTravel)

Sumber air tersebut terlihat muncul dari balik akar pohon besar. Di lubang ini, telur pun sanggup matang hanya dengan mencelupkannya selama 20 menit. Di sinilah sumber air panas pemandian yang lalu dialirkan dan ditampung ke kolam-kolam itu berasal.

Untuk masuk ke area wisata pengunjung pribadi diarahkan petugas yang berjaga di gerbang untuk pendaftaran dan membayar karcis. Harganya Rp 12.500 per orang cukup umur di hari libur dan Rp 10 ribu di hari kerja, sedangkan untuk anak cukup membayar Rp 3 ribu per orang.

 

(Zulkipli Natsir/detikTravel)(Zulkipli Natsir/detikTravel)

Icha, salah seorang pengunjung lokal yang ditemui di lokasi mengaku tak pernah bosan mendatangi wisata ini.

“Ini ialah tempat wisata favorit saya. Tidak sanggup lagi dihitung saya liburannya ke sini. Selain rindang, sejuk, pokoknya alami deh, ini buat kita betah di sini,” ungkap mahasiswi elok ini.

 

BAca artikel lainnya : 

Pedestrian Wisata Sudirman Palembang – Tempat Nongkrong Anak Muda yang Keren dan Menarik

 

cek langsung deal harga hotel di makassar :


Booking.com

 

Terimakasih