SHOPPING CART

close

Objek Wisata Budaya Candi Kalasan Yogyakarta Yang Mempesona – 17sekians

Booking.com
 Candi Kalasan yakni salah satu Candi Budha tertua di Jawa yang berada di Desa Kalasan Objek Wisata Budaya Candi Kalasan Yogyakarta


Berikuta adalah Objek Wisata Budaya Candi Kalasan Yogyakarta Yang Mempesona – 17sekians . Candi Kalasan yakni salah satu Candi Budha tertua di Jawa yang berada di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta, berjarak kurang lebih 2 km dari Kawasan Objek Wisata Candi Prambanan.
Bentuk desain dari bangunan Candi Kalasan ini mempunyai stupa sebanyak 52 buah. Seperti tertera pada prasasti Kalasan berangka tahun 778 Masehi, ditulis dengan aksara Pranagari, yang ditemukan di sekitar tempat candi tersebut yang menyebutkan bahwa pembangunan Candi Kalasan bertujuan untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara. Pembangunan candi tersebut dilakukan pada masa kekuasaan Rakai Panangkaran yang berasal dari dinasti Syailendra. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembangunan Candi Kalasan merupakan bukti kehadiran wangsa Syailendra ke tanah Jawa.
Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta merupakan salah satu wisata budaya yang wajib dilestarikan di Indonesia alasannya yakni Candi ini merupakan salah satu peninggalan budaya yang mempunyai keindahan gesekan ornaman yang sangat indah dan unik.
Selain itu, Candi Kalasan juga mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu  adanya lapisan epilog dari getah tanaman tertentu. Lapisan ini dinamakan dengan istilah Bajralepa, mirip dengan detil hiasan pada Candi Sari. Tubuh dan atap candi dihiasi dengan beraneka relung dan arca-arca budha. Keindahan gesekan pada badan candi ini mengatakan bahwa pada masa tersebut, terlah mempunyai andal ukir dan pemahat yang cukup hebat. Hal ini juga mengatakan betapa hebatnya perkembangan seni pahat dan seni ukir pada jaman dulu.
Akses Objek Wisata Candi Kalasan
Untuk menuju Kawasan Candi Kalasan tidaklah sulit, berada di jalur utama jalan Jogja-Solo dan letaknya yang berdekatan dengan Candi Prambanan, menciptakan terusan menuju tempat candi ini tidaklah begitu sulit. Jika pengunjung memakai angkutan umum, dapat memakai bus jurusan Jogja-Solo. Sementara  anda memakai kendaraan pribadi, dari arah Yogyakarta ke arah timur dan mengambil jalur ke Candi Prambanan.

Baca artikel lainnya : 

Tanjung Benoa Bali – Destinasi wisata Menarik di Pulau Dewata Bali

 

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta, segala isu mengenai candi peninggalan agama Budha ini di rangkum dari aneka macam sumber, semoga dapat menjadi tumpuan bagi anda untuk mengenal perihal Candi Kalasan nan indah ini. Terima kasih dan selamat berkunjung di Objek Wisata Budaya Candi Kalasan Yogyakarta Yang Mempesona – 17sekians
Tags:
Share