SHOPPING CART

close

Protokol Kesehatan yang harus di Perhatikan saat mengunjungi Tempat Wisata Sekarang

Protokol Kesehatan yang harus di perhatikan saat mengunjungi tempat wisata sekarang / Foto by IG @sufyan.pk

Banyak tempat wisata di Indonesia yang kembali membuka untuk berkunjung dibeberapa kota seperti Jakarta, Bandung, yogyakarta namun hampir semuanya menerapkan protokol kesehatan sebagaimana kita menyambut era new normal. Teman traveler tentunya setelah lama berdiam diri di rumah menyambut baik hal ini karena dengan di bukanya tempat wisata tentunya membuka kembali perekonomian terutama buat orang – orang yang bekerja dalam pariwisata kan!. Buat teman – teman yang sekarang ini ingin mengunjungi tempat -tempat wisata di indonesia sebaiknya memperhatikan hal -hal baru yang menyangkut protokol kesehatan berikut adalah Protokol Kesehatan yang harus di perhatikan saat mengunjungi tempat wisata sekarang

Berdasarkan sejumlah protokol kesehatan yang di keluarkan oleh Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 mengenai Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Bagi para traveler yang sedang mengunjungi tempat wisata wajib memperhatikan 8 hal ini yang berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19 di antaranya adalah

1. Saat berkunjung ke tempat wisata pastikan diri anda sendiri dalam keadaan sehat dengan kondisi fisik yang fit.

2. Jika merasakan gejala batuk, pilek, demam, nyeri tenggorokan atau sesak nafas wajib untuk tetap berdiam diri di rumah dan segera periksakan diri ke rumah sakit jika kesehatannya tak kunjung sembuh.

3. Penggunaan masker wajib di laksanakan saat berada di lokasi tempat wisata

4. Tetap menjaga jarak saat berada di lokasi tempat wisata sebagai program social distance tetap di patuhi, jaga jarak sekitar 1 meter terhadap orang.

5. Hindari untuk menyentuh areal muka seperti mulut, hidung dan mata

6. Menjaga kebersihan tangan anda dengan sering mencuci tangan dengan sabun yang sudah tersedia di setiap lokasi tempat wisata. Ini bisa di ganti dengan menggunakan handsanitizer.

7. Begitu tiba kembali di rumah langsung mandi, ganti baju kemudian baru bertemu kontak dengan anggota rumah anda

8. Jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang tadi digunakan saat jalan -jalan di tempat wisata seperti handphone, tas, kacamata sepatu dll.

Baca : Wisata candi Borobudur mulai di Buka saat New normal – Tonton videonya

Itulah 8 hal umum yang harus diperhatikan saat mengunjungi tempat wisata sekarang ini guys, nah kalau tadi berguna untuk diri kita pribadi, pada era new normal ini juga diterapkan untuk pengelola tempat wisata yang wajib menyediakan protokol kesehatan kepada pengunjungnya antara lain adalah :

1. Pihak pengelola wajib untuk selalu mengecek himbauan pemerintah dan instruksi yang diberikan secara update, untuk melihat informasi terbaru mengenai COVID-19 bisa di akses di web pemerintah di https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid19.go.id dan kebijakan dari pemerintah daerah setempat

2. Melakukan proses sanitize dengan disifektan secara regular sedikitnya 3 kali perharinya terutama pada bagian areal umum, pegangan, pintu loket, peralatan dan perlengkapan penyelanggara tempat wisata dll.

3. Fasilitas untuk mencuci tangan dan sabun wajib di sediakan dan letaknya harus dengan mudah di akses seperti pada saat pintu masuk tempat wisata dll.

4. Menyediakan ruangan dan barang yang bebas dari vektor dan hewan yang membawa penyakit.

5. Ruangan tertutup yang berAC harus dilakukan pembersihan filter secara rutin dan ruangan terbuka memiliki sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup masuk ke area dalam gedung.

Cek hotel bintang 5 dibandung berikut ya (klik gambar di bawah)

Review InterContinental Bandung Dago Pakar, Hotel bintang 5 bandung

6. Kamar ganti / toilet memiliki fungsi yang baik, bersih dan tidak bau. Areal cuci tangan dengan sabun harus tersedia juga beserta handsanitizernya

7. Selalu memberikan informasi kepada pengunjung untuk tetap memakasi masker dan menjaga jarak saat di lokasi wisata

8. Pemberian informasi juga bagi pengunjung yang sedang mengalami masalah kesehatan seperti demam, batuk , pilek dll untuk tidak dulu masuk ke tempat wisata.

9. Pemberian informasi kepada pengunjung untuk menjaga jarak dan memakai maskernya, jaga jarak tetap di jalankan selama di lokasi wisata. Bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker di larang untuk masuk ke tempat wisata bersangkutan

10. Setiap pegawai di bekali pengetahuan mengenai perlindungan diri atas penyebaran covid-19

11. Memeriksa suhu tubuh bagi para pengunjung yang baru masuk menggunakan termo gun, suhu di atas 37,3 C akan di cek 2 kali dengan waktu jeda sekitar 10 menit. Petugas atau pegawai selalu memakai masker atau face shield saat bertugas.

Penerapan jaga jarak sesuai anjuran pemerintah bisa di lakukan dengan trik :

  • Pengaturan jam operasional
  • Pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya
  • Mengatur jarak saat antrian dengan memberikan tanda pada bagian lantai minimal 1 meter seperti di pintu loket, kasir dll
  • Ruangan terbuka di optimalkan untuk di gunakan sebagai tempat berjualan untuk mencegah terjadinya kerumunan
  • Membatasi jumlah orang yang menggunakan lift dengan memberikan label di lantainya
  • Mengatur jarak minimal 1 meter di bagian elevator maupun tangga
  • menagatur ritme pengunjung dai areal tempat wisata
  • Menaruh pembatas (kaca) di meja atau counter sebagai pembatas untuk melindungi para pekerja.

12. Menganjurkan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan non tunai (kartu debit/kredit)

13. Tenaga kesehatan atau pos kesehatan bisa juga di sediakan untuk memberikan kenyamanan namun ini pilihan opsional.

14. Jika terdapat para pekerja memiliki suhu tubuh di atas 37.02 C atau gejala demam, batuk, pilek dan sesak nafas, langsung dibawa ke pusat kesehatan terdekat.

15. Lokasi tempat wisata yang menjadi zona penularan dan sulit untuk melakukan penerapan jaga jarak atau banyak peralatan dan benda yang digunakan secara bersamaan sebaiknya tidak beroperasi dahulu.

Baca : Kuwarasan A Pramana Experience, Hotel Mewah Dengan Pemandangan Alam Ubud Bali – Baru buka 2019

Dan protokol kesehatan yang wajib di lakukan bagi para pekerja di lokasi tempat wisata antara lain :

1. Para pekerja wajib dalam kondisi sehat saat memulai bekerja di lokasi tempat wisata, jika mengalami keadaan demam, batuk pilek dll harap tidak masuk kerja, periksakan diri ke rumah sakit dan melaporkan ke pimpinan anda

2. Saat bekerja wajib menggunakan masker, selalu menjaga jarak 1 meter dengan yang lainnya, hindari menyentuh bagian wajah, pastikan tangan selalu bersih dengan mencuci tangan sesering mungkin atau gunakan hand sanitizer.

3. Selalu menghimbau semua pengunjung untuk selalu menjaga jarak dan menggunakan masker di lokasi tempat wisata.

4. Sama seperti yang di atas para pekerja yang sudah kembali ke rumah masing -masing untuk tidak langsung kontak dengan anggota keluarga yang lain melainkan mandi dan berganti baju terlebih dahulu bersihkan peralatan yang tadi di gunakan seperti tas, sepatu handphone dll

5. Jaga fisik untuk selalu tetap fit dengan cara makan makanan bergizi, bisa juga mengkonsumsi vitamin, olah raga 30 menit dan istirahat yang cukup minimal 7 jam dan jangan minum minuman beralkohol.

Baca artikel lainnya : 10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah

Demikian Protokol Kesehatan yang harus di perhatikan saat mengunjungi tempat wisata sekarang, semoga selalu bermanfaat ya, keep healty dan happy traveling. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Protokol Kesehatan yang harus di Perhatikan saat mengunjungi Tempat Wisata Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: