Objek Wisata Desa Tinalah Di Wates Kulon Progo Yogyakarta

 

Objek Wisata Desa Tinalah Di Wates Kulon Progo Yogyakarta ialah salah satu tempat wisata yang berada di . Objek Wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan sanggup menawarkan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari.

Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan kalau anda berada di kota Kulon Progo tidak mengunjungi Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi ketika liburan panjang menyerupai libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di akrab atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek wisata Desa Tinalah di kota Kulon Progo.

Lokasi

Dimana lokasi Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta ? menyerupai yang tertulis di atas lokasi terletak di . Tetapi kalau anda masih resah di mana lokasi atau letak Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Desa Wisata Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta  di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

 

Daya Tarik

Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta ini berada dalam satu wilayah Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Melihat corak lingkungannya maka bangunan tersebut merupakan salah satu Land Mark (tengeran) di dalam daerah Kompleks Perkantoran Kabupaten. Bale Agung merupakan salah satu gedung yang berarsitektur indis di daerah Kulon Progo.

Ciri utama arsitektur indis yaitu perpaduan teknik bangunan lokal dengan kolonial, sebagai salah satu cara dalam berdaptasi dengan iklim tropis. Sesuai dengan prasasti yang tertempel di depannya, bahwa Bale Agung berdiri tahun 1918. Prasasti yang tertempel di dinding depan terdiri dari dua lempengan batu.  Prasasti di sisi kiri merupakan candra sengkala yang berbunyi Bale Agung ing “Ngesti Prayogi Samadyaning Siniwi”.

Candra Sengkala ini tertulis dalam karakter Jawa. Candra Sengkala ini berarti tahun pendiriannya yaitu 1918. Ngesti berarti 8, Prayogi itu satu, Samadyaning berarti 9 dan Siniwi (didudukkan) juga berarti satu. Jadi, ‘ngesti-prayogi-samadyaning-siniwi’ bernilai 8-1-9-1, atau 1918 Masehi. Sedangkan prasasti di sisi kanan bertuliskan Bale Agoeng 1918. Kedua prasasti ini memperlihatkan kalau Bale Agung didirikan pada masa kolonial Belanda.

Bangunan ini mempunyai tugas sejarah dalam proses penyatuan wilayah Adikarto dan Kulon Progo. Pada ketika proses penyatuan wilayah Adikarto dengan Kulon Progo, gedung Bale Agung dijadikan sebagai lokasi penandatanganan akad penyatuan kedua wilayah tersebut.

 


Baca artikel lainnya:

Objek Wisata Alam Goa Kidang Kencana Di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta


Fasilitas

Objek wisata Desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta sanggup dibilang sebuah wisata sejarah yang mempunyai beberapa akan akomodasi dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– tempat penyimpanan cagar budaya

– ruang rapat

– dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Kulon Progo sudah tidak resah lagi untuk mendatangi lokasi Objek Desa Wisata Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka resah dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Kulon Progo saya mempunyai solusinya supaya anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek  Wisata desa  Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan eksklusif menyerupai : Mobil atau motor pribadi. Anda sanggup meminta panduan arah ke Objek Desa Wisata Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena menggunakan kendaraan eksklusif akan lebih menyenangkan dari pada menggunakan kendaraan umum.

Akan tetapi kalau anda menggunakan kendaraan umum menyerupai : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan dilema besar, pasalnya anda sanggup berhenti di terminal bus kota Kulon Progo. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan eksklusif anda menuju lokasi Objek Desa Wisata Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata  desa Tinalah di Wates Kulon Progo Yogyakarta, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan menyerupai membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang pelengkap seperti  kamera alasannya anda niscaya ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya ialah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Desa Tinalah Di Wates Kulon Progo Yogyakarta , semoga bermanfaat ya.