SHOPPING CART

close

Menyaksikan Keindahan Lampung lewat air terjun Curup Gangsa

Menyaksikan Keindahan Lampung lewat air terjun Curup Gangsa / IG @hendyishryan

Keindahan alam lampung memang sudah tidak perlu di ragukan lagi, daerah yang berada di Pulau sumatera ini memang memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat terkenal sebut saja Taman Nasional Way Kambas tempat di mana kita bisa melihat banyak Gajah Sumatera dan hewan lainnya, masih berada di Lampung 17sekians mencoba untuk mengenalkan tempat wisata menarik yang berada di Lampung antara lain adalah menyaksikan keindahan lampung lewat air terjun Curup Gangsa.

Melihat dalam Peta, Lampung berada di bawah pulau Sumatera dan dekat dengan pulau jawa jadi ibukota Bandar Lampung ini kerap menjadi tempat wisata yang terdekat dan banyak di kunjungi oleh banyak wisatawan domestik maupun asing. Mau kemana ketika berada di Lampung ? yuk langsung kunjungi wisata air terjun yang banyak dikenal banyak orang di Lampung yakni air terjun Curup Gangsa.

Air Terjun Curup Gangsa

Berlokasi di Kabupaten Way Kanan yang memiliki banyak spot wisata yang bisa di kunjungi saat musim liburan atau akhir pekan. Salah satu yang menarik adalah wisata hits lampung, air terjun Curup Gangsa dengan debit air yang deras, tinggi mencapai 50 meter dengan kolam di bawah serta di penuhi batu – batu kali besar yang menghiasi lokasi wisata ini.

Keindahan alam indonesia khususnya curup gangsa tidak perlu di ragukan lagi tempat wisata ini begitu viral dan mampu menarik banyak pengunjung setiap harinya terutama saat weekend atau musim liburan.

Tak hanya itu saja keindahan alam sekitarnya turut mewarnai tempat ini, pesona air terjun yang jernih membuat banyak pengunjung yang senang melakukan aktivitas berenang, merendamkan air sejenak dan tentunya berfoto selfie dengan latar air terjun sendiri.

Air terjun yang turun kebawah membentuk sungai dengan lebar 20 meter di sekeliling nya terlihat banyak batu kali yang besar dan kecil melengkapi. Pengunjug yang datang kesini pun senang melakukan aktivitas berenang maupun memancing disini.

Sayangnya fasilitas pendukung yang masih terbilang minim dan belum di kembangkan makanya jika mau kesini sebaiknya membawa perlengkapan terutama untuk makanan dan minuman.

Wisata alam indah Air terjun Curup Gangsa / IG @jelajahsumatera

Dari mana sumber air curup gangsa ?

Untuk air terjunnya berasal dari cabang dari sungai Way Tangkas yang menyusuri bukit punggur dan beberapa desa di Kasui antara lain tanjung kurung dan lebak peniangan yang berada di bawah kaki bukit dusun Tanjung raya. Nama Gangsa sendiri berasal dari suara seruling Gangsa, dimana seruling yang terbuat dari bambu ini memiliki suara yang hampir sama dengan gemericik air terjun yang mengalir sehingga penamaan air terjun pun disamakan menjadi Curup Gangsa.

Baca : Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung – Wisata Seru melihat Gajah

Lokasi air terjun Curup Gangsa

Lokasi dari Curup Gangsa berada di Kota Way, Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Dari kota bandar Lampung menuju baradatu yang merupakan pusat bisnis di Way Kanan memerlukan waktu lumayan sekitar 4 jam, kemudian menuju desa kota way dengan waktu tempuh 1,5 jam akan sampai ke lokasi wisata air terjun curup gangsa, lampung.

Untuk medan dari kota way menuju curup gangsa sudah memadai, jalanan sudah baik dan tidak banyak ditemui tikungan yang ekstrim. Jangan malu juga untuk bertanya lokasi kepada penduduk setempat ya.

Jadi total waktu tempuh dari ibukota bandar lampung mencapai 4 – 5 jam perjalanan dengana menggunkan kendaraan.

Perjalanan yang panjang dan melelahkan tentunya akan terobati dengan pemandangan alam yang hijau serta rimbunnya pepohonan, sejuknya udara, kebun kopi, lada, tanaman lainnya dari penduduk juga turut menghiasi perjalanan anda. Apalagi setelah tiba dan melihat sendiri keindahan dari Curup Gangsa, dimana airnya lebat jatuh dari ketinggian membentuk cahaya fatamorgana seperti pelangi dan berendam sebentar didalam air pegunungan yang segar dan jernih, byuuurrr! suatu kenikmatan dunia yang tak terlukis dengan kata -kata.

Air terjun Curup Gangsa / IG @tichaantika

Tiket masuk di Curup Gangsa, Lampung

Belum diterapkan nya tiket masuk di Curup Gangsa alias masih gratis teman traveler hanya perlu membayar tiket parkir yakni Rp.5.000 / mobil dan Rp.2.000 / motor

Simak review mengenai Curup Gangsa diambil dari google review sendiri

Kalau mau kesini pakai google map saya sarankan sampai pusat kasuinya lebih baik anda tanya orang. Soalnya biasanya di map ditunjukan kearah yang lebih dekat dan jalannya masih underlah atau batu2, so pas di pusat kasui lurus aja jangan belok ke upt puskesmas, tp lurus smpe pasar dan ada alfamart disana. Nah dari siru tanya warga deh kalau gk ikutin ada rambu2 yang dibuat dari kayu. Hindari jalan yang saya kasih tanda merah ya, karna jalannya super jelek.

Coco Cesar Karyatama

Pertama kali kesini setelah pulang kampung terakhir ga bisa ke sini. Kemarin pas hari pertama lebaran. Ugh pemandangannya luar biasa indah, maasyaa Allah. Ada pelangi di air terjunnya, airnya sejuk. Ada kamar mandi untuk basuh dan musholla kalau mau berwudhu dan shalat. Tiket masuk hanya 5000 perorang.

Tapi memang banyak yg perlu diperbaharui lagi sih, apalagi tanah yang di depan air terjunnya. Sangat, sangaaat licin. Kemarin ayah sampai jatuh krn kepleset. Semoga nanti ditanami rumput, atau diberi aspal/semen/batuan alam. Pokoknya biar ga licin lagi, kasian kalau yang niat foto2 eh malah kepleset dan bajunya kotor semua. 🙂

Selain itu, tempat nunggunya lumayan baguslah, ada beberapa pendopo yang disebar beberapa titik. Cuma ya, kurang ada pengamanannya sprti tempat penitipan barang atau security. Bisa dijaga sendiri dulu aja ya.

Coco Cesar Karyatama

Baca artikel lainnya : Benteng Marlborough, Wisata Sejarah Yang Ngehits Di Bengkulu

Demikian ulasan mengenai Menyaksikan Keindahan Lampung lewat air terjun Curup Gangsa, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Menyaksikan Keindahan Lampung lewat air terjun Curup Gangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: