Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung Di Pangkajene Sulawesi Selatan

 

 

Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung Di Pangkajene Sulawesi Selatan yaitu salah satu tempat wisata yang berada di pangkajene sulawesi selatan,Obyek Wisata Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan yaitu tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan sanggup memperlihatkan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari.

Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan bila anda berada di kota pangkajene tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi dikala liburan panjang ibarat libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan.

Lokasi

Dimana lokasi Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan ? ibarat yang tertulis di atas lokasi Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan berada di pangkajene sulawesi selatan.

Tetapi bila anda masih galau di mana lokasi atau letak Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

 

 

Daya Tarik

Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi alasannya pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah pangkajene  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota pangkajene juga populer akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalahWisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan ini. Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata yang berupa taman yang sangat di minati oleh masyarakat pangkajene dan sekitarnya.seluas ± 43.750 Ha. Secara manajemen pemerintahan, daerah taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Secara geografis areal ini terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan.

Secara kewilayahan, batas-batas TN Babul yaitu sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.Taman nasional ini ditunjuk menjadi daerah konservasi atau taman nasional menurut Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung mempunyai banyak sekali keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal yaitu kupu-kupu. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu. Taman Nasional ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan gua yang merupakan habitat bermacam-macam spesies [termasuk kupu-kupu].

Taman Nasional ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Di tempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Antara tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di daerah tersebut untuk meneliti banyak sekali jenis kupu-kupu. Wallace menyatakan Bantimurung merupakan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Menurutnya di lokasi tersebut terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu.

Fasilitas

Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan  sanggup dibilang sebuah wisata taman yang mempunyai beberapa akan kemudahan dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Penginapan

– dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota pangkajene sudah tidak galau lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka galau dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota pangkajene  saya mempunyai solusinya semoga anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan dengan menggunakan kendaraan  langsung ibarat : Mobil atau motor pribadi. Anda sanggup meminta panduan arah ke Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena menggunakan kendaraan langsung akan lebih menyenangkan dari pada menggunakan kendaraan umum.

Akan tetapi bila anda menggunakan kendaraan umum ibarat : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan problem besar, pasalnya anda sanggup berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan langsung anda menuju lokasi Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan tersebut.

 


Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Pulau Saugi Di Pangkajene Sulawesi Selatan


Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Taman Nasional Bantimurung di Pangkajene Sulawesi Selatan,anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang pelengkap seperti  kamera alasannya anda niscaya ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya yaitu sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung Di Pangkajene Sulawesi Selatan semoga bermanfaat ya.