SHOPPING CART

close

Lagi Liburan di Pontianak, inilah 10 Tempat Wisata Terbaru Dan Paling Hits di Kota Pontianak

Booking.com
Lagi Liburan di Pontianak, inilah 10 Tempat Wisata Terbaru Dan Paling Hits di Kota Pontianak

 

Kota Pontianak adalah kota terpanas guys hehe, ini karena garis katulistiwa melintas tepat di kota yang dipisahkan oleh 3 sungai besar yakni sungai kapuas besar, sungai kapuas kecil dan sungai landak. Hal ini membuat pontianak memiliki banyak sekali wisata alam dan wisata buatan yang semakin populer, Lagi Liburan di Pontianak, inilah 10 Tempat Wisata Terbaru Dan Paling Hits di Kota Pontianak. Mari kita cek satu persatu ya.

Dalam batas negara yang di ambil dari web wikipedia di terangkan bahwa Pontianak memiliki batas wilayah di mana pada bagian utara berbatasan dengan Siantan dan mempawah dan bagian selatan berbatasn dengan sungai raya, kubu raya, sebelah timur berbatasn dengan sungai ambawang dan kubu raya dan teakhir barat adalah berbatasan dengan sungai kakap dan kubu raya. Kalimantan memang sangat terkenal dengan sungai – sungai besar yang melintasi di setiap kota.

Tentunya karena sangat kaya akan alam dan sumber daya alamnya pontianak menjadi sebuah kota yang maju jika di lihat dari ekonominya, bidang perdagangan dan pertanian berkembang dengan pesat dan berbanding lurus dengan pariwisata, ada banyak tempat wisata terbau dan hits yang terdapat di pontianak

Kota ini layak menjadi salah satu destinasi wisata di indonesia karena memiliki alam yang indah, kebudayaan yang kompleks serta tempat wisata yang keren dan bagus untuk di kunjungi.

 

Simak 10 tempat wisata terbaru dan hits yang adadi Pontianak kalimantan barat

1. Wisata Pantai Pasir Panjang

Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang

Tempat wisata Pantai Pasir Panjang berada di di 17 km dari kota Singkawang, keindahan dari tempat wisata ini adalah pasir putih yang bersih, air lautyang kebiruan serta penampakan batu besar yang merupakan spot foto instagrmable terbaik.

Pantai pasir panjang merupakan wisata paling hits yang ada di Pontianak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah bermain voli, bola, berenang dan berjemur sambil melihat pemandangan laut yang indah.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata pantai pasir panjang adalah saat pagi maupun sore hari jangan lupa untuk selalu membawa tabir surya untuk melindungi kulit anda ya.

Pantai Pasir Panjang
Alamat : Jalan Pasir Panjang No.89, Sedau Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163
Jam buka : 24 jam
Tiket masuk : Rp. 10.000 / orang

Di sekita tempat wisata sudah terdapat fasilitas pendukung seperti hotel, restaurant dan beberapa toko souvenir guys.

2. Wisata Taman alun-alun Kapuas

Wisata Taman alun-alun Kapuas

Berada di jalur sungai besar kapuas , taman alun -alun kapuas di bangun yang bertujuan sebagai tempat wisata berkumpul , santai bersama keluarga terutama saat malam hari taman alun -alun kapuas mulai di banjiri oleh banyak pengunjung guys.

Wisata taman Alun – alun Kapuas memiliki luas mencapai 3 hektar dibangun disebelah kantor walikota dengan desain tubuh hati katulistiwa di salah satu sudutnya, disini juga tersedia banyak tempat duduk yang bisa di gunakan untuk bersantai sambil melihat pemandangan sungai kapuas.

Taman Alun- alun kapuas juga merupakan tempat untuk hunting foto karena banyak spot instgramble di sini. Paling asyik kesini adalah saat sore menjelang malam. Terdapat juga banyak penjual makanan di minuman di sekitar lokasi tempat wisata.

Taman Alun-alun Kapuas
Alamat : jalan Rahadi Usman Kota Pontianak (tepat di sebelah sungai Kapuas)
Tiket masuk : gratis

Baca : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Wisata Bali Swing Yang Bisa Memacu Adrenalin Anda

3. Keraton Kesultanan Kadariyah

Keraton Kesultanan Kadariyah, sumber : http://syawalcueexs.blogspot.com

Tempat wisata sejarah berikutnya terbaru dan hits di pontianak adalah Keraton Kesultanan Kadariyah yang di bangun sejak tahun 1771 guys. tempat wisata hits ini menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah dari kerajaan Kadariyah, terdapat silsilah kerajaan dan pernak pernik kerajaan lainnya.

Di Keraton Kesultanan Kadariyah terdapat meriam kuno saat masa kolonial portugis dan Jepang dll yang masih terjaga dengan baik. Bangunan Keraton sebagian besar berwarna kuning dan terbuat dari kayu belian, kayu asli kalimantan kuat seperti besi. Disini juga terdapat sebuah alquran yang di tulis oleh sang sultan sendiri.

Keraton Kesultanan Kadariyah
Alamat : jalan Tj. Raya No.1, Dalam Bugis Kota Pontianak

 

4. Rumah Betang Pontianak

Rumah Betang Pontianak. Sumber : https://terokaborneo.com

Tempat wisata budaya berikut ini bernama Rumah Betang Pontianak, menyuguhkan sebuah rumah adat dari suku asli kalimantan yakni suku dayak, rumah adat yang sangat unik dan cantik dengan panjang sekitar 138 meter. Rumah Betang di sini adalah berupa replika namun memiliki interior dan arsitektur yang sama dengan aslinya yang di tempati dengan suku dayak di kalimantan

Didalam rumah betang pontianak terdapat lukisan – lukisan khas suku dayak yang sangat cantik, rumah beting ini juga sering menjadi tempat festival adat istiadat budaya dayak seperti naik dango dan perayaan pesta panen padi, selain itu kegiatan menari sering di adakan di Rumah Betang ini.

Tempat wisata rumah beting sangat terawat dengan baik sehingga jika ada wisatawan yang datang tetap akan merasakan kenyamanannya.

Rumah Betang Pontianak
Alamat di Jalan Sutoyo Pontinak ( bersebelahan dengan gedung Perpustakaan Daerah atau hanya sekitar 150 meter dari rumah dinas Gubernur Kalbar )

5. Wisata Agro Wisata Aloe vera Center

Wisata Agro Wisata Aloe vera Center

Tempat wisata ini merupakan pengembangan tanaman aloe vera atau lebih di kenal dengan nama lidah buaya, karena seperti yang di ketahui bahwa tanaman lidah buaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Disini aloe vera banyak di kembangkan menjadi produk olahan minuman, dodol, jelly kerupuk dll

Bagi pengunjung yang datang kesini akan diperkenal mengenai penanaman Aloe vera, melihat kreasi hasil pengolahan Aloe Vera Center Pontianak dan wisata kulinernya. Produk – produk yang di hasilkan di sini sudah diekspor ke berbagai negara seperti brunei, malaysia.

Aloevera center, Pontiana
Berada di jalan Budi Utomo No.29, Siantan Hilir, Pontianak Utara.

6. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Salah satu ikon wisata dari kota Pontianak yakni Tugu khatulistiwa merupakan wisata hits dan paling wajib untuk di kunjungi saat datang ke Pontianak, sebagaimana di ketahui bahwa garis khatulistiwa melintasi tepat di kota ini dan di buatkan tugu sebagai tanda sekaligus tempat wisata untuk berfoto yang instagrmable di Pontianak.

Tugu Khatulistiwa terbuat dari 4 pilar yang kuat berdiri, dibuat dari jaman belanda yang mengalami kesempurnaan sampai sekarang. Untuk informasi saja garis khatulistiwa yang melintasi bumi itu berada di hanya 22 negara dimana salah satunya adalah indonesia di kota Pontianak.

Tugu Khatulistiwa
Alamat di jalan Khatulistiwa Siantan Batu Layang, Pontianak Utara

 

7. Tugu Digulist (Tugu Bambu Runcing)

Tugu Digulist (Tugu Bambu Runcing), Pontianak

Tugu Digulist atau di sebut tugu bambu Runcing , tugu ini tegak berdiri yang terdiri dari berbagai macam ukuran bambu sebanyak 11 bambu runcing dengan warna kuning, tugu Digulist melambangkan kegigihan dan hebatnya perjuangan pejuang pada masa lampau di kalimantan barat.

Tempat wisata hits yang memiliki sejarah kuat ini terdapat dokumen tentang rakyat pontianak yang berjuang melawan penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan, cocok banget mengambil foto dengan latar tugu Digulis di pontianak

Tugu Digulist
Alamat di jalan A.Yani Pontianak (tepatnya di sebelah bundaran Tanjungpura atau yang sering disebut juga bundaran Untan)

8. Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman

Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman. By IG @kartikasunu

Merupakan saksi sejarah berdirinya kota pontianak sekarang ini, Masjid Sultan Syarif Abdurrahman adalah masjid tertua yang ada di Pontianak pula dibangun pada tahun 1778, dengan arsitektur yang unik menggunakan 6 tiang besar dari kayu belian dengan diameter yang besar guys, masjid ini mampu menahan jemaah sekitar 1.500.

Dahulu kala Pontianak pernah berdiri sebuah kerajaan besar dan salah satu peninggalan sejarah tersebut adalah Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, Masjid agung ini berada dekat dengan sungai kapuas yang membentang, sungai kapuas merupakan sungai besar terpanjang seindonesia.
90 % bangunan masjid terbat dari kayu kuat kayu belian ini, selalu ramai di kunjungi jemaah saat sholat jumat dan hari – hari besar agama islam.

Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman merupakan salah satu wisata religi yang hits untuk di kunjungi di kota Pontianak guys.

 

9. Bodhisatva Karaniya Metta

Bodhisatva Karaniya Metta. By IG @callvin_cheung

Bodhisatva Karaniya Metta merupakan sebuah klenteng pemujaan dari agama budha di Pontianak , merupakan bangunan denga desain yang artistik tionghoa dengan dominasi warna merah dan kuning keemasan, dahulu kelenteng ini bernama kelenteng tiga atau Thian Hou Keng dibangun sejak zaman dinasti Kang Hie (1645 – 1772)

Bangunan kuli ini merupakan bangunan sejarah sekaligus budaya dari kependudukan orang pontianak yang majemuk. Bangunan dari Bodhisatva Karaniya Metta terdiri dari tiang dan rangka bangunan yang di buat dari kayu kuat ulin dengan warna merah dan kuning keemasan yang indah. Terdapat 3 pintu utama pada kuli ini dengan lukisan dewa – dewa Kong Hu Chu dan pada dinding dan altar terdapat lukisan dan patung denga makna tentang filosofi kehidupan.

Walaupun masih sebagai tempat beribadat . kuil ini di buka untuk berwisata dengan tetap mengikuti aturan yang telah di tetapkan yakni tetap sopan, tidak ribut dll

Bodhissatva Karaniya Metta
Alamat: Gang Makmur Jaya, Komplek Kapuas Indah, Siantan Hilir, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
Provinsi: Kalimantan Barat

 

Baca artikel lainnya :

05 Tempat Destinasi Wisata Bali Paling Terkenal Dan Terbaru Yang perlu Anda ketahui

10. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak

Museum yang satu ini merupakan wisata budaya yang hits  sekaligus edukasi yang cocok buat wisata keluarga karena di Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak memiliki beberapa koleksi geografika atau geologika yakni seperti Peta dan jenis batu -batuandari koleksi biologika, arkeologika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok, dll.

Barang koleksi di Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak juga berasal dari berbagai negara seperti China, Vietnam, Jepang sampai Eropa guys. Ada masih banyak lagi koleksi lainnya yang sangat menarik untuk di lihat dan di kenal.

Dalam Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak memiliki beberapa aktivitas yang bisa di lakukan seperti kegiatan pameran, karya tulis, survei, ceramah, sarasehan, sosialisasi, penelitian dll. Semua peniggalan sejarah di sini sangat di pelihara dengan hati -hati dan baik. Jika anda liburan ke Pontianak wisata ke Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Pontianak bisa menjadi rekomendasi anda.

Demikian ulasan mengenai lagi liburan di Pontianak, inilah 10 Tempat Wisata Terbaru Dan Paling Hits di Kota Pontianak, semoga selalu bermanfaat guys. Happy traveling.

Tags:

0 thoughts on “Lagi Liburan di Pontianak, inilah 10 Tempat Wisata Terbaru Dan Paling Hits di Kota Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share