SHOPPING CART

close

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pulau Bali Dan Kota Tujuan Wisatanya

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pulau Bali Dan Kota Tujuan Wisatanya

Bali menjadi bagian dari provinsi yang ada di Indonesia, bali menjadi kota tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia dengan memiliki tempat wisata cantik, budaya yang unik, orangnya yang ramah serta tradisi – tradisi yang masih terjaga dan di senangi banyak orang, namun sudahkah anda datang ke Bali ? baiklah artikel ini menceritakan tentang Pulau Bali serta kota tujuan wisata yang ada di sana.

Bali memang luar biasa dan Indonesia patut berbangga karena memiliki pulau Bali, sebagai tempat tujuan wisata, pulau ini kerap mendapatkan penghargaan dunia sebagai tempat paling favorit untuk di kunjungi bahkan 2020 ini dalam Web Instagram saja Bali menjadi no. 1 hastag di dunia banyak orang yang menyedut bali sebagai tempat yang paling ingin di kunjungi setelah pandemi corona berakhir, wow Bali sekarang bukan saja milik indonesia melainkan milik dunia guys!.

Tentang Bali

Sejak masa kemerdekaan di tahun 1945, Bali menjadi provinsi sunda kecil yang memiliki Ibukota di Singaraja, kemudian provinsi sunda kecil ini terbagi menjadi 3 lagi yakni Bali, Nusa Tenggara barat dan Nusa tenggara timur.

Bali adalah sebuah pulau yang berada di tengah pulau jawa dan Lombok dan di sekitar bali terdapat juga banyak pulau kecil lainnya yang kini banyak sekali di gemari wisatawan untuk berkunjung sebut saja Nusa penida, nusa ceningan, nusa lembongan, pulau menjangan dan pulau serangan. Cerita jaman dahulu waktu masih kecil banyak yang bilang jika pulau Bali dan jawa adalah 1 daratan kemudian dari cerita hindu mengatakan, Sanga Hyang Sindhimantra membelah pulau ini menjadi 2 menjadi pulau Bali dan Jawa dan dipisahkan oleh selat Bali.

Bali berada di Pertengahan provinsi Jawa timur dan pulau Lombok, sebelah utaranya berbatasan dengan laut bali dan bagian selatang berbatasan dengan samudra pasifik, Bali juga terkenal akan banyak pantai yang indah, tak heran karena pulau ini di kelilingi oleh lautan dan pesisir yang luas dan cantiik -cantik. Bali juga terkenal akan banyak pantai indahnya sebut saja Pantai Kuta, Amed, Tanjung benoa sampai dengan lovina.

Berapa luas Pulau Bali ?

Pulau Bali tidaklah begitu luas guys! namun namanya sangat luas terkenal di dunia, dari data wikipedia, luas pulau Bali adalah 5,636,66 km2 atau 0,29 % dari luas negara Indonesia. Jadi sebenarnya bagi teman traveler yang ingin berwisata di Bali sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengenal seluruh tempat wisata yang ada di bali, perkiraan 3-4 hari saja anda bisa berkunjung ke seluruh tempat wisata yang ada di bali dan kota -kota yang ada di Bali.

Ditambah dengan infrastruktur dan fasilitas yang tersedia di Pulau Bali sudah sangat bagus dan terjamin bagi wisatawan jadi anda tak perlu kawatir jika tidak mendapatkan tempat untuk menginap atau kendaraan untuk pergi ke tujuan wisata yang di inginkan.

Di Bali sudah terdapat banyak tempat menginap yang bisa di pesan langsung secara online atau datang langsung ke hotel nya. Akomodasi sudah tersedia di setiap kota yang ada di Bali, jadi jangan bilang Bali itu sangat tradisional lagi ya karena Bali sudah sangat modern namun tetap menjadi budaya traditionalnya.

Kota Tempat wisata yang ada di Bali

Bali adalah sebuah pulau yang tidak begitu besar dari pulau jawa dan disini terdapat 9 kota besar yang bisa anda kunjungi berikut detailnya beserta luas wilayah kota.

  1. Denpasar ( luas 127,78km2)
  2. Badung ( luas 418,52 km2)
  3. Tabanan (luas 1.013.88 km2)
  4. Gianyar (luas 368.00 km2 )
  5. Bangli (luas 520.81 km2)
  6. Jembrana (luas 841,80 km2)
  7. Singaraja ( luas 1,365,88 km2)
  8. klungkung ( luas 315.00 km2)
  9. Karangasem ( luas 839, 54 km2)

Selain 9 Kota besar di bali ini, provinsi ini memiliki 44 kecamatan serta 701 desa/kelurahan, dari semua kota ini, singaraja memiliki luas wilayah terbesar di bali mencapai 1,365,88 km2 atau kurang lebih 23 % dari luas wilayah pulau Bali dan Denpasar sebagai ibukota Bali memiliki luas wilayah yang paling terkecil sekitar 2% dari luas Bali.

