Inilah Lokasi Rute Dan Tiket Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta tepatnya berada di daerah gunung kidul, merupakan pantai dengan pemandangan indah dan masih alami. Letaknya berada di jajaran pantai gunung kidul lainnya yang sudah terkenal menyerupai pantai indrayanti. Tentunya ini semakin meyakinkan bahwa daerah gunung kidul sebagai gudangnya wisata pantai yang unik di pulau Jawa. Buat anda yang ingin ke sana berikut inilah lokasi rute dan tiket Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta
foto:lookjogja.blogspot.co.id
Selain pohon duras yang terkenal sebagai spot foto-foto, bukit karst yang mengelilingi pantai layaknya beteng juga menambah kesan indah dari pantai Pok Tunggal. Uniknya kalau bukit karst ini dilihat dari sisi barat maka akan tampak menyerupai buaya yang moncongnya menghadap ke bahari selatan.
Asal seruan nama Pok Tunggal sendiri bergotong-royong terdapat dua versi. Pertama, berasal dari nama Kelompok Tunggal, yakni kelompok yang merintis dan mengelola pantai ini menjadi objek wisata hingga menyerupai ketika ini. Sedangkan kedua menyampaikan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yang artinya satu satunya sumber mata air. Di tempat ini memang terdapat sumber mata air yang berada di sebelah barat pantai. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan sekarang dipakai sebagai sarana kebutuhan sehari – hari masyarakat sekitar.
Ada versi lain juga yang mengatakan, Nama wisata pantai Pok Tunggal sendiri memang diambil alasannya yaitu lokasi pantai yang hanya ada satu pohon langka dan masih bangun kokoh yakni Pohon Duras (Pok Tunggal). Dan satu lagi yang paling mempesona dari pantai ini yaitu adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah. Menjadi ciri khas tanah daerah karst. Air inilah yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.
Pantai pok tunggal bercirikan khas pantai berpasir putih higienis dan lembut, dan ombak yang cukup besar. Pantai ini di apit oleh dua bukit ; bukit tirta pok tunggal asri disebelah barat dan bukit panjong di sebelah timur. Pemandangan sunset dari pantai ini sudah cukup dikenal keindahannya.
Dari dua bukit ini rekan-rekan sanggup melihat keseluruhan area pantai pok tunggal dengan lebih lega. Terdapat ikon unik berupa pohon duras dan mata air yang menjadi ciri khas dari area pantai ini. Barisan tebing karang yang terdapat di sekitar pantai juga mempesona. Jangan lupa baca wisata yogyakarta lainnya di sini ya

Lokasi pantai pok tunggal

Lokasi pantai pok tunggal terletak di desa tepus, kec. tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Berada tidak begitu jauh dari pantai lain yang lebih terkenal menyerupai pantai indrayanti dan pantai siung. Jarak tempuhnya kurang lebih 50 KM dari Wonosari, kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Bisa jadi alternatif komplemen buat anda yang berlibur ke jogja.

Rute menuju Pantai Pok tunggal

Dari sentra kota Yogyakarta ke lokasi pantai berjarak sekitar 70 km. Perjalanan ini sanggup menghabiskan waktu sekitar dua jam perjalanan apabila ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi.
Rute Pantai Pok Tunggal Wonosari Jogja memakai kendaraan pribadi: Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Atau: Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan daerah Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga datang di Pos Retribusi.
Rute Pantai Pok Tunggal dari Klaten – Prambanan – Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari – Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Untuk Rute Pantai Pok Tunggal dari Solo sama dengan rute dari klaten.
Beberapa meter dari pos tersebut akan terlihat papan petunjuk arah ke lokasi Pantai Pok Tunggal Wonosari. Nah, usai itu, tinggal ikuti saja petunjuknya hingga datang di jalan cor kecil atau jalan batu. Maka dai sinilah Pantai Pok Tunggal sudah terlihat. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang pribadi menuju ke Pantai Pok Tunggal. Jika Anda memakai kendaraan umum, Hanya sanggup berhenti hingga di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya sanggup dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 6.000) dan perjalanan dengan memakai ojek biayanya sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan.

Harga tiket di Pantai Pok Tunggal sebagai berikut :

  • Harga Tiket Masuk – Rp. 10.000 per orang
  • Harga Sewa Tenda Dome – Rp. 60.000 per tenda
  • Harga Sewa Payung Pantai – Rp. 20.000 per payung

Demikian ulasan mengenai  Inilah Lokasi Rute Dan Tiket Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta , semoga bermanfaat ya