Patung Yang Kuasa Dewa Ruci – Bangunan Megah Di Persimpangan Jalan

 

Saat berlibur di Bali, tentunya banyak dijumpai bangunan-bangunan yang terbilang populer menyerupai Monumen Bajra Sandhi, Monumen Gong Perdamaian Bali, Garuda Wisnu Kencana ( GWK ), Patung Titi Banda, sampai bangunan yang akan kita bahas sekarang  yakni Patung Yang Kuasa Dewa Ruci – Bangunan Megah Di Persimpangan Jalan
Dewa Ruci sendiri ialah nama dari tuhan kecil yang ditemui oleh Raden Bima pada dikala ia berpetualang mencari air kehidupan. Diceritakan bahwasannya Dewa Ruci ialah tokoh yang menggambarkan kepatuhan seorang murid kepada gurunya. Selain itu kemandirian dalam bertindak, dan usaha keras untuk mencapai sesuatu keinginan ( harapan ).
Dengan adanya dongeng yang bernilai nyata ini, karakternya banyak diabadikan dalam bentuk patung menyerupai halnya yang dibangun dikawasan Simpang Siur, Kota Kuta, Bali. Saat melaksanakan perjalanan menuju ke obyek wisata Tanah Lot dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan melalui jalur Jalan By Pass Ngurah Rai,  Patung Dewa Ruci niscaya akan sanggup dilihat di sebelah kanan underpas Simpang Siur.
Oh iya ada suatu dongeng ihwal dinamakannya “Simpang Siur” hlo, awal mulanya ialah persimpangan banyak sekali arus kendaraan dari macam-macam daerah. Sehingga tak mengherankan kalau selalu terjadi kepadatan kendaraan, mulai dari kendaraan umum ataupun pribadi. Dari asal permintaan inilah maka dinamakan sebagai “Simpang Siur”.
Dari beberapa pembaca yang suka menonton film FTV, tentunya tak aneh dengan patung yang satu ini. Namun ada yang sudah tahu dan juga ada yang belum tahu ihwal nama dari patung yang sering ikut tershoting ketika sedang melaksanakan pengambilan gambar di Pulau Bali ini.
Patung Dewa Ruci dibangun pada tahun 1996 dan dibentuk oleh pematung serta pemahat terkenal  Bali yang berjulukan I Wayan Winten. Beliau ialah anak dari I Made Pasta yang mana mewarisi keahlian dari ayahnya. I Wayan Winten sudah sanggup membut patung dan memahat sejak umur 7 tahun, kreasinya banyak memakai materi dasar dari beton yang mana alasannya ialah materi kayu usang kelamaan akan sulit didapatkan.
Asalkan semua pembaca tahu, keberadaan Patung Dewa Ruci tak hanya di Simpang Siur saja. Namun sanggup Anda temui atau jumpai di beberapa tempat di Bali, menyerupai di tempat BTDC Nusa Dua dan Taman Kota Pecangakan Negara. Patung Dewa Ruci yang berada di tempat BTDC akan dijumpai kalau melaksanakan perjalanan menuju ke obyek wisata Pantai Mengiat, Pantai Geger, Pantai Nusa Dua dan Water Blow.
Sedangkan Patung Dewa Ruci yang terletak di Taman Kota Pecangakan Negara ini terletak dipinggir jalan jurusan Gilimanuk – Denpasar, yang mana sempurna berada di depan kantor Bupati Jembrana atau di sebelah barat Pura Jagatnata Kota Negara. Semenjak dibangunnya underpass dikawasan Simpang Siur, Patung Dewa Ruci dipercantik dengan taman-taman yang ditata rapi dan anggun.
Sebab sering terjadi kemacetan dikawasan Simpang Siur, pemerintah kemudian merealisasikan proyek underpass dengan anggaran biaya sebesar Rp 180 milliar, yang ditargetkan Mei tahun 2013 sudah selesai. Pelebaran jalan yang dilakukan di sisi Utara, Selatan, Timur dan juga Barat. Underpass  tersebut mempunyai panjang 435 meter, dengan lorong di seputaran Patung Dewa Ruci.

 

Demikian ulasan mengenai Patung Yang Kuasa Dewa Ruci – Bangunan Megah Di Persimpangan Jalan , semoga bermanfaat ya