Bali memiliki mayoritas penduduknya yang beragama hindu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala disini terdapat banyak sekali pura bahkan ada di setiap rumah tinggal masyarakat bali sendiri. Ini juga kenapa Bali dikenal. sebagai tempat 1000 pura.

Bali juga memiliki tradisi yang terkenal dan tidak ada di dunia yakni perayaan hari raya Nyepi dimana dalam 1 hari penuh bali menjadi sepi tidak ada aktivitas sama sekali bahkan bandara internationalnya akan tutup dan pada malam hari lampu dan cahaya harus di matikan. Masih banyak lagi tradisi unik yang ada di Bali dan hal ini membuat Bali menjadi tempat wisata yang unik dan terkenal di dunia ditambah lagi dengan alam disini begitu cantik dan alami.

Sawah Terasering Yang terkenal di Bali

Baca : 10 Pantai Indah yang Bisa Anda Datangi Bersama Keluarga di Bali

Dari 9 kota di Bali di atas yuk kita lihat mendetail lagi buat refrensi berwisata dan menginap anda nantinya saat liburan nanti di Bali

1. Denpasar

Denpasar menjadi ibukota dari provinsi Bali dengan luas wilayah mencapai 127,78km2, walaupun kota ini tidak begitu luas namun pusat perekonomian berada di sini, disini terdapat banyak toko, bank, mall serta gedung pemerintahan daerah dan pusat Bali. Kepadatan jalan setiap hari akan selalu nampak dan tentunya macet pun tidak bisa terhindarkan di kota Denpasar.

Untuk mencapai kota Denpasar dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 menit berkendara karena tidak begitu jauh kok. Kota Denpasar juga memiliki tempat – tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Bali ya, hanyak tempat wisata disini lebih ke wisata buatan, wisata belanja, tempat nongkrong serta kulinernya.

Landmark yang bagus untuk di kunjungi di Denpasar antara lain :

2. Badung

Badung menjadi kota maju yang lebih luas dari kota Denpasar, kawasan mencangkup daerah kawasan Kuta dan daerah maju lainnya yang memliki banyak hotel dan tempat wisata yang terkenal. Kabupaten badung menjadi tempat yang sangat padat dan selalu macet oleh lalu lalang orang dan kendaraan sebab daerah ini begitu maju dan banyak orang yang bekerja di daerah badung.

Untuk tempat wisata yang terkenal di Badung antara lain adalah :

  • Wisata Kuta
  • Wisata Seminyak
  • Pura Taman Ayun bali
  • Wisata jimbaran
  • Banyak tempat wisata pantai yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.
  • Bandara Ngurah Rai
  • Dll.

3. Tabanan

Memiliki luas 1.013.88 km2, kabupaten Tabanan lebih di dominasi dengan areal persawahan dan jalanan yang tidak begitu ramai dari daerah Badung dan Denpasar. Pusat kota Tabanan juga tidak begitu luas dan kawasan memiliki luas wilayah yang lebih besar dari Badung guys. Jika anda mencari tempat wisata alam yang masih asri bisa datang langsung ke Tabanan bali.

Dari arah Bandara Ngurah Rai untuk sampai ke Tabanan, memerlukan waktu sekitar 1 jam berkendara saja.

Untuk tempat wisata yang terkenal di tabanan antara lain :

Wisata Malam Tukad Badung Denpasar Bali – Wisata Gratis di Bali

4. Gianyar

Gianyar menjadi salah satu kota tujuan wisata yang terkenal setelah Kabupaten Badung, memiliki luas 368.00 km2 dan banyak juga berjamur akomodasi penginapan dari yang berbintang sampai dengan kelas melati atau guest house. Salah satu kawasan yang terkenal sampai ke dunia adalah daerah Ubud yang memiliki pemandangan alam dan budaya yang indah.

Gianyar juga memiliki wisata keluarga yang di minati seperti bali Zoo dan Bali safari marine park dll. Kabupaten Gianyar berjarak sangat dekat dengan Denpasar guys, hanya 30 menit berkendara saja tapi jika anda ingin pergi ke Ubud berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Tempat Wisata terkenal di Gianyar :

  • Kawasan Ubud
  • Bali Marine and Safari Park
  • Ubud Monkey Forest
  • Dll.

