SHOPPING CART

close
Booking.com

Pura Besakih Bali – Pura Terbesar dan Terindah yang berada di Bali

Booking.com
Pura Besakih Bali – Pura Terbesar dan Terindah yang berada di Bali

 

Hello Traveler,  kali ini ingin mengajak anda berwisata ke Pura Besakih Bali – Pura Terbesar dan Terindah yang berada di Bali  terletak di bagian barat lereng Gunung Agung dan disebut sebagai Pura Hindu terbesar di Bali. Pura Besakih terletak di kawasan luas, mengatakan kepada Anda pemandangan indah dan bangunan pura menawan yang mengelilingi komplek pura ini.Besakih yakni candi yang luar biasa, lihatlah candi dari jarak jauh maka Anda sanggup menyaksikan sebuah komplek candi menyerupai piramida yang mengesankan, membentang hingga ke gunung, dengan Gunung Agung sebagai latar belakangnya yang dramatis. Pemandangan  menakjubkan yakni  pada pagi hari di mana cahaya mentari pagi menyinari komplek pura dan ketika matahari terbenam. Pura ini juga dihiasi dengan ornamen bergaya Bali, tangga pura, berhala kerikil suci, dan tabrakan batu.

 

Candi Besakih terletak di Desa Besakih, di bab timur Bali. Nama Besakih berasal dari kata “Basuki”, diambil dari kata “Wasuki” yang berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekertanya. Sedangkan, dalam mitologi Samudramanthana, nama “Besuki” sebetulnya mengacu pada  “Naga Besukian”, yang mendiami Gunung Agung, gunung berapi utama di Bali.
Komplek pura besar ini telah dianggap sebagai tempat suci semenjak zaman kuno.  Berdasarkan catatan prasasti kuno 1007 Masehi. Diketahui bahwa semenjak kala ke-15, Besakih dianggap sebagai sentra candi Hindu di Bali.
Candi Besakih, juga dikenal sebagai Pura Penataran Agung yakni tempat ibadah utama umat Hindu di Pulau Bali. Merupakan komplek yang terdiri dari 22 candi di pegunungan paralel. Komplek ini mengekspresikan kepercayaan penting dari orang Bali yang dikenal sebagai Tri Hita Kirana, yang berarti bahwa kehidupan di bumi harus dijalani dan disimpan dalam keseimbangan dan harmoni antara insan dan Tuhan, insan dan sesamanya, serta insan dan lingkungan alam.
Selama bulan purnama, masyarakat Bali dan peziarah berbondong-bondong ke pura. Selama pameran Odalan, pura akan dihias dengan indahnya. Odalan dirayakan setiap hari  ke 210.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum menjelajahi pura ini, Anda harus menyewa dan menggunakan sarung di pintu masuk utama kuil untuk menghormati tradisi Bali, alasannya Pura Besakih yakni tempat ibadah yang suci. Sarong dan selempang yakni pakaian khusus orang Bali ketika berdoa di kuil.
Ketika Anda mencapai area komplek, Anda akan melihat pura pertama di sebelah kiri. Pura ini yakni bait suci yang didedikasikan untuk nenek moyang kerajaan yang dikenal sebagai Pura Dalem Puri. Orang Bali menyimpan bubuk ngaben di dalam pura ini. Dari sini, berjalan menaiki tangga yang akan membawa Anda ke Pura Penataran Agung.
Penduduk setempat percaya bahwa Pura Penataran Agung yakni sentra dari pengabdian kepada para Dewa. Di samping candi utama ada dua candi penting lainnya., yaitu Pura Kiduling Kreteg di sebelah kanan dan Pura Batu Madeg di kiri.
Warna-warna kain pada pura didedikasikan untuk sang Pencipta, yang mewakili Trinitas Hindu. Bendera putih didedikasikan untuk candi Siwa (Pura Penataran Agung), banner merah yakni candi Brahma (Pura Kiduling Kreteg), sedangkan banner hitam yakni bait Wisnu (Pura Batu Mandeg). Bila sedang tidak ada pameran di pura ini, pengunjung mungkin diperbolehkan masuk ke dalam melihat-lihat candi.
Jika Anda ingin menjelajahi bab pura yang lebih terpencil, pergilah menuju Pura Pengubengan, yang terletak sekitar 2 kilometer di ujung utara komplek.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pura Besakih terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun selama jam buka resmi antara 8:00 hingga dengan 5 sore. Biaya masuk yakni Rp 10.000 Rp, biaya parkir Rp 1.000, biaya penggunaan kamera Rp 1.000, dan menggunakan video Rp 2.500.
Jika Anda yang belum pernah ke Pura Besakih, Anda mungkin ingin menyewa pemadu, yang akan membantu memperlihatkan area sekitar pura. Biaya pemandu sekitar Rp 175,000. Namun, kalau Anda tidak merasa perlu untuk menyewa pemandu, Anda juga sanggup berkeliling sendiri.
Siapkan diri Anda dengan sepasang sepatu yang nyaman, kacamata hitam, topi, dan t-shirt.
Disarankan untuk mengajak seorang teman yang tinggal di Bali untuk menemani Anda atau menyewa pengemudi untuk mengunjungi Pura Besakih di siang hari.

 

Baca artikel lainnya :

Ubud Monkey Forest – Objek Wisata melegenda dan Menarik di Ubud Bali

Silahkan melaporkan ke penjaga pura kalau Anda mempunyai masalah, selamat berwisata  dan terimakasih sudah membaca artikel Pura Besakih Bali – Pura Terbesar dan Terindah yang berada di Bali .

Tags:

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com