Objek Wisata Menarik Museum Timah Kepulauan Bangka Belitung

 

Objek Wisata Menarik Museum Timah Kepulauan Bangka Belitung terletak di Desa Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letak strategisnya berada pada posisi 02°07’14² LS – 106°06’35² BT (48 M 0623391 mU – 9765815 mT). Rumah milik Banka Tinwinning Bedrjff ini pernah dijadikan tempat negosiasi pra Roem-Royen antara wakil pemerintah Republik Indonesia, utusan Komisi Tiga Negara (KTN) dan utusan Pemerintah Hindia Belanda. tempat ini di pakai alasannya ialah tempat negosiasi di Gunung Menumbing, terasa kurang representatif. ika anda berkunjung ke museum ini, kesan bangunan renta beraksitektur Belanda terang terlihat semenjak anda masuk halaman museum. Kesan kuno ini bertambah besar lengan berkuasa dengan dipajangnya sebuah lokomotif kuno yang dulunya dipakai untuk penambangan timah pada masa penjajahan Belanda di halaman museum. Namun kesan kuno inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung museum Timah yang satu-satunya berada di daerah Asia.

 

 

 

 ini pernah dijadikan tempat negosiasi pra Museum Timah Kepulauan Bangka Belitung

 

ketika masuk kedalam museum, sejarah penambangan timah tempo dulu semenjak periode ke 17 dimasa kesultanan Palembang dan kolonial Belanda dengan rapi ditampilkan di sejumlah ruangan didalamnya. Ada banyak gambar-gambar penambangan timah semenjak jaman Belanda dan sejumlah alat-alat penambangan yang digunakan. Ada alat tradisional centong air kayu yang dipakai kuli tambang timah untuk menciduk air dan bijih timah serta alat-alat jadul lainnya. Museum Timah Indonesia didirikan pada tahun 1958, dengan tujuan mencatat sejarah pertimahan di Bangka Belitung dan memperkenalkannya pada masyarakat luas. Pendirian museum ini berawal tahun 50-an ketika ketika itu dalam aktivitas penambangan banyak ditemukan benda-benda tradisional yang dipakai oleh penambang zaman dahulu, utamanya pada zaman Belanda. museum ini sangat berkhasiat bagi masyarakat luas alasannya ialah didalamnya pengunjung sanggup mengetahui sejarah pertimahan di Bangka Belitung dan menjadi wisata edukasi bagi masyarakat luas. Museum Timah Indonesia, tidak hanya bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya yang ingin mengetahui sejarah pertimahan, namun juga telah menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke objek wisata ini.
 ini pernah dijadikan tempat negosiasi pra Museum Timah Kepulauan Bangka Belitung

Sejarah Singkat Museum Timah

Sejarah awal mula aktivitas penambangan timah di Bangka Belitung sudah dimulai semenjak zaman dahulu, terbukti dengan ditemukannya perlengkapan dan alat-alat penambangan yang masih bersifat tradisional menyerupai era 1950-an. Sebagai perjuangan untuk melestarikan, menyimpan, dan merawat benda-benda beserta bangunan peninggalan tersebut, maka pemerintah setempat membangun museum timah pertama bahkan satu-satunya di Asia yang berjulukan Museum Timah Indonesia. Pada tahun 1948, bangunan ini menjadi saksi sejarah kedaulatan Indonesia. Di sini, pernah diadakan pertemuan antara para tokoh penting pendiri bangsa dengan utusan dari PBB. Pertemuan tersebut diadakan untuk membicarakan penyerahan kedaulatan Belanda kepada Republik Indonesia. Museum Timah Indonesia diresmikan untuk umum pada tanggal 2 Agustus 1997 yang berlokasi di sentra Kota Pangkal pinang, alamat tepatnya di Jalan Ahmad Yani no 179 Pangkal pinang. bangunan ini sudah dua kali mengalami pemugaran yakni pada tahun 1997 dan tahun 2010 hingga kini dan menjadi tempat wisata edukasi anak sekolah.

 

 

 

 ini pernah dijadikan tempat negosiasi pra Museum Timah Kepulauan Bangka Belitung
Bangka Belitung juga pernah di jadikan latang belakang sebuah film Laskar Pelangi. Memasuki daerah museum, pengunjung akan disambut oleh bor bangka yang klasik. di dalam museum pengunjung sanggup melihat banyak sekali macam pernak-pernik yang berbahan  97% terbuat dari sebuah timah antara lain berbenuk berupa Plakat, Perahu Phinisi, Truk Pengangkut, Gantungan Kunci, hingga Bros dan lain-lain. Menurut akreditasi penjaga museum, semua hasil kerajinan timah tersebut dibentuk secara manual oleh para perajin timah yang banyak tinggal di Pulau Bangka. anda Bukan hanya sanggup menyaksikan ihwal sejarah perkembangan timah saja namun, pengunjung sanggup menyaksikan proses pembuatan kerajinan berbahan timah yang berjulukan Pewter. Pewter dibentuk oleh beberapa orang pengrajin dimana proses pembuatannya memakan waktu bermacam-macam yang sanggup memakan waktu 1 hari, seminggu, bahkan berbulan-bulan, semua tergantung dari tingkat kesulitan dan ukuran besar kecilnya pewter tersebut. Kerajinan Pewter ini pun sanggup eksklusif dibeli oleh para pengunjung sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari museum ini. Harganya mulai dari 30ribu hingga dengan puluhan juta rupiah. pengrajin di museum timah indonesia ini pun mendapatkan pesanan pewter untuk beberapa miniatur menarik menyerupai Kapal terbang, Kapal Laut, Alat-alat Berat dan lain-lain.

Demikianlah warta ihwal Objek Wisata Museum Timah Indonesia yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. wisata ini sungguh sangat menarik untuk di kunjungi karna anda sanggup menerima edukasi ihwal tambang timah yang satu-satunya Museum Timah di dunia.



Booking.com