SHOPPING CART

close

Lagi Liburan ke Banjarmasin, Kunjungi 10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin ini ya

Booking.com
Lagi Liburan ke Banjarmasin, Kunjungi 10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin ini ya

Pulau Kalimantan atau lebih di kenal dengan nama Borneo adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dan terbagi menjadi beberapa provinsi dan kota, salah satu kota yang akan kita kunjungi kali ini adalah Banjarmasin, tentu saja 17sekians akan memabahas tempat -tempat menarik yang bisa anda kunjungi saat liburan nanti karena sangat hits dan populer guys, simak 10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin ini ya

Wisata Banjarmasin sendiri ada beraneka ragam dari wisata alam, religi sampai wisata buatan, Kota yang terkenal dengan makanan soto banjar nya yang bisa anda nikmati di warung soto Bang Amat menyimpan banyak potensi wisata yang yang bisa di eksplore guys. Yuk kita simak tempat wisata di kota dengan seribu sungainya di Bajarmasin berikut.

10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung

Anda yang lahir di tahun 80an tentunya ingat betul salah satu jargon iklan yang di ngat di salah satu stasiun yakni RCTI dimana menampilkan sebuah pasar terapung dan ibu -ibu yang mengacungkan jempol “RCTI OKE”. Ya benar sekali lokasi pembuatannya itu berada di pasar terapung Banjarmasin.

Kini Pasar terapung tetap menjadi andalan tempat wisata yang selalu ramai dan hits di sini, keunikan tempat wisata pasar terapung adalah bagaimana merasakan sensasi naik perahu kecil sambil bertransaksi melakukan pembelian dengan penjual juga di atas sungai

Pasar terapung banjarmasin mulai buka nya pagi hari sampai pukul 08.00am, jadi anda harus bangun pagi ya untuk menuju Pasar Terapung Banjarmasin. Di Banjarmasin sendiri terdapat 2 lokasi pasar terapung guys yakni

– Pasar Terapung Muara Kuin
Pasar ini merupakan pasar tradisional yang berada di sungai Barito di muara sungai kuin

– Pasar terapung Lok Baitan

Pasar tradisional ini berada di sungai martapura dan merupakan yang paling ramai pengunjungnya, banyak produk yang di jual di sini seperti sayur mayur, ikan, kue, buah -buahah dll. Pasar terapung lok Baitan berjarak sekitar 10 km dari salah satu hotel terkenal di banjarmasin yakni Swiss-belhotel borneo Bajarmasin, hotel ini memiliki fasilitas tour gratis ke Pasar terapung lok baitan juga guys.

2. Wisata Pulau Kembang

Wisata Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan pulau kecil yang berada di tengah – tengah sungai barito, pulau ini merupakan tempat wisata di mana kita akan melihat banyak kera atau monyet yang berkeliaran dengan bebas, jika di bali tempat wisata serupa adalah Monkey Forest Ubud guys.

Menurut kepercayaan penduduk setempat bahwa terdapat monyet besar di sini yang dipercaya sebagai pemimpin dari monyet -monyet yang ada di Pulau Kembang. Jika anda kesini juga di harapkan untuk berhati -hati karena ada pula monyet yang jahil di sini dan suka mengambil barang pengunjung, cara triknya adalah bawalah makanan atau buah ke sini sehingga para monyet teralih perhatiannya ke makanan yang di bawa.

Pulau kembang merupakan pulau kecil dengan luas 60 Ha yang hanya di huni oleh kera dan beberapa species lainnya, di sini juga terdapat bekantan (kera langka berhidung mancung dengan ekor panjang khas pulau kalimantan) lokasi adminitratifnya berada di wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala

Cara menuju ke lokasi Pulau Kembang

Bisa melalui sungai Martapura dengan menyewa perahu kecil dengan harga kisaran Rp.300.000/perahu atau Rp.35.000/orang dimana anda harus menunggu penumpang penuh baru perahunya jalan dengan maksimal penumpang 12 orang/perahu

Baca : Best Western kindai Hotel, City Hotel Modern di Dekat Kota Banjarmasin

 

3. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Banjarmasin, tepatnya di Jantung Kota dengan view langsung sungai Martapura. Masjid Masjid Raya Sabilal Muhtadin menjadi salah satu tujuan wisata religi wajib bagi wisatawan yang beragama muslim.

Tujuan utama di bangun Masjid megah ini adalah bentuk penghormatan kepada ulama besar bernama Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, lama pembangunan mAsjid adalah dari tahun 1974 – 1979. Masjid Masjid Raya Sabilal Muhtadin mampu menampung jemaah sebanyak 7.500 orang pada bagian dalam dan pada halaman bisas menampung 7.500 orang.

Struktur bangunan masjid terdiri ata bangunan utama dan menara, luas bangunan utama 5.250m2 terdiri atas ruang tempat ibadah 3.259 m2 dan ruang bagian dalam dengan sebagian memiliki lantai 2 dengan luas 2000 m2. Di bagian dalam terdapat juga kantor MUI cabang Kalimantan selatan.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Alamat : Jalan Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah
No. Telpon : Telepon: 0511. 3353 380

 

4. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Merupakan tempat bersantai buat keluarga dan teman yang senang untuk nongkrong bersama sambil menikmati keindahan kota dan sungai besar Martapura di Banjarmasin, tempat wisata keluarga ini bernama Taman Siring Sungai Martapura, wisata kota ini selalu ramai di kunjungi muda mudi banjarmasin bahkan wisatawan yang sedang berlibur di banjarmasin pun juga kesini guys.

Taman Siring ini sudah tertata dengan rapi dan baik, terdapat banyak tempat duduk dan terdapat trekking untuk berjalan kaki, tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk mengambil foto instagrmable, terdapat juga menara pandang dimana kita bisa melihat pemandangan sungai martapura dari ketinggian.

Taman Siring Sungai Martapura
Gadang, Banjarmasin Tengah, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

5. Taman Maskot Banjarmasin

Taman Maskot Banjarmasin

Banjarmasin memiliki 2 ikon maskot yakni Bekantan dan Pohon Kasturi, salah satu taman yang hits di banjarmasin adalah taman maskot banjarmasin, taman ini berada di pusat kota banjarmasin dan mempunyai aneka macam jenia pohon seperti beringin, kelapa sawit dan pohon kasturi, tampak juga tumbuhan kaktus yang tertata denganr rapi dalam pot.
Di taman Maskot tepat di pintu masuknya terdapat patung besar seekor bekantan , banyak pengunjung yang mengabadikan patung ini di dalam media sosial sehingga membuat taman maskot menjadi tempat wisata yang di kenal banyak orang

Alamat: Jalan Kapt Tendean No.22/64 Sungai Baru,, Banjarmasin Tengah banjarmasin

 

7. Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

Anda menyukai barang mulia seperti batu mulia, perhiasan intan dan berlian, di Banjarmasin tepatnya di Martapura terdapat sebuah tempat menjual benda – perhiasan bernama Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat.

Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat adalah tempat berbagai jenis intan, permata dan batu mulia di perjual belikan guys, tempat belanja sangat hits dan populer di Banjarmasin sampai keluar kota pula, harga – harga yang di tawarkan juga bervariasi dari puluhan ribu sampai miliyaran rupiah.

Saat baru masuk ke lokasi pasar, anda akan langsung melihat puluhan ruko -ruko yang berjejer dengan berbagai macam perhiasan batu permata dab batu mulia. Iya walaupun anda tidak berbelanja setidaknya dapat menambah pengetahuan mengenai batu permata di sana ya.

 

8. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah merupakan masih tertua dan bersejarah dimana penyebaran agama islam pertama kali di lakukan di banjarmasin. Sejarah mengatakan bahwa dahulu semua orang banjar adalah beragama hindu, kemudian atas penyebaran agama islam dari pemerintaha sultan Suriasyah maka di bangun lah masjid sebagai tempat ibadah, kemudian tempat ini bernama Masjid Sultan Suriansyah.

Masjid Sultan Suriansyah hampir berusia 5 abad guys merupakan tergolong wisata religi kuno, bangunan masjid yang menyerupai rumah adat dari suku banjar yang artistik yakni rumah panggung dengan atap menyerupai tumpang, keunikan dari tempat wisat religi ini adalah mihrab atau tempat imam salat yang atapnya dibiarkan terpisah dengan atap bangunan utama dari masjid.

Masyrakat di sana juga menamakan masjid Sultan Suriansyah dengan sebutan masjid Kuin karena letaknya berada persis di tepi sungai kuin.

Masjid Sultan Suriansyah
Alamat: jalan Kuin Utara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70127

 

Baca artikel lainnya : 

6 Hotel Terbaik Bintang 4 Yang Ada di Banjarmasin, Kalsel

 

9. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan by IG @klikpromote

Salah wisata belanja baju khas banjarmasin adalah pergi ke Kampung Sasirangan. yang belum mengetahui Sasirangan adalah kain tradsional khas kalimantan selatan, banyak wisatawan yang membawa kain ini sebagai oleh – oleh. Jika di jawa ada batik maka di sini ada batik sasirangan.

Bentuk sasirangan di sini ada berbagai variasi seperti kemeja, dompet, gantungan kunci, sandal dll, anda juga dapat menyaksikan langsung pembuatannya karena di sin juga terdapat pengrajin sasaringan yang berada di rumah – rumah warga.

Ciri khas batik sasaringan adalah dari segi warna yang cerah guys, anda bisa membeli batik sasirangan dalam bentuk baju, celana atau sarung.

 

10. Museum Wasaka

Museum Wasaka by IG @banjarmasinbanget

Selain wisata alam dan wisata religi yang hits, banjarmasin juga memiliki wisata budaya yang mengadung sejarah dari negara ini, tempat ini adalah sebuah museum yang bernama museum Wasaka yang merupakan motto pada masa perjuangan rakyat kalimantan selatan yakni waja sampai kaputing artinya tetap semangat dan kuat dari awal hingga sampai akhir.

Dimuseum Wasaka ini terdapat koleksi -koleksi sejarah jama perjuangan dahulu seperti senjata api milik belanda, foto – foto saat perjuangan bahkan terdapat teks proklamasi dengan isi yang berbeda karena dulu ceritanya kalau kalimantan selatan belum masuk dalam NKRI, tetapi rakyat kalsel berkeinginan penuh untuk menjadi sati kesatuan dari negeri ini.

Museum Wasaka
Alamat: Sungai Jingah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122
Jam buka : 07.00 am – 12.00

Demikian ulasan mengenai Lagi Liburan ke Banjarmasin, Kunjungi 10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin ini ya, semoga selalu bermanfaat selalu. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Lagi Liburan ke Banjarmasin, Kunjungi 10 Tempat Wisata hits di Banjarmasin ini ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share