5. Bangli

Kota bangli berada di kawasan bali timur daerahnya yang banyak di lalui pegunungan dan alam hijau dengan kondisi cuaca yang sejuk dan dingin membuat Bangli menjadi tempat yang cocok buat berkunjung dan berwisata, jarak tempuh menuju bangli dari Bandara Ngurah Rai memakan watu sekitar 2 jam, disini juga terdapat banyak tempat menarik yang bisa kita kunjungi seperti

Daftar Pilihan Hotel di Bali (Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud, Nusa Dua) Lengkap Dengan Harganya Melalui Via Booking.com (klik Gambar)

Daftar Pilihan Hotel di Bali (Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud, Nusa Dua) Lengkap Dengan Harganya

6. Jembrana

Kabupaten ini berada di ujung barat pulau Bali, beribukota di Negara dan berbatasan langsung dengan kabupaten Tabanan timur, Kabupaten Buleleng, selat Bali bagian barat dan Samudra hindia di selatannya.

Memiliki luas 841,80 km2 berada di Bali Barat, kota berdekatan dengan pelabuhan penyebrangan gilimanuk ( dari Bali ke Jawa) untuk kawasan wisata Jembrana memang tidak begitu di kenal seperti kawasan Badung dan Denpasar namun jika anda mau eksplore disini ada banyak wisata pantai, budaya dan hutan tempat hidup burung dan hewan lainnya yang masih di lindungi.

Tempat wisata di Kota Jembrana antara lain :

7. Singaraja

Menjadi kota yang terluas di Bali, bisa di bilang singaraja adalah bagian yang terpisah dari Bali karena untuk menuju kesini memerlukan waktu yang panjang sekitar 4-5 jam dari bandara Ngurah Rai guys, Luas singaraja adalah 1,365,88 km2 dengan penduduk mencapai 80.500 jiwa.

Singaraja berada di bali utara dahulunya sempat menjadi Ibukota dari sunda kecil dan Bali di tahun 1958. Kota tujuan wisata di Bali ini bisa menjadi alternatif buat teman traveler yang ingin mengetahui Bali di pesisir utara dan ada banyak tempat wisata juga kok yang bisa anda lihat di sini dari air terjun, wisata budaya sampai dengan wisata pantainya.

Tempat wisata hits di Singaraja antara lain adalah :

  • Air terjun Gitgit
  • Danau Tamblingan
  • Pantai Lovina
  • Yeh Sanih
  • Krisna Funtastic Land
  • Dll

Tempat Wisata hits Bali Safari Marine Park di Bali – Info lengkap dan harga Tiket Masuk

8. Klungkung

Bali timur tentunya anda bisa mengunjungi kota Klungkung yang tenang dan damai dengan luas 315 km2. Klungkung juga di kenal dengan nama Semarapura, begitu banyak seni dan budaya yang di miliki kota ini, disini kita bisa melihat senit tari, ukiran, patung, arsitektur, wayang dan tata cara keagamaan.

Kota ini sangat terkenal dengan panggilan kota serombotan yakni kuliner khas sayuran yang menggugah lidah anda, Klungkung juga memiliki bagian pulau kecil yang terkenal yakni Nusa Ceningan, Nusa Penida dan Nusa Lembongan

Tempat wisata yang terkenal di Klungkung antara lain :

  • Nusa Ceningan, Nusa Penida dan Nusa Lembongan
  • Taman Kertha Gosa
  • Monumen Puputan Klungkung
  • Klungkung Royal palace
  • Dll

9. Karangasem

Kota yang terakhir namun sangat indah dan asri adalah Karangasem yang berada paling timur Bali guys. Ibukotanya bernama amlapura dan memiliki 2 pelabuhan bernama Padang Bai dan Tanak Ampo. Karangasem sangat terkenal dengan adanya pura yang terbesar di Indonesia yakni Pura Besakih.

Kota Karangasem memiliki banyak wisata alam dan tempat suci nya antara lain adalah :

Baca artikel lainnya : 5 Tempat Wisata yang bisa Dikunjungi Selain Kebun Raya dan Danau Beratan di Kawasan Wisata Bedugul Tabanan

Itulah 9 kota tujuan wisata yang ada di Bali di mana masing -masingnya memiliki karakteristik tempat wisata masing – masing yang menarik perhatian dunia. Bali memang sudah menjadi tempat yang unik sejak jaman dahulu kala walaupun pulau ini tidak begitu luas namun menyimpan banyak hal terutama dari segi budaya dan magis nya. Tentunya ini harus kita jaga selau karena sekarang ini Bali sudah bukan milik orang Bali lagi melainkan dunia karena banyak wisatawan asing yang memilih untuk tinggal disini.

Demikian ulasan mengenai mengenal lebih dalam mengenai Pulau Bali dan kota tujuan wisatanya, Semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pulau Bali Dan Kota Tujuan Wisatanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: