SHOPPING CART

close

Pulau komodo terletak di kepulauan NTT dan Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia

Booking.com
Pulau komodo terletak di kepulauan NTT dan Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia
Indonesia patut berbangga karena memiliki Pulau Komodo terletak di Kepulauan NTT dan termasuk dalam 7 keajaiban dunia, mau tau lebih banyak tentang Pulau komodo simak artikel di bawah ya.
Pulau Komodo yaitu satu pulau yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo di kenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini dapat adalah lokasi Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo ada di samping timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.
 
Dengan cara administratif, pulau ini termasuk juga lokasi Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo adalah ujung paling barat Propinsi Nusa Tenggara Timur, bersebelahan dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat. 
 
foto:https://www.penabiru.com
 
 
Sejarah singkat Pulau Komodo:
 
Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup serta berkembang biak dengan baik. Sampai Agustus 2009, di pulau ini ada sekitaran 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca serta dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhnya meraih sekitaran 2500 ekor. Ada juga sekitaran 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores namun tak termasuk juga lokasi Taman Nasional Komodo.
Terkecuali komodo, pulau ini dapat menaruh eksotisme flora yang bermacam kayu sepang yang oleh warga sekitaran dipakai sebagi obat serta bahan pewarna baju, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini bermanfaat sebagai obat serta bijinya gurih serta enak seperti kacang polong.
Pulau Komodo juga di terima sebagai Website Warisan Dunia UNESCO, lantaran dalam lokasi Taman Nasional Komodo, berbarengan dengan Pulau Rinca, Pulau Padar serta Gili Motang
Pada th. 1910 orang Belanda menamai pulau di segi selatan Propinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Narasi ini bermula dari Letnan Steyn van Hens Broek yang coba menunjukkan laporan pasukan Belanda mengenai ada hewan besar mirip naga di pulau itu. Steyn lalu membunuh seekor komodo itu serta membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk di teliti.
Th. 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan jadi finalis ” New Seven Wonders of Nature ” yang baru diumumkan pada th. 2010 lewat voting dengan cara on-line di www. N7W. com. Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders sudah menginformasikan pemenang sesaat, serta Taman Nasional Komodo masuk dalam deretan pemenang itu berbarengan dengan, Rimba Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, serta Table Mountain1. Taman Nasional Komodo memperoleh nada terbanyak
Komodo dalam bhs latin “ Varanus komodeonensis ” yaitu spesies yang langka serta nyaris punah. Habitat hewan ini di alam terbuka. Mereka dapat hidup di padang rumput (savanna), pantai berpasir putih, serta rimba hujan. Adalah hewan reptil yang mirip kadal, tetapi bedanya ukuran yang sangata besar sampai dapat meraih panjang 3 mtr.. Berat tubuh komodo dewasa sekitar pada 100 sampai 200 kg. Dapat anda pikirkan begitu besarnya hewan ini. Komodo mempunyai bentuk badan seperti hewan purba, berkuku tajam, bersisik, serta lidah bercabang yang sukai ia julurkan. Komodo masuk dalam kelompok hewan predator. Tetapi tidak butuh cemas lantaran hewan ini masihlah termasuk predator yang sabar serta tidaklah pemburu yang aktif. Cuma membutuhkan satu gigitan dari komodo untuk melumpuhkan mangsa. Tetapi mereka tidaklah rakus, kerena mangsa yang didapatkannya tidak bakal sekali habis. Ia bakal mengkonsumsinya sampai berhari – hari.
 
foto:http://kreasitekno.co
foto:AZWisata.com
 
 
 Wisata ke Pulau Komodo :
 
Tiap-tiap pengunjung yang datang bakal ditemani “Jagawana” sebutan pawang pada orang-orang setempat. Jadi tidak butuh kuatir serta takut lantaran anda bakal dijaga serta diarahkan oleh sang pawang. Anda cukup mematuhi intruksi yang didapatkan dari pawang yang memiliki pengalaman di sana. Sebenarnya komodo adalah spesies yang rawan pada kepunahan. Kadal besar ini yaitu hewan purba yang begitu dilindungi. Pemerintah mengusahakan perlindungan paling baik pada hewan komodo, mengingat hewan ini adalah aset utama untuk negara Indonesia, bahkan juga untuk dunia.
 
Anda tidak bakal rugi bila berkunjung ke tempat ini, pasalnya terkecuali menjumpai hewan komodo, suguhan pesona alam yang cantik bisa menghipnotis berjuta gunakan mata yang memandangnya. Tidak cuma hamparan padang savanna yang dikelilingi oleh hewan purba komodo, tetapi anda akan melihat lautan pasir putih yang elok ditambah dengan hiasan batu karang dan deburan ombak yang menyapu tepian pantai. Air yang jernih nan biru bakal bikin ketenangan serta memberi semangat baru dalam kehidupan. Cahaya matahari yang menegur sekalian memberi keelokan pantai.
 
Sekitaran 67% dari cakupan Taman Nasional Komodo adalah lokasi perairan yang eksotis. Mempunyai kedalaman sekitaran 150 mtr.. Suhu air di perairai ini sekitar 25 – 29 derajad celcius dengan tingkat keasinan 34 ppt. Demikian banyak pesona alam yang di tawarkan di Taman Nasional Komodo. Terkecuali bisa berjumpa dengan hewan purba komodo di habitat aslinya, serta nikmati cantiknya biota lautnya, Anda akan di buat takjub lebih jauh lagi dengan pemandangan di pulau ini. Lantaran di sini ada zona transisi Garis Wallacea.
Tentunya telah tidak asing lagi di telinga Anda. Waktu disekolah, ayah serta ibu guru telah kerap menjelaskaan mengenai pesona ekosistem flora serta fauna di garis ini. Bermacam flora serta fauna tropis Asia Tenggara berjumpa dengan Australia. Terdaftar ada 254 spesies flora yang menempati Taman Nasional Komodo. Diluar itu ada juga 128 type burung yang cantik serta merdu suaranya, dan 58 type binatang yang bermacam. Gabungan alam bersama vegetasinya memberi kwalitas lingkungan di Taman Nasional Komodo hingga bermacam flora serta fauna gampang menyesuaikan di sini.
foto:http://www.tabloidbintang.com
 
 
Cara menuju ke Pulau Komodo
Buat anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo baiknya memakai transportasi umum saja, karena jangkauan tidak mencukupi. Ada dua cara untuk dapat sampai ke sana, yakni dengan memakai trasportasi darat dan hawa. Dan jika Anda memakai trasportasi darat, dari Surabaya pastinya Anda pertama harus menuju kota Banyuwangi. Segera menuju pelabuhan ketapang, Banyuwangi dan kapal feri pun siap menggangkut Anda menuju pelabuhan Gilimanuk. Untuk dapat menempu penyebrangaan ini diperlukan lebih kurang 1 jam perjalanan. Perjalanan harus dilanjutkan kembali pada terminal Ubung, Bali.
 
Sesampainya di terminal Ubung Bali Anda dapat segera menuju pelabuhan Padangbai. Lalu Anda akan diantarkan menuju pelabuhan Lembar – Lombok dan masihlah memakai kapal feri. Dalam perjalanan ini akan mengonsumsi waktu 4 jam. Setelah tiba Lembar – Lombok, Anda perlu bersabar lagi karena harus meneruskan lagi menuju terminal Mandalika tepatnya di Mataram, dengan waktu tempuh 2 jam. Next menuju pelabuhan Kayangan, Lombok dengan waktu tempuh 2, 5 jam. Dengan menyebrangi selat Alas. Penghubung pada pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Pelabuhan Pototano merupakan titik awal yang perlu Anda menuju. Karena disinilah gerbang awal di kota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lalu dilanjutkan menuju terminal Dara, Bima. Sesampainya di sana lanjut lagi ke pelabuhan Sape. Anda harus bersabar karena sedikit lagi anda akan sampai di Pulau Komodo. Dari pelabuhan Sape Anda hanya perlu menyewa perahu motor untuk dapat sampai ke Taman Nasional Komodo.
 

Baca artikel lainnya juga : .

Objek Wisata Tanah Lot di Tabanan Bali

Demikian ulasan mengenai Pulau komodo terletak di kepulauan NTT dan Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia semoga bermanfaat , salam traveling

 

Tags:

0 thoughts on “Pulau komodo terletak di kepulauan NTT dan Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share