SHOPPING CART

close

Objek Wisata Desa Penglipuran Di Bali ini merupakan adalah salah satu desa terbersih di Dunia, Anda sudah pernah kesana?

Booking.com

 

Objek Wisata Desa Penglipuran Di Bali ini merupakan adalah salah satu desa terbersih di Dunia
Musim libur akan segera tiba, sudahkah anda merencanakan liburan keluarga anda, banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di indonesia khususnya di Bali. ada suatu desa yang sangat terkenal di Bali namanya Desa Penglipuran di kabupaten Bangli. Objek Wisata Desa Penglipuran Di Bali ini merupakan adalah salah satu desa terbersih di Dunia 

Desa ini sangat terkenal bukan hanya di Bali tapi di manca negara karena memegang predikat menjadi salah satu desa terbersih yang ada di dunia. Desa Penglipuran terbersih di dunia ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran.
 
Biasanya selama musim berlibur , jumlah wisatawan yang mengunjungi  meningkat drastis hingga mencapai 15 persen atau mencapai 400 wisatawan per harinya. Jumlah ini diperkirakan akan semakin meningkat ketika akan pergantian tahun tahun baru. “Pada 1 Januari diperkirakan bisa mencapai 4 ribu orang  wisatawan,” ujar I Nengah Moneng, beliau adalah Ketua Pengelola Desa Penglipuran Penglipuran dikutip dari halaman beritabali.com, Sabtu (31/12/2016).
 
desa penglipuran
 
Desa Penglipuran di kabupaten Bangli bisa bersih seperti sekarang ini  karena merupakan warisan kebiasaan dan keseharian yang di turunkan dari para tetua dan leluhur mereka. Karena semenjak mereka kecil masyarakat selalu terbiasa di ajarkan untukk hidup bersih dan selalu menjaga alam sekitarnya.
Dan juga Kondisi tersebut juga diperketat dengan adanya awig-awig atau juga di sebut aturan desa adat Penglipuran
 
Dengan semakin sering adanya kunjungan dan meningkatnya  wisatawan baik asing maupun local yang datang , membuat masyarakat Desa disana mulai mendapatkan hasilnya. Jika anda berkunjung di sana di tiap rumah masyarakat Lokal disana terdapat warung-warung, art shop, dan ada home stay juga bagi yang ingin tinggal sementara.
Desa Penglipuran kabupaten Bangli memiliki jarak sekitar 01 jam jika di tempuh dari Kota Denpasar. Untuk masuk ke Desa Penglipuran berbasis masyarakat ini, Memasuki area Desa Penglipuran Desa Penglipuran, anda akan merasakan atmosfir suasana dari sebuah  desa tradisional Bali yang tertata sangat rapi . Di sekitar Jalanan desa terlihat masih seperti jaman dahulu sangat tradisional, dengan ciri khas rumah orang Bali berisikan angkul-angkul atau gapura rumah masyarakat Lokal yang semua bentuknya sama.
 
Selain melihat suasana Desa Bali yang tetap tradisional,  wisatawan yang datang juga bisa melihat kondisi lingkungan yang sangat bersih nan rapi. Tampaknya Masyarakat Lokal desa di sana sangat sadar untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan Desa. Contohnya, mereka selalu menata tanaman dirumah masing-masing.
 
 
Hal lainnya, wisatawan bisa juga melihat Pura Desa yang memiliki umur hampir ratusan tahun, dan juga jalan-jalan ke hutan bambu dan melihat Karang Memadu.
Karang Memadu adalah  salah satu area di desa yang persiapkan bagi masyarakat Lokal desa yang berkeinginan untuk mempunyai  istri lebih dari satu. Mmmh..
Walaupun sudah disiapkan oleh pihak desa, akan tetapi Karang Memadu samapai sekarang belum pernah digunakan.
 
Salah satu penghargaan tertinggi Desa Penglipuran adalah menjadi salah satu desa terbersih di dunia, versi dari sebuah media perjalanan wisata. Dua desa lainnya yang mendapat predikat desa terbersih adalah Desa Giethoorn berada di Belanda dan Desa Mawlynnong berada India. Sangat bangga sekali ya ada loh salah satu desa di Indonesia yang di akui dunia.
 

baca artikel menarik lainnya :

03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajib kesana

 
Lokasi Desa Penglipuran kabupaten Bangli :
 
·         Desa Penglipuran berada di kelurahan Kubu, kabupaten Bangli, Provinsi Bali.
·         Lokasi Desa sangat strategis yakni ada pada jalur wisata menuju Kintamani
Dan jaraknya detail dari berbagai kota (sumber : Wikipedia) adalah:
·         5 Km jika dari pusat kota Bangli
·         45 Km jika dari pusat kota Denpasar
·         700 m dpl (berada di atas permukaan laut)
Luas Desa Penglipuran mencapai 112 ha (hektare) yang terdiri dari:
·         37 ha luas hutan bambu
·         49 ha luas ladang
·         12 ha luas perumahan penduduk
Batas-batas  wilayah Desa Penglipuran (sumber;Wikipedia) :
·         Timur = Desa Adat Kubu
·         Selatan = desa adat Gunaksa
·         Barat ada Tukad (sungai)
·         Utara = desa adat Kayang
Lokasi Desa Penglipuran berdasarkan Google Map cek di bawah:
Ok Sekarang kalau menuju kesana apakah ada tiket masuknya? Ya untuk menuju kesana akan dikenakan biaya tiket masuk .
 
Harga Tiket Masuk menuju Desa Penglipuran Bali tahun 2017 :
 
Bagi Wisatawan Lokal :
·         Dewasa : 15 ribu /orang
·         Anak- anak : 10 ribu /orang
 
Bagi Wisatawan  Asing
·          Dewasa: 30 ribu / orang
·         Anak-anak :  25 ribu / orang
 
Sekian dulu informasi mengenai Objek Wisata Desa Penglipuran Di Bali ini merupakan adalah salah satu desa terbersih di Dunia , Jangan lupa kesini ya menikmati suasana desa yang nyaman dan bersih, seakan kita akan terbawa pada jaman dahulu saja jika dating ke sini. Semua nya masih asri, nyaman, masyarakatnya juga sangat welcome dan ramah.
 

 

 

Tags:

0 thoughts on “Objek Wisata Desa Penglipuran Di Bali ini merupakan adalah salah satu desa terbersih di Dunia, Anda sudah pernah kesana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share