Objek Wisata Alam Bendungan Kahyangan Di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta

 

Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta yakni salah satu kawasan wisata yang berada di . Objek Wisata Alam Bendungan Kahyangan Di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta yakni kawasan wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa mengatakan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Objek Wisata alam Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jikalau anda berada di kota Kulon Progo tidak mengunjungi Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata alam Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi ketika liburan panjang ibarat libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di bersahabat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi kawasan Objek Wisata Bendungan Kahyangan di kota Kulon Progo.

Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta ? ibarat yang tertulis di atas lokasi terletak di . Tetapi jikalau anda masih galau di mana lokasi atau letak Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

 

Daya Tarik

Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta memperlihatkan keindahan panorama alam yang indah. Terlihat adanya bebatuan khas pegunungan serta tebing yang tinggi menjulang yang menambah eksotisme Bendung Kayangan. Bendung Kahyangan menyebut sebuah bendungan renta yang menampung anutan air dua sungai dari puncak perbukitan menoreh. Bendungan itu sudah ada semenjak zaman kerajaan, dan di zaman Belanda kemudian dibangun permanen.
Jika Bendung Kahyangan masih dikenal sampai kini, tidak lain alasannya yakni kegigihan warga setempat, Mulyono, yang semenjak tahun 2000 mengadakan program rutin tahunan berupa selametan. Acara tersebut dikemasnya menjadi upacara etika kembul sewu dulur dan diselenggarakan di Bendung Kahyangan, sehingga bendungan irigasi renta tersebut bisa lestari.

Selama ini, Bendung Kahyangan hanya difungsikan di ekspresi dominan penghujan. Padahal, di ekspresi dominan hujan itu semua sawah sudah tercukupi kebutuhan airnya. Padahal, fungsi bendungan itu bersama-sama justru sebagai sumber pengairan di ekspresi dominan kemarau. Namun, akhir usang tidak terurus debit air bendungan mengecil, sehingga di ekspresi dominan kemarau tak bisa difungsikan.

Bendung Kahyangan itu dibentuk oleh nenek moyang setempat sebagai sumber air di ekspresi dominan kemarau. Saat itu, ada kisah yang menceritakan dua pepundhen atau tokoh dusun setempat, yang menciptakan bendungan sederhana dengan batu-batu. Bendungan itu dibentuk untuk mengalirkan pertemuan dua sungai biar bisa dipakai di ketika ekspresi dominan kering. Lalu di zaman Belanda pada sekitar tahun 1905, bendungan itu dibentuk permanen.

Kini, Bendung Kahyangan memang masih berfungsi. Namun fungsi awalnya sebagai cadangan air di ketika ekspresi dominan kemarau belum bisa dipulihkan. Menurut Mulyono, Bendung Kahyangan itu pada zamannya bisa mengairi sekitar 9.000 Hektar sawah di ekspresi dominan kering. Sekarang, Bendung Kahyangan itu sama sekali tidak bisa diandalkan di ketika ekspresi dominan kering.


Baca artikel lainnya:

Objek Wisata Seru Tompak View Di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta


 

 

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Kulon Progo sudah tidak galau lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka galau dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota  Kulon Progo saya mempunyai solusinya biar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan eksklusif ibarat : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena menggunakan kendaraan eksklusif akan lebih menyenangkan dari pada menggunakan kendaraan umum.

Akan tetapi jikalau anda menggunakan kendaraan umum ibarat : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan problem besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Kulon Progo. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan eksklusif anda menuju lokasi Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke kawasan Objek Wisata Bendungan Kahyangan di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan ibarat membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang komplemen seperti  kamera alasannya yakni anda niscaya ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya yakni sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Alam Bendungan Kahyangan Di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta , semoga bermanfaat ya