SHOPPING CART

close
Booking.com

Objek Wisata Pantai Balekambang di Malang – Menikmati kerennya Senja Di Pura Amerta Jati

Booking.com
adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Mal Pantai Balekambang, Menikmati Senja di Pura Amerta Jati
Objek Wisata Pantai Balekambang di Malang – Menikmati kerennya Senja Di Pura Amerta Jati . Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Malang, kurang lebih 30 kilometer sebelah selatan kota Kepanjen, atau 45 kilometer sebelah selatan Kota Malang. Pantai Balekambang merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Malang yang sudah mempunyai jalan masuk jalan, selain pantai Ngliyep dan pantai sekaligus kampung nelayan sendang biru. Balekambang mempunyai garis pantai sepanjang hampir 2 kilometer, dan terdiri dari pasir yang berwarna putih dan coklat terang.
Seperti halnya pantai pesisir selatan pulau jawa, Pantai Balekambang mempunyai arus bahari yang deras serta ombak yg cukup besar, kurangnya kemudahan umum, termasuk jalan masuk jalan yang beraspal namun rusak di beberapa tempat, tidak adanya pedoman listrik dan air bersih, menciptakan pantai ini tidak begitu menerima banyak kunjungan secara rutin.
Kawasan Objek Wisata Pantai Balekambang mendapatkan kunjungan cukup banyak disaat liburan sekolah serta perayaan atau hari besar agama hindu, alasannya yaitu disini terletak sebuah pura yang terletak di sebuah pulau watu kecil, sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Selain bersantai di pasir putihnya, di pantai yang dangkal ini Anda juga sanggup berenang atau hanya bermain-main di perairannya. Akan tetapi, perlu berhati-hati jangan hingga berenang melewati batas kondusif yang ditandai dengan bendera merah. Pantai Balekambang terkenal alasannya yaitu pusaran arus bawahnya. Kegiatan lain yang tak boleh dilewatkan yaitu menantikan Matahari tenggelam, kemudian mengabadikan siluet keindahan pura Hindu yang bentuknya berbeda dari pura di Bali namun sekilas lebih seolah-olah dengan candi-candi kuno di Jawa Timur.

Untuk menikmati suguhan wisata budaya atau religi, datanglah ke pantai ini 3 hari menjelang Perayaan Nyepi. Pada hari itu akan diadakan upacara Jalani Diphuja di Pura Amerta Jati, yaitu upacara pencucian diri yang merupakan rangkaian perayaan Nyepi. Pada ritual tersebut, akan ada upacara melarung sesajen ke bahari sebagai persembahan rasa syukur kepada Yang Mahakuasa dan sekaligus memohonkan keselamatan untuk masa yang akan datang.

 

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Alam Keren Kawah Putih Ciwidey di Bandung

 

Transportasi

Karena lokasinya terpencil, yakni di pantai selatan di Kabupaten Malang maka cara terbaik untuk hingga di Obyek Wisata Pantai Balekambang yaitu dengan menyewa kendaraan beroda empat dari Malang atau Surabaya. Perjalanan dari Surabaya ke Malang akan memakan waktu sekira 2 hingga 3 jam tergantung pada kondisi kemudian lintas. Dari sentra kota Malang, diharapkan waktu sekira 2 hingga 3 lagi sebelum Anda hingga ke Pantai Balekambang.

Ada dua rute alternatif untuk mencapai Tempat Wisata Pantai Balekambang. Pertama yaitu dengan mengambil rute Malang-Kepanjen yang akan melintasi Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Sri Gonco Desa, hingga Anda mencapai Pantai Balekambang. Kedua yaitu rute Malang-Bululawang lewat Gadang dan Kendalpayak hingga Anda mencapai Gondanglegi. Dari Gondanglegi jalur yang dilalui sama dengan jalur pertama.

Penunjuk arah mulai dari Kota Malang dan di semua persimpangan utama di sepanjang jalan sudah ada dan terang sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat. Perlu diingat bahwa ketika mendekati lokasi (dari Desa Srigonco ke Pantai Balekambang), jalur perjalanan sedikit bergelombang dan ruas jalan pun sempit. Terdapat pula beberapa tikungan tajam dan berliku. Pemandangan di kiri-kanan jalan didominasi pohon jati hingga Anda mencapai pintu masuk ke pantai.

Deal harga hotel di Malang :



Booking.com

 

Obyek Wisata Pantai Balekambang yang berjarak sekira 70 kilometer dari Kota Malang yaitu destinasi pantai yang layak untuk dikunjungi. Pantainya yang indah, cocok sebagai kawasan rekreasi atau sekedar menikmati pemandangan. Bentang pantai berpasir putih sepanjang 2 kilometer berpadu dengan bunyi ombak yang mengamuk memukul pantai menyajikan keindahan yang unik. Di pantai ini juga berjejer pepohonan sebagai kawasan berteduh bagi pengunjung dari sengat Matahari. Hal tersebut menyebabkan pantai anggun ini sebagai kawasan tepat untuk berbaring dan melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari perkotaan.

Demikian ulasan mengenai Objek Wisata Pantai Balekambang di Malang – Menikmati kerennya Senja Di Pura Amerta Jati

 

Tags:

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com