SHOPPING CART

close

Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul – Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis

Booking.com

 

Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul – Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis . Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang memperlihatkan pesona keindahan alamnya yang cukup mempesona, pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul atau kurang lebih 20 km arah selatan dari kota Wonosari atau sekitar 65 km dari Kota Yogyakarta.
Selain mempunyai panorama alam yang cukup indah dengan bentangan pasir putihnya yang luas serta deburan ombak yang menantang, Kawasan Wisata Pantai Baron Jogja ini juga terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang mengalir ke maritim yang sanggup dipakai untuk pemandian sesudah bermain di sekitar pantai. Selain itu wisatawan juga sanggup menikmati aneka ikan maritim segar maupun siap saji alasannya yakni di Pantai Baron telah terdapat kemudahan berupa kawasan pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, bahtera bermesin, dan juga formasi toko yang memperlihatkan banyak sekali jenis cinderamata mulai dari buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan banyak sekali macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron Gunungkidul ini yakni bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka huruf binatang yang juga terbuat dari kerang laut.

 

Ada hal yang menarik di Kawasan Pantai Baron Jogja ini, pada setiap bulan Syuro tahun Jawa masyarakat nelayan sekitar Pantai Baron menyelenggarakan Upacara Sedekah Laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa atas panenan ikan yang melimpah dan keselamatan dikala mencari ikan di laut.
Sebelumnya, sebagaian besar dari penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun. Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapat banyak ikan, lalu banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan.Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit lalu penduduk mencoba menangkap ikan ketengah maritim memakai rakit kayu. Adanya kapal di pantai ini alasannya yakni suatu ketika terjadi peristiwa nelayan yang dikala menangkap ikan di tengah maritim digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menimbulkan pemerintah menyumbangkan bahtera untuk nelayan Pantai Baron.

 

Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Baron Gunung kidul

Untuk menuju ke Lokasi Kawasan Wisata Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yang sanggup gunakan. Seperti  memakai taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik kendaraan beroda empat maupun motor. Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan memakai kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang sanggup Anda tempuh adalah: Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan yakni Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda sanggup eksklusif naik bus Trans-Jogja jalur 3B eksklusif ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan yakni Rp 3000,00-. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda sanggup naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dengan jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah hingga di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus yang menuju Obyek Wisata Pantai Baron.Lihat juga Pantai Krakal Jogja, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yang Mempesona

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Wisata Pantai Jogja Dengan Nuansa Bali

Demikian sekilas mengenai Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul – Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis , Salam traveling ya

Tags:

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share