SHOPPING CART

close

Melihat Kesenian dan Budaya di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat – Harga Tiket Terupdate

Melihat Kesenian dan Budaya di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat – Harga Tiket Terupdate

Menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi pusat kesenian dan budaya di ibukota, Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah tempat yang sangat cocok bagi teman traveler untuk berkunjung sambil mempelajari tentang sejarah kesenian, jadi hanya hanya berkunjung ke mall atau rekreasi yang mahal aja, Jakarta memiliki tujuan wisata lainnya yang lebih bermanfaat untuk pengetauan dan harga masuknya juga murah banget, tunggu apa lagi ? yuk mari melihat kesenian dan Budaya di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat – Harga tiket terupdate.

Kesenian memiliki beberapa macam kategori dari dari seni yang bisa banyak orang nikmati dari pendengaran dan penglihatan contohnya : Seni yang bisa di dengar adalah senii musik, sastra dll. Untuk seni yang bisa di nimati dengan penglihatan adalah seni lukis, seni tari, seni beladiri seni bangunan. Ada pun seni yang menggabungkan kedalam 2 unsur tersebut contohnya seni pertunjukan musik, wayang, seni teater dll.

Khusus di ibukota Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi pusat dari seni dan budaya sehingga bagi anda yang ingin melihat kesenian jakarta maupun daerah luar bisa datang kesini guys, Taman Ismail Marzuki (TIM) juga sekarang lebih dikemas dalam wisata terpadu yang kekinian yang bisa membuat pengunjung tidak cepat bosan juga. Wisata Taman Ismail Marzuki (TIM) memang sudah lama ada dan mengalami banyak perubahan, mari kita mengenal lebih dalam mengenai Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta pusat.

Baca : Bumi Perkemahan Curug Cipeuteuy bogor – Wisata Dengan aktivitas seru Dekat Jakarta

Taman Ismail Marzuki (TIM)

Kalau orang Jakarta asli pastinya sudah mengenal tentang TIM ini karena merupaka tempat wisata seni dan budaya yang terkenal. Sejarah berdirinya TIM sendiri dimulai dari tanggal 10 November 1968 dengan mulai dibangunnya Taman Ismail Marzuki (TIM).

Penamaan TIM berasal dari tokoh pengarang lagu nasional (komponis) yakni bapak ismail Marzuki, kita tahu beliau adalah pencipta lagu kebangsaan seperti rayuan pulau kelapa, halo – halo bandung dll. Taman Ismail Marzuki pun memakai pohon kelapa sebagai logo dari taman ini.

Luas wilayah Taman Ismail Marzuki (TIM) mencapai 9 Ha untuk luas bangunan dan 72.000 meter persegi untuk luas tamannya sendiri. Pertama kali Taman Ismail Marzuki (TIM) diresmikan oleh gubernur Jakarta, Bpk. Ali Sadikin.

Taman Ismail Marzuki Jakarta / IG @wielin86

Berada di Cikini Raya, menteng jakarta pusat. Awal mula tempat ini adalah kebun bintang taman raden saleh yang telah berpindah tempat di Kebun Bintang Ragunan. Taman Raden Saleh dulunya adalah sebagai pusat paru – paru kota karena menjadi tempat yang adem untuk berekreasi, disini juga dulunya tempat perlombaan balap anjing guys tapi kini sudah berubah menjadi gedung dan perkantoran. disini juga terdapat 2 gedung bioskop dan tempat bermain sepatu roda. Dan kini sudah ga ada lagi sudah berubah total menjadi pusat seni dan budaya Taman Ismail Marzuki (TIM).

Disini di Taman Ismail Marzuki (TIM) tumbuh berkembang banyak seniman terkenal pada masanya, panggung Taman Ismail Marzuki dipenuhi seniman legenda yang kita kenal sampai sekarang seperti Rendra yang asli Yogyakarta memberikan sentuhan senimannya lewat drama dengan judul Be Pop & SSSTTTT menuju layar TV di TVRI. Karya Rendra lainnya yang ngehits a.l : Oedipus rex, menunggu godot, hamlet dll.

Seniman lainnya ikut berkontribusi di Taman Ismail Marzuki adalah Sardono W. kusumo sang koreografer, Farid Oetojo dengan seni balerinanya, Slamet Abdul Syukur dengan seni musik.

Sutradara terkenal lainnya : arifin C Noer, Syatna Anirum dan Teguh Karya, Huriah Adam dan Bagong Kusudiardjo dan masih banyak lagi yang ikut berkotribusi menumbang seni dan budaya di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Dengan banyaknya seniman dan karya besar yang ada sekitar tahun 1970 – 1990 Taman Ismail Marzuki menjadi pusat seni dan menjadi tolak ukur kesenian dalam tingkat nasional. Hal ini juga memicu para seniman baru yang turut melahirkan karya -karya baru.

Kemajuan dari Taman Ismail Marzuki kala itu semakin pesat dengan bertambahnya gedung dan fasilitasnya masing -masing, dari gedung pertunjukan sampai dengan pendidikan khusus seni yang kita kenal hingga sekarang adalah institut kesenian jakarta (IKJ), yang paling sering diadakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah adanya pertunjukan teater, seni rupa, tari – tarian dan sastra.

Di tahun 2000 sampai 2005 nama Taman Ismail Marzuki mulai meredup karena adanya persaingan dari tempat lainnya yang memiliki kejuruan yang sama yakni dibidang seni dan budaya. contohnya kala itu adanya pesaing baru bentara Budaya & komunitas Salihara dan pasar seni rupa, mall, plaza dan galeri – galeri seni independen yang tumbuh dan berkembang.

Singkat cerita Taman Ismail Marzuki telah mengalami perubahan menuju modernisasi menuju kesempurnaan sebagai tempat wisata yang yang menarik untuk di kunjungi dan akhir september 2019 mengalami pembenahan sekarang Taman Ismail Marzuki ini begitu bagus dan sangat nyaman guys, mau tahu lebih dalam makanya langsung saja datang kesini.

Baca : Hotel di kawasan bisnis Jakarta pusat – Ashley Hotel Jakarta

Booking.com

Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Ismail Marzuki

Cinemax XXI, Pementasan Teater di Taman Ismail Marzuki

Sebagai pusat seni dan budaya di Jakarta baru saja di benahi tentunya Taman Ismail Marzuki memiliki fasilitas – fasilitas lengkap yang bisa anda kunjungi nantinya diantaranya adalah :

1.Planetarium

Merupakan wisata edukasi yang banyak di minati oleh banyak kalangan yang datang kesini, planetarium adalah seputar pengetahuan mengenai bintang dan benda langit , konsep disini adalah mengambil tema edutainment yakni edukasi dan hiburan.

Jadwal buka planetarium adalah dari jam 08.00 am – 15.30 dan harga tiket masuknya adalah Rp.7.000 (anak) , Rp.12.000 (dewasa)

2. Teater Jakarta

Taman Ismail Marzuki memiliki teater besat dengan ukuran panggung megah 14 m X 16 m X 9 m. Teater ini memiliki 3 lantai dengan daya tampung 1.200 penonton.

Ruang teater terdiri dari raung VIP, tempat ganti, tempat berhias, tempat untuk tiket box, lobby tunggu, tata cahaya, tata suara, pedingin ruangan.

3. Areal ATM

Khusus buat pengunjung yang tidak membawa uang cash, tempat yang satu ini begitu penting untuk pengambilan uang tentunya, banyak cabang ATM disini dari BCA, BNI, Mandiri, BRI dll

4. Graha Bakti Budaya

Fasilitas di Taman Ismail Marzuki berikut biasanya digunakan untuk pengadaan konser musik , pagelaran seni tari atau pemutaran fim.

Graha Bakti Budaya berukuran 15 m X 10 m X 6 m dengan daya tampung mencapai 800 orang

5. Teater Kecil

Jika ada teater besar (teater Jakarta) disini ada juga teater kecil dengan ukuran panggung 10 m X 5 m X 6 m daya tampung penonton hanya 240 penonton fasilitas pendukung yang sama dengan Graha Bakti Budaya.

Biasanya teater kecil di gunakan untuk konser puisi, seminar, karya musik dll.

6. Cinemax XXI, Taman Ismail Marzuki

Tempat ini juga memiliki cinemax XXI dengan fasilitas yang nyaman dan harga yang terjangkau juga guys. Pengunjung bisa menonton film box office atau film indonesia terbaru disini.


Selain itu kita juga bisa menonton di bioskop kineforum secara gratisan. Yang dimaksud dengan kinoferum adalah jenis film pendek dari dalam maupun luar negeri. sangat menarik dan terkadang disini juga diadakan diskusi mengenai dunia perfilman.

7. Gedung Kesenian Jakarta

Hampir sama dengan Teater Jakarta hanya saja tidak memiliki ruang ganti, ruang VIP dan dock area, gedung kesenian jakarta khusus dipakai untuk pementasan seni.

Ukuran Gedung kesenian Jakarta adalah panggungnya 10.75 m X 14 m X 17 m, daya tampung penonton mencapai 450 an.

Selain itu fasilitas pendukung lainnya yang ada di Taman Ismail Marzuki adalah Galeri Cipta tempat display pementasan seni baik seni lukis dan lainnya, ada juga gedung Miss Tjitjih tempat pementasan seni juga dan gedung wayang orang bharata untuk pementasan seni wayang.

Musik konser di Taman Ismail Marzuki

Cek apartemen hotel modern di jakarta berikut (klik gambar di bawah)

Fraser Residence Menteng Jakarta, Aparthotel di pusat Kota Jakarta – Harga dimulai Rp. 1.176.837 / malam

Lokasi dari Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki berada di jalan Cikini Raya No.73, RW.2, Cikini, Menteng Jakarta pusat.

Cek google maps

Jam buka : 08.00 am – 17.00 (sabtu – minggu tutup)

Tiket masuk di Taman Ismail Marzuki

Untuk memasuki areal Taman Ismail Marzuki tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis hanya untuk sekedar melihat – lihat saja tapi jika anda ingin menyaksikan beberapa pertunjukan atau masuk ke planetariumnya akan di kenakan tiket masuk dengan detail sebagai berikut :

  • Pertunjukan Teater Koma >> Rp.60.000 – Rp.500.000
  • Planetarium >> Rp.5.000 – Rp.12.000
  • Cinemax XXI TIM >> Rp.35.000 – Rp.50.000

Baca artikel lainnya : Berwisata di Taman labirin Coban Rondo Malang – info Lokasi dan harga tiket masuk

Demikian ulasan mengenai Melihat Kesenian dan Budaya di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat – Harga Tiket Terupdate, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih!

Tags:

0 thoughts on “Melihat Kesenian dan Budaya di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat – Harga Tiket Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: