SHOPPING CART

close

Objek Wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar, Yuk Kesana

Booking.com
Objek Wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar, Yuk Kesana

Gianyar Bali memiliki banyak sekali Objek wisata menarik ini di buktikan dengan banyak nya hotel yang beroperasi disana, ada 2 tempat wisata yang akan dibahas di sini yakni objek wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar, yuk kesana saat berlibur ke Bali ya.

Gianyar adalah sebuah Kabupaten bagian dari Provinsi Bali, ada satu daerah yang sangat terkenal di sini adalah Ubud bayak wisatawan asing maupun lokal kesini karena daerah Ubud memang terkenal dengan centralnya dari seni dan budaya bali dan juga untuk mencari ketenangan dalam berlibur. Hotel dan penginapan yang berdiri banyak menyuguhkan latar dan pemandangan alam yang indah.

17sekians akan menceritakan tentang 02 Objek wisata yakni Pura Tirta Empul dan Istana Presiden, kenapa? karena letak 02 tempat ini yang sangat berdekatan jadi jika travelers bisa lebih menghemat waktu dan biaya juga.

Hal Pertama yang ingin kita bahas adalah Objek Wisata Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul terletak di Kecamatan Tampaksiring kabupaten Gianyar, Luas Tampaksiring mencapai 4.263 km/segi. Untuk mencapai tempat ini dari Bandara Ngurah Rai memerlukan waktu sekitar 1,5 – 2 jam dengan menggunakan Mobil atau Motor. Kecamatan tampaksiring lebih terkenall dengan nama pura tirta empul
keunikan dari Pura tirta empul adalah disini terdapat sebuah mata air yang digunakan Masyarakat Bali sebagai tempat permandian untuk menyucikan diri agar di jauhi oleh hal -hal yang bersifat negatif, tempat ini juga boleh di kunjungi oleh umum bahkan wisatawan asing maupun lokal banyak yang sudah datang ke sini

Sejarah singkat Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pura Tirta Empul Tampaksiring

Tampaksiring berasal dari Kata Tampak yang artinya Telapak dan Siring artinya Miring, dalam Lontar Usana Bali mengatakan bahwa telapak yang di maksud adalah telapak dari sang raja Mayadewana. Sang Raja memiliki kesaktian yang hebat namun memiliki sifat angkuh dan jahat, dia menganggap dirinya adalah sama layaknya dewa. Kesombongan raja Mayadewana terdengar oleh Dewa Indra dan akhirnya Dewa Indra menutus pasukannya untu membasmi sang raja yang sombong.
Raja mayadenawa pun kalah dari peperangan tersebut dan melarikan diri ke arah hutan, agar tidak terlacak oleh Dewa Indra, sang Raja berjalan ke hutan dengan cara memiringkan kakinya ke tengah hutan belantara. Namun karena yang menjadi lawannya adalah seorang Dewa Indra maka raja Mayadenawa berhasil ditangkap. Sebelum penagkapan beliau sang raja telah menciptakan sebuah mata air beracun yang berhasil membunuh sebagian dari pasukan Dewa Indra karena telah meminum air beracun tersebut. Dengan Kasaktian yang dimiliki Dewa Indra , sang Dewa pun mencptakan penawar dari mata air beracun bernama tirta empul (air suci) dan sekarang pura yang memiliki mata air itu bernama Pura Tirta Empul sedangkan Hutan tempat pelarian raja Mayadenawa dengan bejalan miring bernama Tampaksiring dan menjadi kawasan wisata Tampaksiring.

Ceritanya menarik dan keren ya, yang pastinya Pura tirta empul adalah objek wisata menarik tempat permandian yang bisa di gunakan juga oleh para wisatawan. Masyarakat Bali sendiri sering melakukan tradisi melukat dengan mandi di pancuran Tirta empul untuk menyucikan diri dari pengaruh jahat dari luar dan buang sial, Untuk mandi di sini traveler wajib untuk tetap menggunakan baju dan kain (kamen)

Tepatnya tidak jauh dari lokasi Pura Tirta Empul Tampaksiring terdapat objek wisata lain yang menarik yakni Istana Presiden Indonesia.

Pura Tirta Empul pernah di kunjungi oleh Mantan Presiden Amerika Barrack Obama, beliau juga menginap di daerah Ubud.
Sedikit info buat travelers yang ingin berendam ke kolam tirtaempul bahwa sebelum masuk kedalam kolam, Biasanya umat hindu melakukan sembahyang terlebih dahulu dan mulai berjalan ke arah kolam yang memiliki pancuran sebanyak 13 pancuran air suci. Setelah berada di dalam kolam sebaiknya berdoa terlebih dahulu baru kemudian membasuh muka di pacuran air dengan perlahan-lahan . di atas setiap pancuran terdapat sesaji yang dinamakan canang sari , traveller bisa juga melakukannya. setelah selesai kita mengganti pakaian karena sudah tersedia ruang ganti disini.

 

Baca artikel lainnya : 

Cari Hotel Murah dengan Cepat dan Aman di Tempat Tujuan Libur Anda

 

Istana Presiden Tampaksiring

Istana Presiden Tampaksiring

Istana Presiden di Tampaksiring dibangun oleh presiden Bapak Ir. Soekarno pada tahun 1957 – 1960 , Istana megah ini sengaja di bangun karena Presiden menginginkan dan memiliki sebuah tempat peristirahatan jika berkunjung ke Bali dan istana ini di peruntukan juga buat tamu kenegaraan saat berkunjung ke Bali, lokasi di pilih di Tampaksiring karena Beliau menginginkan lokasi istana harus memiliki pemandangan alam, jauh dari keramaian dan tenang.

Pembangunan Istana luamayan lama dan perlahan – lahan , sang arsitek nya bernama RM Soedrsono, Bangunan pertama yang di bangun adalah WIsma Merdeka dan Wisma Yudistira. Pada saat KTT ASEAN Summit XIV yang di gelar di Bali tahun 2003, istana presiden mengalami renovasi dengan menambakan bangunan yakni penambahan bangunan sarana untuk konfrensi dan ruang resepsi untuk tamu negara, renovasi balai wantilan agar lebih nyaman saat menyaksikan pertunjukan kesenian tamu negara.

Di Indonesia sendiri terdapat 06 istana presiden, salah satunya ada di Bali karena Presiden Soekarno menyadari bahwa Bali sangat terkenal akan budayanya di Mancanegara sehingga di piihlah bali untuk di bangun istana Presiden, Istana Presiden di Tampaksiring adalah satu-satunya istana yang dibangun setelah kemerdekaan Indonesia, bangunannya sangat berbeda dengan istana yang ada di Indonesia karena Bapak Soekarno juga memberikan ide-ide rancangan bangunan istana. Jika ke 5 istana yang lain kental akan desain eropanya di Istana presiden tampaksiring lebih berciri khas indonesia dan nuansa Balinya.

Istana ini pernah di pakai presiden SBY mengadakan pertemuan dengan presiden Timor Leste, untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi antara kedua negara pasca kemerdekaan timor leste tahun 1999.

Istana Presiden Tampaksiring

Alamat Objek Wisata :

Pura Tirta Empul dan Istana Presiden di Desa Tampaksiring Berada di Desa Tampaksiring, Gianyar
Tiket Masuk : Rp. 15.000/orang

Jangan lupa juga untuk membaca 08 objek wisata di Ubud Gianyar ya, karena objek wisata di Gianyar ada banyak sekali, Pastikan untuk mengujungi semuanya ya. Nah untuk pemesanan Kamar hotel bisa memilih hotel favorit anda di bawah. :



Booking.com

 

Baca juga artikel lainnya :

Berlibur Ke Korea dengan Cara Mudah dan Murah, Yuk langsung tonton videonya di sini

10 Objek Wisata Menarik dan keren di Denpasar Bali yang Perlu Travelers Kenal

 

Demikian ulasan mengenai Objek Wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar , semoga bermanfaat dan jika suka artikel ini jangan lupa untuk di share ya.

 

Tags:

0 thoughts on “Objek Wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar, Yuk Kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share