Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali -17sekians

 Pura Besakih merupakan pura terbesar dari pura yang ada di pulau Bali yang mengatakan pem Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali – Pura Besakih merupakan pura terbesar dari pura yang ada di pulau Bali yang mengatakan pemandangan yang indah dari setiap pura yang ada di komplek pura terbesar ini. Pura Besakih terletak di desa Besakih, kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Komplek Pura Besakih ini terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

Nama Besakih berasal dari kata “Basuki”, diambil dari kata “Wasuki” yang berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekertanya. Sedangkan, dalam mitologi Samudramanthana, nama “Besuki” bekerjsama mengacu pada  “Naga Besukian”, yang mendiami Gunung Agung, gunung berapi yang ada di Bali.
Komplek Pura Besakih dianggap sebagai kawasan suci semenjak zaman kuno.  Berdasarkan catatan prasasti kuno 1007 Masehi. Diketahui bahwa semenjak kala ke-15, Besakih dianggap sebagai sentra candi Hindu di Pulau Dewata Bali.

Keberadaan Pura Agung Besakih, tidak sekedar menjadi kawasan pemujaan terhadap Yang Mahakuasa YME, berdasarkan iman Agama Hindu Dharma, yang terbesar di pulau Bali, namun di dalamnya mempunyai keterkaitan latar belakang dengan makna Gunung Agung. Sebuah gunung tertinggi di pulau Bali yang dipercaya sebagai sentra Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata, yang menjadi utusan Yang Mahakuasa untuk wilayah pulau Bali dan sekitarnya. Sehingga tepatlah kalau di lereng Barat Daya Gunung Agung dibentuk bangunan untuk kesucian umat manusia, Pura Besakih yang bermakna filosofis.

 

 

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata keren nan Indah Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat

 

 

Akses menuju Wisata Pura Agung Besakih
Untuk menuju Objek Wisata Pura Besakih, kalau anda dari Kuta, diperlukan sekitar 2 jam untuk hingga di Pura Besakih. Anda cukup menuju ke timur ke arah Sanur, kemudian ikuti jalur pantai, yang terhubung ke Bypass Kusamba di Tohpati. Lalu ke utara hingga Anda menemukan tanda jalan menuju Besakih dan sehabis beberapa kilometer berbelok ke utara.

Jika Anda dari Klungkung, anda sanggup memakai transportasi umum ibarat Bemo dan bus umum berukuran kecil yang akan membawa Anda ke Besakih dari Klungkung. Bemo sering berangkat pada pagi hari dan disarankan untuk berganti bemo di Rendang, pertengahan antara Klungkung dan Besakih.

Jika Anda dari utara Denpasar dengan kendaraan beroda empat jarak yang akan anda ditempuh sekitar 25 kilometer. Namun, kalau Anda dari timur Bali ibarat di Tirta Gangga, Candidasa, atau Amed, Anda sanggup mencapai Besakih dengan mengambil jalan pedalaman yang lebih kecil dari Karangasem. Jalur ini akan membawa Anda ke perempatan antara Besakih dan Klungkung di Rendang, kemudian berbelok ke kanan untuk mencapai Pura Besakih. Selama satu jam perjalanan Anda, Anda akan menikmati pemandangan indah dalam perjalanan melalui hutan, desa, dan sawah.

Demikian isu mengenai Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali -17sekians, segala isu dari artikel ini diambil dari banyak sekali sumber. Semoga Bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.