Menyelusuri dan mempelajari Kompleks Candi Muaro Jambi

Menyelusuri dan mempelajari Kompleks Candi Muaro Jambi

 

sumber foto: http://www.tribunnews.com
Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian yang terletak di kecamatan Muaro Sebo , Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Indonesia atau sekitar 26 km dari kota Jambi. Kompleks Candi yang diperkirakan berasal dari periode ke-11 masehi ini merupakan kompleks candi terbesar dan terluas di Pulau Sumatera dan Asia Tenggara. 
 Kompleks percandian Muaro Jambi pertama kali ditemukan pada tahun 1824 masehi oleh seorang letnan Inggris yang berjulukan S.C Crooke yang tengah melaksanakan pemetaan di kawasan pemikiran sungai untuk kepentingan militer. Baru pada tahun 1975, Pemerintah Indonesia melaksanakan pemugaran yang lebih serius. 

 Komplek Candi Muaro Jambi terdiri dari sembilan buah candi yang telah dilakukan pemugaran yaitu,  Candi Kotamahligai, Candi Kedaton, Candi Gedong Satu, Candi Gedong Dua, Candi Gumpang, Candi Tinggi, Candi Telago Rajo, Candi Kembar Batu dan Candi Astano.

 

Komplek candi Muoro Jambi ini terletak pada tanggul alam kuno Sungai Batanghari. Situs dengan luas 12 km persegi dengan panjang sekitar 7 km serta luas sekitar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Kompleks Percandian Muaro Jambi secara total berisi 61 bangunan candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah (menapo) yang belum digali (diokopasi).

 

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi MENYELUSURI KOMPLEKS CANDI MUARO JAMBI

Saat ini Kompleks Candi Muaro Jambi menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Pulau Sumatera khususnya di Propinsi Jambi. Sampai dengan dikala ini telah ada puluhan bahkan ratusan situs peninggalan yang ditemukan di area ini. Walaupun gres sebagian kecil yang di pugar, Namun bagi Anda yang sedang berkunjung ke Propinsi Jambi dan pecinta Sejarah Indonesia, Anda wajib untuk mengunjungi Komplek Candi Muaro Jambi ini. 

sumber:
wikipedia.id

 

 

Hotel di Jambi:



Booking.com

 

 

 

 

 

 

Demikian ulasan mengenai Menyelusuri dan mempelajari Kompleks Candi Muaro Jambi semoga bermanfaat dan salam traveling!