SHOPPING CART

close

Liburan Raja Ampat Papua – Berikut adalah Budget yang harus di siapkan

Liburan Raja Ampat Papua – Berikut adalah Budget yang harus di siapkan

Salah satu keindahan surga itu ada di Raja Ampat, iya banyak orang yang mengatakan seperti itu, begitu indahnya negeri ini yang masih masuk dalam wilayah indonesia. Tapi guys! mau kesana ternyata tidak semudah yang di bayangkan dalam hal ini adalah biaya yang harus di keluarkan, banyak juga yang bilang sangat mahal untuk dapat berlibur ke Raja Ampat. Sebenarnya berapa hitungan biaya yang harus kita siapkan untuk bisa merasakan keindahan kepingan surga ini. Simak liburan Raja Ampat Papua dengan budget yang harus disiapkan.

Sebelum hitung – hitungan mengenai budget yang harus disiapkan untuk bisa liburan ke Raja Ampat, mari kita membahas tentang keindahn Raja Ampat yang menjadi destinasi liburan dunia ini ya

Keindahan Raja Ampat, Papua Barat

Rupanya keindahan raja ampat lebih di kenal terlebih dahulu oleh wisatawan mancanegar dibandingkan domestik guys, begitu indahnya negeri ini dengan kecantikan alam dan kekayaan bawah lautnya. Raja Ampat merupakan salah satu 10 situs diving (meneyelam) terbaik yang ada di dunia. Memang untuk wisata diving bagi wisatawan domestik belum begitu banyak yang menyukainya tapi bagi wisatawan dunia khususnya eropa, wisata diving sangat digemari dan memang lumayan menelan biaya juga untuk melakukan wisata diving guys.

Wisata Raja Ampat memang mengandalkan alamnya yang masih perawan dan asri, kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis yang paling kaya didunia.

Raja Ampat sendiri terdiri dari banyak pulau yang mengelilingi seperti layaknya di Labuan Bajo, NTT. Terdapat 610 pulau dengan 4 pulau utama yakni Salawati, Misool, Batanta dan Waigeo. Tidak semu pulau di Raja Ampat di huni oleh penduduk lokal hanya 35 pulau saja yang berpenghuni. Ada juga beberapa pulau yang belum memiliki nama hingga sekarang. Ada juga banyak pulau yang belum pernah terjamah tangan manusia sama sekali. Wow keren banget dan mungkin anda the next yang bisa menjelajah pulau – pulau di Raja Ampat ini.

Pusat dari ekonomi atau lebih di kenal sebagai ibukota dari Raja Ampat adalah pulau Waisai, dan karena transportasi yang masih terbatas kebanyakan untuk bisa berpindah – pindah anda masih harus menggunakan kapal / perahu di laut. Hal ini juga yang menyebabkan mahalnya budget untuk berlibur ke Raja Ampat, Papua.

Keindahan Raja Ampat, Papua Barat

Liburan Raja Ampat adalah liburan eksluksif karena menelan biaya yang sangat tinggi jika anda pergi sendirian, makanya disarankan untuk dapat kesini untuk pergi bersama teman -teman karena tentunya bisa menghemat biaya karena bisa patungan seperti menyewa perahu dan biaya menginap disini.

Baca : 03 Objek Wisata Yang Sangat Terkenal Di Provinsi Papua Barat, Anda Wajib Kesana

Bagaiman cara menuju ke Raja Ampat

Menjadi destinasi wisata maritim terbaik di dunia, Raja Ampat adalah impian bagi banyak orang untuk melihat kepingan surga. keindahan bawah lautnya telah di akui dunia sebagai tempat diving terbaik di dunia. Bagaimana cara menuju ke Raja Ampat ?

Booking.com

Kota Sorong adalah jalur pertama menuju Raja Ampat, dengan menggunakan penerbangan menuju Sorong kemudian menggunakan kapal feri menuju pulau Waisai. Untuk dapat berkeliling ke pulau lainnya seperti pulau Misool dan Wayag kita harus menyewa kapal dengan biaya fantastik Rp.3.000.000 / hari. Jadi alangkah lebih baik jika pergi bersama teman karena bisa patungan bayarnya.

Untuk bisa pergi ke Raja Ampat seorang traveler bisa menghabiskan Rp.12 juta dan jika mau mencoba diving mungkin akan lebih mahal lagi guys. Fasilitas dan infrastruktur yang belum memadai menyebabkan biaya yang harus di keluarkan menjadi lebih mahal.

Berikut rincian biaya yang harus disiapkan untuk bisa liburan ke Raja Ampat berdasarkan info dari detik.travel.com

Sekarang Air Asia menyediakan rute direct menuju Jakarta – Sorong dengan tarif Rp.5.500.000 ( pulang pergi) dibanding kan dengan maskapai lain seperti Sriwijaya Rp.6.5 juta PP dan Garuda Indonesia Rp.7.5 juta PP, jadi lebih murah juga jika menggunakan pesawat Air Asia.

Setiba di Kota Sorong teman traveler harus mengeluarkan uang lagi untuk menuju Waisai dengan naik kapal feri, sebelumnya anda harus menyewa mobil avansa dengan biaya sewa Rp. 800 ribu/hari dengan supir.

Dari Sorong >> Waisai, dengan naik kapal feri Rp.100.000 (kelas Ekonomi) Rp.215.000 (Executiv). Waktu tempuh 2-3 jam (speed boat) 5-6 jam dengan KRI

Saat sampai di Waisai, wisatawan wajib membeli pin masuk Raja Ampat sebesar Rp.500.000/orang, pin masuk berlakuk 1 tahun uang ini adalah bentuk sumbangan untuk biaya pemeliharaan wisata Raja Ampat sendiri.

Anda sudah tiba di Waisai dan sudah membayar pin Masuk, kemudian sekarang ada biaya lainya yang menunggu lagi guys.

Biaya untuk menginap di waisai sendiri terdapat banyak penginapan, resort dan homestay dengan harga menginap kisaran Rp.600.000 /malam sampai dengan jutaan permalamnya.

Dengan dominasi perairan tentunya untuk berwisata ke pulau satu kelainnya, snorkeling, diving harus menggunakan speed boat, nah harga menyewa speed boat perharinya disini adalah Rp.7.500.000 / hari.

Jadi kesimpulannya total budget liburan Raja Ampat yang harus disiapkan adalah

Tiket pesawat >> Rp.5.500.000
Kapal Feri >> Rp.100.000
Biaya Menginap >> Rp.600.000
Sewa speed Boat >> Rp.7.500.000

Berapa jadinya tu guys ? mahal! iya benar sekali Rp.13.700.000 tapi tentunya budget liburan Raja Ampat yang harus disiapkan lebih dari itu ya.

Yang ingin berhemat kesini tentu ada cara nya, yakni ke Raja Ampat secara bergroup jadi bisa lebih berhemat dalam menekan biaya operasional seperti menyewa speeboat dengan 6 orang jadi setiap orang biasa patungan 1 jutaan.

Baca : Favehotel Jayapura hotel, Hotel modern di pusat kota Jayapura Papua – Harga mulai dari Rp. 600.000 / malam

Saran untuk bisa liburan murah lagi di Raja Ampat Papua Barat teman traveler bisa mencari dengan istilah open trip dengan menggunakan paket wisata yang banyak di jual melalui tour agensi. Ada loh yang menjual paket tour Raja Ampat dengan 1 day trip di kisaran harga Rp.1.3 juta ini sudah termasuk biaya operasional dengan akomodasi penginapan di waisai.

Jika mau lebih dari 1 hari, ada juga yang menjual paket 2 hari / 3 hari atau lebih dengan berkeliling raja ampat dengan harga mulai dari Rp.2.8 juta tapi itu di luar harga tiket pesawat. Untuk estimasi budget anda bisa melihat harga diatas ya.

Jika ada tambahan teman traveler ingin melakukan aktivitas diving dan snorkeling maka akan harus mengeluarkan biaya tambahan lagi, ya jika anda kalkulasi biaya traveling ke Raja Ampat mungkin saja setara seperti melakukan liburan kel Luar negeri saja seperti ke Jepang atau Australia guys.

Semuanya kembali kepada masing – masing ya, kami hanya ingin membagi informasi tentang budget liburan Raja Ampat yang fantastis padahal ini masih dalam kategori liburan dalam negeri loh.

Baca artikel lainnya : 04 Tempat Wisata Paling Diminati Para Wisatawan Di Ibukota Jakarta Selama Liburan

Demikian ulasan mengenai Liburan Raja Ampat Papua – Berikut adalah Budget yang harus di siapkan, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Liburan Raja Ampat Papua – Berikut adalah Budget yang harus di siapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: