Lokasi Dan Rute Jeram Wisata Kembang Soka Di Kulon Progo Yang Mempesona di Yogyakarta

Lokasi Dan Rute Jeram Wisata Kembang Soka Di Kulon Progo Yang Mempesona di Yogyakarta –  Salah satu daerah di Yogyakarta yang populer dengan keindahan tempat wisatanya yaitu Kulon Progo. Saat ini Kulon Progo selalu menghadirkan tempat wisata yang keren dan juga eksotis yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari banyak sekali macam wilayah di Indonesia. Misalnya saja wisata Kalibiru, Waduk Sermo dan masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang ketika ini sedang hits yaitu wisata Air Terjun Kembang Soka.

Bahkan air terjun ini disebut sebut sebagai jeram terindah di Jogjakarta. Letaknya yang sebagian tersembunyi di balik rimbunan rimba menjadikannya menyerupai nirwana yang tersembunyi.  Panoramanya akan memuaskan mata, dan nada gemuruh air nya menentramkan jiwa. Meski anda menikmati jeram ini sendirian, kita tak mencicipi sepi. Air terjun ini dinamakan Kembang Soka, lantaran asal dari satu diantara sumber mata air yaitu tiba dari bawah tanah yang mana banyak tumbuh bunga soka di atasnya.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun kembang soka ini. Alamatnya berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jogja.  Kurang lebih 33 Km dari sentra Kota Jogja melalui Jl. Nanggulan – Giri Mulyo kurang lebih perjalanan 1 jam 12 menit. Kemudian sekitar 45 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Godean ditempuh dengan perjalanan 1 jam 22 menit.

Rute Air Terjun Kembang Soka

Akses menuju Air Terjun Kembang Soka sanggup dikatakan sedikit rumit.  Untuk rutenya anda sanggup mengikuti rute dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ring Road Barat – Jl. Godean – Pasar Godean. Setelah itu menuju perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan. Setelah di  pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri – Dusun Banyunganti – Dusun Gunung Kelir dan anda akan hingga di wisata Air Terjun Kembang Soka.

Pesona Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu jeram terindah di Kulon Progo. Bahkan banyak para wisatawan yang menyampaikan bahwa Air Terjun Kembang Soka juga menjadi salah satu jeram unik di Jogja lantaran punya dua warna air. Sebenarnya Air Terjun Kembang Soka hanya punya satu warna air saja, yaitu putih jernih. Akan tetapi apabila kita lihat sekilas pedoman air di objek wisata ini terlihat berwarna hijau tosca. Sebab itu tak jarang wisatawan menyebutnya dengan nama Air Terjun Dua Warna.

Karakteristik dari Air Terjun Kembang Soka yaitu berupa pedoman airnya yang cukup jernih yang mengalir pada bebatuan berwarna kuning. Untuk kealamian dari objek wisata Jogja satu ini juga sanggup dikatakan sangat terjaga. Keadaan ini terbukti dengan masih banyaknya pepohonan disekitar daerah jeram yang mengakibatkan suasana kian asri. Bentuk dari Air Terjun Kembang Soka hampir menyerupai dengan Air Terjun Kedung Kandang, yaitu bertingkat-tingkat dengan sebuah bak berukuran sedang pada setiap tingkatnya.

Air terjun ini berada pada posisi paling tinggi diantara tempat jeram lain di sekelilingnya. Jadi  tak heran pedoman airnya sangatlah deras. Bisa juga untuk sumber pengairan untuk warga sekitaran. Bebatuan di sekitaran jeram itu juga tampak unik, yang mana kita menyerupai menyaksikan film fantasi hidup pada ketika lihat bebatuan.  Warna terang kekuningan yang bermunculan dari basic sungainya, sama-sama menonjol membentengi kucuran air pada satu diantara bagiannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk sanggup masuk ke wisata jeram kembang soka ini anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5000 saja. Murah kan? hanya dengan 5000 rupiah anda sanggup menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan ini.

 

Baca artikel lainnya : 

Lokasi Dan Susukan Jalan Wisata Telaga Kermata Sumenep Madura

 

Demikian ulasan mengenai  Lokasi Dan Rute Jeram Wisata Kembang Soka Di Kulon Progo Yang Mempesona di Yogyakarta semoga bermanfaat ya