Objek Wisata, Lokasi dan Harga Tiket Taman Kupu-Kupu butterfly Park di Tabanan Bali

Objek Wisata, Lokasi dan Harga Tiket Taman Kupu-Kupu butterfly Park di Tabanan Bali
Minggu lalu traveling lagi ke salah satu objek wisata Taman kupu-kupu butterfly Parkdi tabanan Bali ternyata ada juga sebuah penangkaran tentang berbagai macam jenis kupu-kupu di buat sebagai objek wisata jadi kita bisa datang berkunjung dan melihat indahnya kupu-kupu yang sekarang sangat jarang di lihat.
 
Denah Taman Kupu-kupu 
 
 
Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park Tabanan merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Tabanan Bali dan merupakan tempat  pelestarian dan penangkaran kupu-kupu yang terbesar  buan hanya di Bali namun di Indonesia dan Asia Tenggara lo. Objek wisata ini juga di jadikan sebagai tempat edukasi dan penelitian.
 
Foto bersama mantis dan kumbang

 

 
 
Jika selama ini kita hanya bisa melihat kupu-kupu di alam bebas maupun di gambar , di tempat ini kita bisa menyentuhnya tapi tentunya harus ada seijin petugas ya, mengingat sebagaian kupu-kupu yang ada merupakan tipe kupu-kupu langka contohnya kupu-kupu barong. Kita juga di berikan waktu untuk berfoto bersama kupu-kupunya, binatang yang lain yang ada seperti kalajengking, mantis, kumbang juga ada di sini
Bagi anda yang masih belajar, mahasiswa tempat ini sangat rekomended buat jadi bahan edukasi dan penelitian anda. Ada ribuan ekor kupu-kupu di sini dari berbagai jenis dan speciesnya, dan juga macam serangga yang di lestarikan. objek wisata kupu kupu buterfly park di tabanan merupakan tempat penangkaran dan pengembakbiakan kupu-kupu, jika sudah terhitung dewasa kupu-kupu ini akan dilepas ke alam bebas, mantap kali kan
 
 
Tempat penangkaran kupu-kupu 
 

 

 

Ini namanya kupu-kupu Brong Bali, cantik sekali bukan.

 
 
 
Latar Belakang Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park
Awal berdirinya adalah Obje wisata Taman Kupu-kupu Butterfly Park Tabanan bermula dari penyelenggaraan adanya Konferensi Kupu-kupu Internasional (International Butterfly Conference) di kota Ujung Pandang pada tanggal 23-27 Agustus 1993 dari Departemen Pariwisata Republik Indonesia. Konferensi ini di ikuti oleh para ahli kupu-kupu dari luar dan dalam negeri tersebut, dan membahas mengenai kekayaan, keragaman kupu-kupu yang ada di Indonesia serta membahas bagaimana upaya pengelolaan dan pemanfaatannya secara bagik sekaligus mencoba  memperkenalkan taman kupu-kupu alami yang berada di daerah  Bantimurung Sulawesi Selatan kepada dunia pariwisata guna menjadi contoh bagi pendirian-pendirian taman kupu di tempat lainnya.

 

 

 
Nah setelah konferensi tersebut berakhir, beberapa peserta dalam negeri termasuk dari bagian PT Ikas Amboina mencoba berkumpul dan membahas kembali poin-poin dari pertemuan tersebut, yaitu pelestarian dan pemanfaatan kupu-kupu yang bisa diikutkan dalam aktivitas pariwisata, Mereka mencoba menciptakan menciptakan replika dari taman kupu-kupu alami seperti yang ada di daerah Bantimurung sulawesi selatan dan mencari cara agar tetap bisa melestarikan serta memanfaatkan kupu-kupu secara berkesinambungan.
Setelah tiga bulan dari penyelenggaraan konferensi di Ujung Pandang tangal 28 November 1993, maka dibentuklah PT Kupu-kupu Taman Lestari sebagai pengelola dan pendiri taman kupu-kupu yang diberi nama Bali Butterfly Park yang ada di Tabanan Bali sekarang ini.
Setelah mendapatkan ijin juga dari pemerintah pusat , tgl 17 december 1996 taman kupu-kupu bali ditetapkan sebagai salah satu objek wisata alam dan edukasi, pembangunannya mencapai 3 tahun lamanya,  objek wisata ini diresmikan oleh Ibu Asiawati Oka (ketua Tim PKK provinsi Bali)
 

 

 
Lokasi dan harga tiket Masuk Objek wisata Taman Kupu-kupu Buterfly park di Tabanan Bali :
Objek wisata Taman Kupu-kupu beralamat di Jalan Batukaru, Sesandan , Buruan Penebel Kabupaten Tabanan Bali 821181
Jarang yang ditempuh dari pusat kota tabanan sekitar 30 menit
Jam berkunjung : 08.00 am – 17.00
Harga tiket : Rp. 30.000 / orang
No. telpon : 0361. 8940596


Objek wisata ini memiliki luas tanah 1 Ha, memiliki ribuan jenis kupu-kupu, berbagai jenis taman bunga dan tanaman.

 

Sejauh kami berkunjung , di tempat ini  terdapat lima jenis kandang yang dipergunakan dalam memproses penangkaran kupu-kupu adalah kandang reproduksi, kandang pemeliharan telur, tempat pemeliharaan larva, kandang kepompong, dan terakhir kandang kupu-kupu. Anda bisa langsung berfoto instagram dengan kupu-kupu, coba aja lihat kupu-kupu barong, kupu-kupu ini sangat besar dan berjeis langka dan asli Bali. Sudah ga sabar ya ingin ke sana, Tempatnya sangat mudah di jangkau karena letaknya di pinggir jalan besar hanya sekitar 50 meter saja jalan masuk menuju taman kupu-kupu
 
Di akhir tur, kita akan memasuki museum dari Objek wisata taman kupu-kupu butterfly park, di sana akan melihat berbagai macam kupu-kupu yang sudah di awetkan

 

 

 

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA :
08 objek Wisata Terkenal dan Keren di Tabanan Bali 2017, Yuk Mampir ke Sana!

 

 

Toilet nya juga luas dan bersih..

 

 
 
sekians dulu informasi traveling ke objek wisata taman kupu-kupu di daerah Tabanan Bali dan semoga bermanfaat ya
 
YUK DI SHARE!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *