SHOPPING CART

close

Pedoman Standar Operasional Procedure (SOP) “New Normal” Bagi Hotel – Bagian Umum Dan Front Office Departement

Pedoman Standar Operasional Procedure (SOP) “New Normal” Bagi Hotel – Bagian Umum Dan Front Office Departement

Hotel – hotel di indonesia mulai berbenah dan akan segera menyambut era “New Normal” dengan membuka operationalnya , namun di era pandemi ini terdapat banyak sekali perubahan yang wajib di ikuti gunanya tak lain adalah berperang melawan penyebaran virus covid-19 yang masih melanda seluruh dunia, berikut adalah pedoman SOP “New Normal” bagi hotel untuk keseluruhan dan bagian kantor depan (Front Office)

Disini kami memberikan contoh SOP yang sudah di terapkan beberapa hotel yang ada di Bali, dengan menerapkan SOP “New Normal” hotel ini di harapkan bisa mencegah penyebaran dari virus covid-19 sekarang ini, ada pun SOP terdapat 2 bagian yakni standar umum hotel dan standar yang di terapkan di bagian front office

Pedoman SOP “New Normal” Hotel untuk standar umum adalah

Untuk mengatasi penyebaran Covid-19 diperlukan aturan yang harus dipatuhi adalah sebagai berikut

1. Melakukan disinfeksi seluruh bagian hotel. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19.

2. Perlindungan Karyawan Semua karyawan harus dilatih tentang penggunaan dan dilengkapi dengan peralatan perlindungan pribadi sebagaimana tercantum di bawah ini: – Masker.

  • Sarung tangan untuk karyawan yang ditentukan oleh management
  • penutup wajah ( face shield )untuk karyawan yang ditentukan oleh management
  • Pakaian kerja sekali pakai.
  • Pengaturan karyawan hotel.

3. Manajemen hotel harus memastikan semua staf hotel mematuhi arahan dari pemerintah, langkah pencegahan yang diperlukan antara lain

  • Mencuci tangan secara teratur
  • Menggunakan hand sanitizer kadar alkohol minimal 70 persen
  • Tidak menyentuh mulut, mata dan hidung
  • Menghindari kerumunan dengan menjaga jarak.
  • Melakukan desinfeksi benda-benda yang sering disentuh di ruang publik.

4. Pengaturan jadwal kerja yang menempatkan karyawan sama dalam section tertentu dan mengatur libur ( Jika jadwal 15 hari kerja, usahakan terus bekerja selama 15 hari )

5. Pembatasan jumlah maksimal karyawan di dalam ruang umum, seperti kantin pada saat jam istirahat dan loker untuk waktu tertentu, seperti pada saat datang dan pulang kerja.

6. Pengawasan ketat terhadap kunjungan tamu selain tamu hotel, pemasok/supplier, layanan antar makanan / go food / grab food.

7. Menyediakan tempat tempat mencuci tangan di areal yang dianggap perlu.

  1. Pintu masuk karyawan,
  2. Area penerimaan barang
  3. Kantin Karyawan
  4. Loker Karyawan
  5. Tempat parkir kendaraan tamu.

8. Pengawasan karyawan Manajemen hotel harus melakukan pengawasan terhadap seluruh karyawan hotel, karena tingginya interaksi di industri pariwisata, hal ini perlu diwaspadai dengan pemeriksaan kesehatan seluruh karyawan hotel. Untuk itu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh karyawan 1 kali sehari, pada saat tiba di tempat kerja.

9. Membuat rekapitulasi data

  1. Catatan (log data) mencakup kebersihan, dan sterilisasi (termasuk tanggal, waktu dan nama petugas pelaksana).
  2. Catatan suhu tubuh karyawan pada saat mulai bekerja
  3. Catatan kunjungan tamu ke restaurant
  4. Catatan kunjungan tamu ke spa.
  5. Catatan Pengiriman barang dari vendor
  6. Catatan di pos keamanan tentang kunjungan vendor/layanan antar/go food.

10. Setiap staff yang ditugaskan untuk keluar kantor harus selalu mengikuti protokol yang ada, rajin mencuci tangan, bersedia dicek temperature tubuhnya oleh security, tetap memakai masker, slop tangan, menjaga jarak yang aman dan membersihkan dengan cairan desinfektan.

11. Security berhak untuk menyemprotkan cairan desinfektan terhadap barang bawaan yang dibawa oleh karyawan, supplier maupun pengujung tamu hotel.

12. Setiap staff di wajibkan untuk memiliki peralatan kantor sendiri seperti pulpen dan tidak boleh dipinjamkan maupun dipindah tangankan untuk menghindari kontak fisik sesama staff serta dengan staff supplier atau dengan department lain.

13. Memasang Signage, poster, rambu-rambu yang mengingatkan karyawan tentang pentingnya menjaga kesehatan, mencuci tangan serta peringatan kesehatan yang lainnnya.

14. Penyiapan Ruang / hotel / Kamar untuk isolasi jika ada tamu yang terinfeksi.

Baca : Seorang Front Office Harus Memiliki Kepribadian Seperti ini

Booking.com

Pedoman SOP “New Normal” Hotel untuk Front Office

Pedoman SOP “New Normal” Hotel untuk Front Office

1. Semua staff front office yang bertugas diwajibkan menggunakan masker, face shield dan sarung tangan.

2. Menyediakan Hand sanitizer, termo gun, desinfectan untuk barang tamu, masker untuk keperluan tamu dan informasi mengenai COVID 19 termasuk facilitas kesehatan.

3. Mengatur meja receptionis dengan mengukur jarak aman dengan tamu yaitu minimum 1,5 m

4. Menyediakan tray untuk keperluan pengumpulan document tamu, kunci kamar, kartu kredit dalam proses chek in maupun check out.

5. Semua document yang terkumpul hanya boleh di scan saja untuk menghindari kontak secara fisik dalam bentuk apapun dengan tamu.

6. Setiap karyawan front office dilarang untuk berjabat tangan dengan tamu.

7. Menandai area antrian tamu untuk menjaga jarak aman kepada setiap tamu yamg membutuhkan pelayanan.

8. Seluruh tamu yang datang untuk menginap di wajibkan untuk di ukur suhu tubuhnya, dimana jika ditemukan suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat agar di arahkan ketempat terpisah yang telah disediakan, dan setelah 15 menit akan dilakukan pengukuran ulang oleh FO supervisor.

9. Tamu akan di arahkan ke Fasilitas kesehatan terdekat jika masih ditemukan suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat dan mengikuti protokol kesehatan covid 19 yang telah disediakan.

10. Seluruh barang tamu yang di bawa di wajibkan untuk di desinfectan, dengan tetap meminta ijin ke tamu.

11. Meminta tamu untuk mengisi questionare yang berisi tentang riwayat perjalan tamu, yang diisi oleh tamu selama registrasi, ( Formulir terpisah)

12. Setiap staff dianjurkan harus bisa mendeteksi tamu yang terlihat sakit dan mengalami gejala seperti covid 19, menyertakan data dan questionare untuk dilaporkan kepada Management.

13. Setiap staff yang melakukan pelayanan mengantar barang dan tamu kekamar agar selalu menjaga jarak, menghindari satu lift dengan tamu, serta hanya melayani sampai didepan kamar saja ( seijin tamu kalau masuk kamar untuk menjelaskan facilitas kamar)
Setiap staff front office harus mengetahui negara mana ataupun daerah mana di wilayah indonesia yang masih menjadi wilayah pademik covid 19

14. Menyediakan set peralatan medis darurat yang berisi masker, sarung tangan, cairan desinfectan, dan baju APD sederhana sekali pakai.

15. Setiap melayani tamu in house harus tetap mengikuti protokol yang ada dengan menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan tamu.

16. Pelayanan transportasi tamu hanya bisa dilakukan untuk 2 orang tamu saja setiap mobilnya dengan tetap menyediakan hand sanitiser dan cairan desinfektan.

17. Hanya satu staff yang ditunjuk untuk melayani tamu isolasi mandiri dengan membawa peralatan yang ditentukan oleh management (Universal Precaution KIT), dan staff yang telah mendapatkan pelatihan khusus.

18. Menghindari assignment kamar yang back to back, yang artimya kamar yang setelah di pakai tamu agar dikosongkan selama sehari untuk diseterilkan.

19. Setiap staff harus selalu mencuci tangan atau membasuh cairan hand sanitizer, serta secara berkala membersihkan meja beserta peralatanya setiap selesai melakukan pelayanan tamu.

Saat pandemi corona, industri pariwisata yang paling terpukul dan banyak sekali terjadi PHK karyawan karena di tutupnya hampir semua hotel di seluruh dunia, hal ini membuat banyak pelaku pariwisata sangat terpukul, namun dengan adanya “new normal” ini hotel dan pelaku wisata sudah bersiap diri untuk membuka usahanya kembali, namun sesuai dengan himbauan pemerintah bahwa protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk di laksanakan terlebih dahulu dan jika suatu hotel kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatannya maka operationalnya akan ditutup. Sekali lagi semoga pandemi covid-19 ini cepat berlalu dan segera di temukan vaksin nya.

Baca artikel lainnya : Pedoman Standar Operasional Procedure (SOP) “New Normal” Bagi Hotel – Bagian HouseKeeping, Publik Area, Engineering, Food & Bevarage Departement

Demikian ulasan kami mengenai Pedoman Standar Operasional Procedure (SOP) “New Normal” Bagi Hotel – Bagian Umum Dan Front Office Departement, semoga selalu bermanfaat buat teman – teman semua ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Pedoman Standar Operasional Procedure (SOP) “New Normal” Bagi Hotel – Bagian Umum Dan Front Office Departement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: